Kesehatan

6 Menu Masakan yang Tak Boleh Dipanaskan, Bisa Berubah Jadi Racun Hingga Sebabkan Kanker

bahaya memanaskan makanan

@youtube.com

Memanaskan makanan seolah sudah menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan jika makanan tak habis. Memanaskan makanan kembali dianggap dapat membuat makanan lebih tahan lama dan layak dimakan kembali keesokan harinya. Namun, tahukah Anda jika beberapa makanan justru tak boleh dipanaskan? Bahaya memanaskan makanan yang sering tak disadari adalah berubahnya nutrisi makanan menjadi racun.

Karena bahayanya bagi kesehatan, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang boleh dihangatkan kembali dan mana yang bisa berubah menjadi racun ketika dipanaskan.

1. Bayam

Segala jenis olahan yang terbuat dari bayam sangat tak aman dipanaskan.  Saat bayam dimasak, kita mungkin dapat mendapat manfaat bayam yang sangat menakjubkan, misalnya saja zat besi yang baik untuk tubuh. Namun, jika dipanaskan kembali, nitrat yang ditemukan dalam bayam bisa berubah menjadi nitrit yang justru bersifat karsnogenik atau menyebabkan kanker.

Sering Tak Disadari, 3 Hal Berikut Ubah Sayur dan Buah Menjadi Racun dalam Tubuh

2. Seledri

Seledri kerap digunakan sebagai bahan pelengkap masakan karena rasanya yang sedap. Namun, sama seperti bayam, seledri juga mengandung nitrat yang bisa berubah menjadi nitrit jika dipanaskan.

3. Telur

Tahukah Anda jika segala jenis olahan telur tak boleh dipanaskan kembali? Baik telur rebus maupun telur goreng yang sudah dipanaskan kembali berpotensi membunuh organisme baik dalam tubuh.

4. Ayam

Sangat sayang bukan jika menu olahan ayam tak habis di hari yang sama? Namun, cara memanaskan yang salah berpotensi merusak kesehatan loh! Jika tak dimakan di hari yang sama, olahan ayam beresiko menibulkan gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan struktur protein di dalamnya sudah berubah. Jika benar-benar terpaksa memanaskan olahan ayam, maka panaskan dengan suhu rendah.

5. Jamur

Olahan jamur yang dipanaskan rupanya bisa menjadi racun tubuh. Resiko ringan yang dihadapi adalah masalah pencernaan. Namun jika terlalu sering dikonsumsi juga dapat mengakibatkan resiko fatal untuk hati.

Baca Juga : 7 Sayur Berikut Mengandung Racun Alami, Ada yang Sering Kamu Konsumsi

6. Kentang

racun,racun tubuh

@coretanbasayev.com

Kentang mungkin menjadi jenis sayuran yang baik untuk kesehatan serta bisa dijadikan sebagai pengganti karbohidrat. Namun, jika dipanaskan kembali, kandungan nutrisi di dalamnya bisa hilang dan justru bisa berubah menjadi racun.

Bukan hanya kentang yang dipanaskan kembali saja yang berpotensi meracuni tubuh. Kentang yang kurang berkualitas justru menimbulkan resiko yang lebih parah. Kentang dengan daging berwarna hijau atau sudah bertunas memiliki kandungan solanin yang dapat menyebabkan mual, pusing, diare dan halusinasi. Jika solanin dikonsumsi dengan kadar 3 sampai 6 mg per kilo berat tubuh, maka akibat fatal berupa kematian mungkin saja terjadi.

Mengingat banyaknya bahaya mengkonsumsi bahan pangan kurang berkualitas, penting bagi Anda untuk menjaga kualitas bahan pangan yang akan disajikan untuk keluarga. Jangan tergiur harga murah, kini saatnya beralih ke RegoPantes dengan jaminan kualitas kelas atas.

Melalui RegoPantes Anda bisa mendapat beragam kebutuhan dapur seperti beras, buah, sayur hingga bumbu dapur berkualitas tanpa perlu repot memilih dan megangkat belanjaan. Segala kebutuhan Anda akan langsung diantar ke rumah tanpa ongkos kirim dengan belanja minimal 4 kilo. Anda juga berkesempatan mendapat beragam diskon menarik disini.

You Might Also Like