Kesehatan

10 Manfaat Luar Biasa Salak Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Rugi Jika Ditinggalkan!

@ orami.co.id

Salak menjadi salah satu buah unik yang banyak digemari. Bahkan keberadaannya juga mudah didapatkan serta terjangkau harganya. Salah satu salak yang difavoritkan adalah salak madu yang merupakan komoditas andalan dari kawasan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda termasuk yang menggemarinya bukan?

Ciri Khusus dan Keunggulan Salak Madu

Salak secara kasat mata memang tampak serupa. Padahal salak madu memiliki ciri khusus pada kulit hingga buahnya bila dibandingkan dengan salak lain. Selain itu juga ada keunggulan salak yang berbuah sepanjang musim ini. Berikut ciri dan keunggulan salak madu.

  1. Buah salak madu ini memiliki ciri menonjol dengan bentuknya lebih pendek ketimbang salak pondoh umumnya.
  2. Daging buah ini memiliki tekstur elastis dan lembut, dengan pangkal berwarna keruh dan terdapat kontur kuning.
  3. Saat matang daging buah akan keluar banyak cairan manis layaknya madu. Sehingga rasa manis inilah yang menjadi nilai plus salak madu hingga digemari.
  4. Kulit buah ini juga memiliki ciri khas mengkilat saat sudah tua dengan sisik membentuk pola garis. Sementara saat masih muda, kulitnya berwarna cokelat kehitaman.
  5. Biji dari salak madu beralur dan pada lekukannya warnanya lebih terang.

Manfaat Mengonsumsi Salak Madu

@ orami.co.id

Selain memiliki ciri dan keunggulan, salak pondoh juga punya menyimpan manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya buah tropis ini memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Terdapat kandungan vitamin C, kalsium, zat besi, protein, serta beta karoten yang tentu kesemuanya bagus bagi tubuh bila dikonsumsi. Nah, berikut deretan manfaat salak yang jarang disadari kebanyakan orang.

1. Mengatasi masalah diare

Diare menjadi satu masalah pencernaan yang bisa dibilang sering terjadi. Biasanya jika kena diare, orang akan segera meminum obat untuk menghentikannya. Apa anda termasuk? Sebaiknya hal ini tak lagi dilakukan. Sebaiknya anda mencoba dahulu pengobatan alami dengan konsumsi buah-buahan seperti salak. Salak madu bisa jadi pilihan.

Salak diketahui dapat membantu menyembuhkan diare lantaran memiliki kandungan zat anti diare. Buah lokal ini juga dapat mengatasi masalah perut terasa mulas. Caranya, bisa langsung mengonsumsinya dengan tambahan madu. Sangat mudah bukan?

2. Mencegah sembelit

Pernah dengar pernyataan salak bisa sebabkan sembelit? Nah, itu mitos semata ya. Pasalnya justru sebaliknya, salak bisa mencegah konstipasi. Tetapi ada syaratnya saat memakan buah tropis ini. Anda harus memakan sekalian kulit ari dari buah ini karena kulit ari inilah yang miliki manfaat bagi bagi pencernaan. Mulai sekarang, biasakan tak membersihkan daging buah salak madu dari kulit arinya ya.

3. Meningkatkan stamina

Stamina tubuh menjadi satu poin penting dalam hal kesehatan tubuh. Menjaga stamina tetap bagus setiap hari tak harus mengonsumsi vitamin atau suplemen buatan. Anda bisa memanfaatkan buah dalam kehidupan sehari-hari.

Salak bisa jadi pilihan buah favorit, karena memiliki kandungan kalsium yang memang dibutuhkan untuk menjaga stamina tubuh. Bagi anda yang memiliki kegemaran pada buah salak madu, maka bersyukurlah karena ada banyak kandungan kalsium yang siap membantu menjaga tubuh fit sehari-hari.

4. Menunjang diet

@ hellosehat.com

Siapa sih yang yang tak ingin memiliki tubuh sehat dan ideal? Bagi anda yang sedang menjalani diet, buah memang menjadi salah satu pilihan tepat dikonsumsi. Salah satu buah yang dapat dicoba adalah salak madu. Buah salak ini dapat membantu perasa kenyang lebih lama. Bahkan kandungan vitamin C pada salak bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

5. Merawat kulit

Salak tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh tetapi juga merawat kulit. Bagi anda yang ingin kulit tetap segar dan terawatt secara alami bahkan awet muda, maka tak ada salahnya rutin konsumsi buah salak untuk sehari-hari. Pasalnya buah satu ini dapat membantu memperlancar proses regenasi kulit dan mencegah penuaan dini.

Baca juga : 5 Manfaat Mencengangkan Madu Bagi Kulit dan Rambut yang Jarang Orang Tahu!

6. Menjaga kesehatan mata

Tak hanya mengandung kadar vitamin C tinggi, buah salak juga memiliki kandungan vitamin A dan betakaroten yang bermanfaat baik untuk mata. Dengan mengonsumsi rutin buah satu ini, maka mata akan terjaga kesehatannya dan mampu mencegah resiko katarak dan rabun jauh.

7. Menyeimbangkan kadar gula darah

@ hellosehat.com

Manfaat lain yang tak kalah menarik dari salak adalah bisa bantu menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh. Pasalnya buah unik ini mengandung pterostilbene yang dapat menurunkan gula darah. Selain buah, kulit dari salak juga bisa dijadikan teh untuk meningkatkanproses pembaruan sel pankreas.

8. Menjaga daya ingat otak

Otak menjadi salah satu organ vital manusia. Salak akan membantu anda menjaga kemampuan otak dan menjaga daya ingat, meningkatkan kemampuan kognitif serta kapasitas memori otak lebih baik. Mengapa? Sebab salak memiliki kandungan potassium dan pectin yang akan mendukung hal tersebut.

9. Mengatasi mual pada ibu hamil

@ hellosehat.com

Ibu hamil memang tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan, pasalnya ini berkaitan dengan kesehatan diri dan bayi yang dikandung. Buah salak bisa jadi buah favorit untuk ibu hamil lho! Pasalnya kulit ari pada buah salak akan membantu bumil mengatasi mual pada hari atau dikenal dengan istilah morning sickness. Maka dari itu jangan menghilangkan kulit ari buah salak ya.

10. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Manfaat salak madu terakhir yang harus anda ketahui adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Pasalnya buah salak memiliki kandungan potassium yang akan mencegah resiko masalah kardiovaskuler.

Mengetahui beragam manfaat salak di atas tentu akan membuat anda semakin yakin untuk menjadikan buah ini konsumsi buah harian. Apalagi salak termasuk buah yang mudah didapatkan tanpa kenal musim dan harganya terjangkau. Nah, bagi anda yang ingin mendapatkan pasokan buah salak madu berkualitas dan terjangkau harganya, bisa langsung memesan di RegoPantes.

RegoPantes menjadi solusi belanja hemat dan praktis bagi anda di era modern seperti sekarang. Anda tidak harus lagi kerepotan atau beralasan malas keluar rumah lantaran macet untuk belanja, karena RegoPantes sudah memberikan solusi terbaik berbelanja hemat.

RegoPantes sudah menyediakan aneka buah seperti salak madu segar langsung diambil dari petani. Selain itu, ada banyak macam sayuran organik segar, ragam beras organik hingga beragam bumbu dapur yang pastinya dibutuhkan di rumah. Anda yang berada di kawasan Jabodetabek bisa langsung memesan lewat aplikasi atau via pesan WhatsApp. Pesanan anda langsung dikirim ke rumah tanpa biaya tambahan dengan minimal order pastinya.

35 Shares

You Might Also Like