Kesehatan

Sering Mengkonsumsi Mie Instan Bersama Nasi? Awas, 4 Bahaya Mengerikan ini Mengintai Anda!

gizi mie instan

@kabar.news

Hingga saat ini mie instan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak serta cara mengolahnya yang mudah membuat banyak orang melupakan bahaya mie instan. Bahkan ada yang sampai menjadikan mie instan sebagai salah satu menu wajib harian.

Lantas, nolehkah mie instan dikonsumsi dalam frekuensi yang sering? Serta bagaimana solusi tepat jika sudah kecanduan mie instan?

Efek Buruk Mie Instan Untuk Kesehatan

Mie instan bukanlah makanan menyehatkan. Namun, bukan berarti jenis makanan cepat saji ini tak boleh dikonsumsi sama sekali. Mi instan jenis apapun masih boleh dikonsumsi asal dengan takaran wajar.

Sayangnya, banyak yang menjadikan instan sebagai lauk alias memakannya bersama nasi. Padahal, hal seperti ini sangat tak dibenarkan dan membawa resiko buruk bagi kesehatan. Adapun dampak mengkonsumsi mie instan bersama nasi adalah sebagai berikut:

1. Merusak Hati

Kuranganya kandungan nutrisi dalam mie instan yang dicampur nasi membuat tubuh berusaha memecah karbohidrat menjadi zat lain. Zat inilah yang dikirim ke hati untuk membantu sistem pencernaan. Namun sayangnya tak semua zat bersifat baik untuk hati.

Baca Juga : Mudah Didapatkan, Ini Dia 3 Buah Mujarab Pembunuh Sel Kanker Ganas

2. Obesitas

Jangan dikira mie instan yang minim nutrisi justru dapat menurunkan bobot tubuh. Mie instan minim protein, vitamin dan serat, kandungan karbohidrat dalam mie instan akan sangat muda diubah menjadi lemak. Ditambah dengan nasi, tentunya karbohidrat yang bisa diubah menjadi lemak makin banyak sehingga resiko obesitas semakin tinggi. Bukan hanya itu, nasi dan mie instan juga berpotensi membuat gula darah melonjak.

3. Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi mie instan bersama nasi terlalu sering juga tak aman bagi tekanan darah. Dalam mie instan terkandung sodium yang dapat memicu hipertensi. Zat yang sama juga memperbesar kemungkinan serangan jantung.

4. Kanker

Bahaya paling mengerikan dari menjadikan mie instan sebagai lauk adalah kanker. Terlalu sering mengkonsumsi mie instan berarti menimbun banyak bahan kimia dalam tubuh, termasuk juga pengawet dan penyedap makanan. Meski terdapat hanya sejumlah kecil dalam satu porsi mie instan, jika dikonsumsi terlalu baik tentu tak akan baik bagi kesehatan.

Menetralisir Bahaya Mie Instan

bahaya mie instan, dampak mie instan

@grid.id

Bagaimana jika sudah terlanjur sering mengkonsumsi mie instan? Apakah harus berhenti mengkonsumsinya sekarang? Tentu saja tidak. Mie instan sebenarnya masih tergolong makanan yang aman jika tak dikonsumsi secara terus menerus. Bahaya di dalamnya juga bisa dinetralisir dengan kelompok makanan lain yang lebih menyehatkan.

Agar terhindar dari bahaya mie instan, Anda bisa menambahkan protein dalam setiap sajian mie. Protein yang dimaksud bisa berasal dari protein nabati seperti tahu atau bisa juga dari protein hewani, yakni ayam, daging atau telur.

Seimbangkan pula nutrisinya dengan sayuran hijau seperti bayam atau sawi. Namun, ingat untuk memilih sayur yang benar-benar segar dan berkualitas. Memilih sembarang sayur tak akan memperbaiki nilai gizi mie instan, namun bisa memperparah bahaya mie instan karena kandungan pestisida dan bahan kimia lain di dalamnya.

Tak ingin mempertaruhkan kesehatan Anda dan keluarga? Kini saatnya berpaling ke RegoPantes.com. Melalui RegoPantes Anda bisa mendapat kepuasan berbelanja karena kualitas yang ditawarkan. Tak hanya itu saja, Anda yang dijamin mendapat sayur serta buah segar langsung dari petani juga berkesempatan mendapat beragam promo menarik seperti gratis ongkos kirim, diskon hingga buah gratis. Ada promo menarik apa yang siap diserbu hari ini? Cek selengkapnya disini.

You Might Also Like