Inspirasi Kesehatan Resep

Beraroma Khas, 13 Manfaat Daun Mint Ini Pantang Disepelekan

@ doktersehat.com

Anda pasti sudah sering menemukan makanan ataupun minuman yang menggunakan daun mint sebagai bahan dasarnya bukan? Daun peppermint sendiri memiliki aroma yang segar, manis dan dingin. Aroma yang dihasilkan oleh daun ini bukan hanya membangkitkan energi namun juga dapat mampu memperbaiki mood.

Selain enak, daun mint juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan, daun mint mengandung banyak nutrisi sehat didalamnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D serta vitamin E. Daun yang satu ini juga memiliki kandungan lain berupa mineral seperti halnya fosfor, kalsium dan lain sebagainya.

Beragam Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan

Dengan banyaknya nutrisi sehat yang bisa didapatkan dari daun mint, maka anda bisa merasakan beberapa manfaatnya bagi kesehatan seperti yang berikut ini:

1. Membuat Lega Pernapasan

@ atsirich.com

Manfaat daun mint yang pertama adalah untuk membuat pernapasan menjadi lebih segar. Daun segar yang satu ini memiliki kandungan khusus yang berguna untuk membuka rongga jalannya pernapasan sehingga membuat napas lebih lega.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat yang selanjutnya adalah bagus untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Daun mint mengandung vitamin C yang bagus digunakan dalam meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh sehingga membuat kita tidak mudah sakit.

3. Menambah Aroma pada Makanan

Daun mint juga bisa digunakan sebagai bahan campuran ke dalam makanan. Jika anda ingin aroma makanan yang dibuat menjadi lebih segar, anda bisa memasukkan daun mint ke dalamnya.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

@ hellosehat.com

Manfaat daun mint yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Beberapa orang cenderung menyukai makanan yang disajikan dengan kandungan mint di dalamnya. Rasa mint sendiri mampu membuat perasaan lebih tentram hingga memberikan efek nyaman bagi para pengonsumsinya. Untuk meningkatkan nafsu makan, anda bisa mencampurkan daun mint ke dalam masakan yang dibuat.

5. Bagus untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Semakin bertambah usia seseorang maka kesehatan tulang akan semakin turun. Untuk mengatasinya, anda bisa secara rutin mengonsumsi makanan sehat yang bagus untuk kesehatan tulang seperti halnya makanan yang mengandung fosfor dan kalsium.

Meski di dalam daun mint kandungan kalsium dan fosfornya tidak banyak namun tetap bisa digunakan untuk membantu pemenuhan kebutuhan anda akan kedua zat sehat tersebut.

Baca juga : Mau Cepat Langsing? Coba Infused Water dari 6 Buah Terbaik Ini

6. Untuk Mengurangi Terkena Penyakit Kanker

Daun mint juga dapat digunakan untuk mengurangi resiko terkena kanker usus besar yang telah dibuktikan melalui penelitian. Daun mint mampu menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

7. Untuk Aromaterapi

@ idntimes.com

Manfaat daun mint yang selanjutnya adalah berguna sebagai aromaterapi. Daun mint bisa digunakan untuk pasien yang memerlukan ketenangan ataupun perasaan rileks khusus. Manfaat daun mint untuk aromaterapy biasanya di lakukan dalam bidang medis.

8. Mengatasi Nyeri

Daun mint dapat pula digunakan sebagai obat untuk mengatasi rasa nyeri dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, daun mint mengandung zat yang bernama antispasmodic di dalamnya. Zat tersebut berguna untuk mengendurkan otot yang menegang sehingga cocok pula digunakan untuk mengatasi nyeri otot.

9. Bagus Untuk Pencernaan

Konsumsi daun mint juga baik untuk kesehatan pencernaan di dalam tubuh dengan kandungan antioksidan dan fitonutriennya.

10. Mengatasi Demam

@ avantaje.ro

Daun mint dapat memberikan rasa dingin yang menyegarkan bagi tubuh. Dengan efek tersebut, anda bisa menggunakan daun ini untuk meredakan panas akibat demam ataupun kenaikan suhu pada tubuh.

11. Mengatasi Radikal Bebas

Pekerjaan yang menuntut anda untuk selalu berada di bawah terik matahari membuat kesehatan terancam, karena bisa meningkatkan resiko terkena radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat memunculkan jenis penyakit baru. Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsinya makanan yang mengandung antioksidan didalamnya seperti halnya daun mint.

