Kesehatan

Bukan Nasi Putih, Ini Jenis Beras yang Paling Baik Untuk Tubuhmu!

beras hitam

@spiritriau.com

Hingga saat ini nasi putih masih menjadi menu makanan pokok terfavorit. Namun, khasiat nasi putih bagi kesehatan ternyata masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli. Beras putih dianggap telah kehilangan banyak senyawa aktif karena proses pengelupasan kulit arinya. Sehingga, memakan nasi putih hanya akan menimbulkan efek kenyang saja.

Jika khasiat beras putih masih menjadi perdebatan, bagaimana halnya dengan beras merah, hitam dan coklat. Manakah yang paling baik dari ketiganya?

Varian beras hitam, merah dan coklat hingga saat ini masih tergolong beras yang sulit ditemukan di pasaran. Namun, Anda bisa menemukannya dengan mudah melalui RegoPantes. Bukan beras berpengawet, RegoPantes menawarkan beras berkualitas namun dengan harga pas di kantong.

Tergolong jenis beras yang cukup sulit ditemukan, beras berwarna coklat, hitam dan merah rupanya punya khasiat besar yang tersembunyi loh! Namun, mana yang paling baik dikonsumsi?

1. Beras Merah

Varian beras yang satu ini paling mudah ditemui dalam paket MPASI karena kandungannya yang memang baik untuk bayi. Beras berwarna merah ini memiliki kandungan serat dan vitamin yang baik bagi tubuh. Warna merah yang dimilikinya berasal dari antioksidan jenis anthocyanin yang baik untuk mencegah kanker. Menariknya, beras jenis ini mengandung sedikit gula dan diklaim mampu menurunkan resiko diabetes hingga 60%.

Sayangnya, beras jenis ini memiliki kandungan asam fitat yang menghambat penyerapan kalsium dan zat besi jika dikonsumsi secara bersamaan.

2. Beras Coklat

Beras jenis ini lebih susah ditemukan di pasaran. Kandungan cukup mirip dengan beras jenis merah. Hanya saja kandungan antioksidannya dinilai lebih tinggi namun rendah gula sehingga disarankan bagi penderita jantung dan diabetes.

3. Beras Hitam

Sesuai namanya, beras yang satu ini memiliki warna hitam namun terlihat berbeda dengan ketan hitam. Warna yang dimiliki beras varietas ini lebih mengkilat, bentuknya lebih ramping memanjang.

Jika dibandingkan dengan varietas beras lainnya, beras yang sedikit keunguan setelah dimasak ini memiliki kandungan antioksidan lebih banyak dan kuat. Antioksidan yang dimilikinya bahkan lebih kuat daripada antioksidan dalam buah berry.

Baca Juga : 10 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan, Bagus Buat Diet lho!

Ternyata nasi tak sebatas nasi putih saja bukan? Alangkah baiknya jika sesekali mengganti varian nasi yang Anda konsumsi. Dengan demikian, gizi tak hanya terpenuhi dari lauk atau makanan tambahan, tapi juga bisa didapat dari makanan pokok.

Sayangnya, saat ini banyak beras cokelat, merah dan hitam yang ditambah dengan pengawet karena persediaan terbatas dan harga yang lebih mahal. Oleh karenanya, pastikan dulu kualitas beras agar bisa merasakan manfaatnya secara optimal.

Bingung dimana menemukan beras berkualitas? Tenang, semua bisa Anda peroleh melalui RegoPantes. Tak perlu repot membandingkan beras karena yang dikirim ke rumah Anda adalah beras yang sudah melalui quality control. Anda juga tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengangkut beras karena semua kan langsung diantar ke rumah Anda.

Menariknya, RegoPantes tak hanya menyediakan pasokan beras dalam bentuk kiloan saja loh! Semakin memudahkan berbelanja kebutuhan pangan, RegoPantes juga menawarkan sayur, buah, bumbu dapur serta aneka paket praktis beras organik. Jadi, tunggu apa lagi, Instal aplikasinya sekarang juga.

You Might Also Like