Kesehatan

Sering Dianggap Sepele, Waspadai 3 Bahaya Plastik untuk Wadah Sayur Berikut!

bahaya plastik, bahaya sayur di plastik

@ beritasatu.com

Sudah menjadi sebuah kebiasaan bila melihat sayur dikemas atau diwadahkan dalam plastik. Anda sering menjumpainya bukan? Atau mungkin Anda juga termasuk yang menggunakan kantong plastik untuk wadah sayur dan aneka makanan lain? Mulai sekarang Anda harus ketahui bahaya kantong plastik.

Terlihat sepele, tapi pada kenyataannya sayuran di kantong plastik itu memiliki efek buruk. Bukan sekadar berimbas pada sayuran itu sendiri, melainkan juga bagi kesehatan tubuh si pengonsumsi sayuran tersebut. Maka dari itu Anda mulai saat ini harus mengetahui berbagai bahaya memasukkan sayur ke dalam plastik.

1. Sayur Jadi Tidak Bisa Bernapas

Apa yang terjadi saat sayur dikemas dan dimasukkan dalam kantong platik? Sudah dipastikan bahan plastik yang tak memiliki pori-pori sebagai sirkulasi udara akan membuat sayuran tak bernapas. Sayur bernapas sejatinya untuk menjaga tetap segar dan mengeluarkan gas tertentu. Maka bahaya kantong plastik untuk mewadahi sayuran hanya akan membuatnya mudah layu.

Baca juga : Tips Mengolah Sayur Layu Agar Tetap Bernutrisi, Masih Bisa Dimakan lho!

2. Terpapar Zat Kimia

Bukan sebuah hal yang baru untuk diketahui bahwa plastik memiliki kandungan kimia, lantaran terbuat dari zat sintetis. Plastik diproduksi dengan beberapa bahan kimia seperti bisphenol A dan phthalates yang membahayakan kesehatan.

Dengan banyaknya sampah plastik yang digunakan untuk menyimpan sayuran, maka risiko pencemaran lingkungan pun juga akan makin tinggi. Bahkan zat kimia ini disebutkan dalam penelitian memiliki dampak pada kerusakan genetik, perubahan hormon hingga pubertas dini.

bahaya sayur di plastik, bahaya plastik sayur

@ kompas.com

3. Tercemar Bakteri dan Kuman

Selain adanya bahan kimia yang jadi salah satu bahan dalam proses pembuatan, jaminan higienis dari plastik itu juga tidak diketahui. Apalagi Anda juga tidak mengetahui sendiri bagaimana proses pembuatannya saat di pabrik bukan? penggunaan plastik sebagai pembungkus sayur justru hanya akan memicu adanya kontaminasi baik kuman maupun bakteri. Jika sayur tersebut dikonsumsi, maka kondisi akan terancam.

Maka dari itu gerakan mengubah kantong plastik menjadi alternatif lain mulai digalakkan. Akan lebih baik menjadikan pembungkus sayur dengan daun pisang. Selain alami, permukaan dari daun pisang ini juga lebar dan lentur sehingga pas untuk pembungkus. Terdapat juga lapisan lilin pada permukaan daun pisang yang punya ketahanan air bagus sehingga bisa tahan lama untuk membungkus sayur segar.

Setelah Anda mengetahui berbagai bahaya yang telah dipaparkan di atas, maka sudah sebaiknya kini mengubah kebiasaan tersebut. Sebab bahaya kantong plastik ini sangat mengancam kesehatan sekaligus lingkungan. Sehingga perlu beralih pada pembungkus alami semisal daun pisang untuk mengemas sayur.

Kalau perihal sayur segar, Anda bisa berbelanja langsung melalui situs dan aplikasi RegoPantes. Dengan belanja mudah melalui aplikasi, kebutuhan Anda akan sayur lebih cepat terpenuhi dengan layanan antar. Tidak hanya sayur, buah segar, beras, dan aneka produk pangan lainnya bisa didapatkan di RegoPantes dengan kualitas bagus.

You Might Also Like