12. Bagus untuk Kesehatan Mulut

Manfaat daun mint selanjutnya adalah bagus untuk kesehatan mulut. Anda tentu tahu jika ada banyak bakteri yang bersarang di dalam mulut bukan? Inilah kenapa, anda harus menggosok gigi secara rutin.

Selain menggunakan pasta gigi yang tepat, anda juga bisa memanfaatkan daun mint yang mengandung antibacterial dan anti inflamasi untuk membuat kesehatan mulut menjadi lebih terjaga. Daun mint juga bisa digunakan untuk mencegah kerusakan gigi permanen.

13. Untuk mengurangi stres

Mint bisa digunakan untuk memberikan efek tenang dan ekstraksi bagi penikmatnya. Dengan manfaatnya tersebut, daun yang satu ini bagus untuk melawan stres dan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks.

Selain mendapatkan beragam manfaat, anda juga bisa mendapatkan beragam manfaat lainnya bagi kesehatan.

Pilihan Resep Daun Mint Segar

@ pixelproposal

Bagi anda yang tertarik dengan daun mint dan khasiatnya bagi tubuh, anda bisa mencoba beberapa resep daun mint yang menyegarkan berikut ini:

1. Sitrus Daun Mint

Resep daun mint yang pertama adalah sitrus daun mint. Anda bisa merebus daun mint terlebih dahulu hingga mendidih lalu sajikan ke dalam sebuah gelas yang bersih. Selanjutnya tambahkan potongan lemon serta air perasan air lemon ke dalamnya.

Bagi anda yang tertarik membuat sitrus daun mint dengan aroma sitrus yang lebih kuat, bisa merebus daun mint dicampur dengan kulit lemon terlebih dahulu. Selanjutnya tambahkan madu ataupun gula untuk menambahkan rasa manisnya. Sajikan selagi hangat atau enak juga diminum saat dingin.

2. Teh Daun Mint

@ idntimes.com

Jika anda adalah seorang penggemar minuman teh, maka bisa mencoba resep yang satu ini. Untuk membuat teh daun mint, anda bisa merebus daun peppermint hingga mendidih dan berwarna coklat. Selanjutnya masukkan gula batu ataupun madu untuk memberi rasa manis pada teh anda. Teh tanpa kafein ini mampu meningkatkan mood sekaligus menambah rasa rileks bagi tubuh.

3. Jahe Mint

Anda bisa membuat jahe mint untuk dijadikan sebagai obat flu dan batuk. Jahe berguna untuk menghangatkan tubuh, sementara daun mint berguna untuk menyegarkan tenggorokan dan pernapasan. Dengan demikian, anda bisa mengonsumsi minuman sehat yang satu ini untuk membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

4. Ice Cube Mint

Anda juga bisa membuat ice cube mint dengan menggunakan cetakan es batu. Caranya cukup mudah yaitu dengan menuangkan air serta daun mint ke dalam cetakan es batu. Selanjutnya dinginkan ke dalam freezer hingga membeku. Es cantik dengan daun mint ini bisa anda sajikan bersamaan dengan minuman soda untuk menambah rasa segarnya.

Bagi anda yang tertarik membuat beberapa resep daun mint seperti di atas, tak perlu khawatir harus membelinya di mana. Langsung saja kunjungi website RegoPantes. Situs belanja online yang satu ini menyediakan banyak produk pertanian lengkap mulai dari sayuran, buah-buahan, aneka beras, dan beragam paket khusus termasuk juga daun mint untuk berbagai keperluan.

Melalui RegoPantes, anda akan dimanjakan dengan beragam promo menarik, sekaligus kualitas barang terjamin yang pastinya tak kalah penting. Harganya juga murah karena langsung dari tangan petani menuju konsumen.

Apalagi menariknya, anda bisa membeli beragam kebutuhan dapur dengan takaran yang dibutuhkan. Langkah pemesanan di RegoPantes juga mudah melalui aplikasi dan nomor WhatsApp, sehingga tak lagi merepotkan anda untuk belanja ke pasar ataupun pusat perbelanjaan. Tunggu apalagi, dapatkan kualitas terbaik di RegoPantes yang mengutamakan kualitas dan pelayanan terbaik bagi konsumen.

You Might Also Like