Kesehatan

Tak Takut Gula Darah Naik, Buah Ini Aman untuk Menu Puasa Penderita Diabetes

@ foodizz.id

Buah dan sayuran merupakan produk alam yang baik bagi kesehatan. Meski demikian, Anda harus tahu jika ada pengecualian bagi para penderita diabetes. Sebagai seorang penderita diabetes, Anda harus tahu buah mana yang bisa membuat kadar gula naik dengan cepat dan mana yang aman.

Dengan demikian, Anda bisa mengonsumsi buah khusus bagi diabetes yang tidak menyebabkan kadar gula naik secara signifikan. Para penderita diabetes sebaiknya memakan buah rendah gula dan menghindari yang terlalu manis. Buah yang terlalu manis biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi di dalamnya.

Meski begitu, gula dalam buah merupakan gula alami yang mengandung pula campuran serat, mineral, serta vitamin di dalamnya. Ada cara praktis yang bisa dilakukan bagi penderita diabetes yang ingin mengonsumsi buah-buahan saat berbuka puasa tanpa khawatir gula darah naik.

Apa saja? Berikut di antaranya yang bisa Anda konsumsi.

  • Semangkuk salad
  • Makan apel dengan ukuran sedang, pisang atau bisa juga pie
  • Segenggam anggur
  • Sesendok makan buah kering
  • Anda bisa memakannya dengan jeda waktu tertentu yakni 2 sampai 3 jam, jangan dimakan sekaligus

Baca juga : Bagus Bagi Penderita Diabetes, Ini Dia Resep Asparagus yang Menarik Dicoba

Menu Sehat Saat Puasa

Menu saat sahur:

Tambahkan irisan pisang pada sereal yang Anda konsumsi. Jangan lupa untuk mengurangi jumlah sereal untuk memberi ruang pada buah. Tambahkan juga jamur atau tomat. Selain itu, Anda juga bisa memakan salad buah dengan yogurt yang rendah lemak tanpa menggunakan gula tambahan.

Menu saat berbuka:

Anda bisa menyiapkan semangkuk kismis, sayuran mentah atau buah beri beku serta salad buah. Anda dapat mengonsumsi salad tersebut dengan sandwich.

Jika malam masih lapar, Anda bisa mengonsumsi sayuran seperti hanya terong, brokoli, wortel, kubis dan lain sebagainya. Agar sehat, Anda bisa menjadikan sayuran sebagai bagian terbesar di piring Anda. Selain itu, tambahkan juga sayuran ke dalam semur, sup, casserole dan lain-lain.

@ tintaputih.com

Lantas, perlukah penderita diabetes mengurangi konsumsi buah lantaran terdapat kandungan gula di dalamnya? Sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal penting berikut untuk tahu jawabannya.

  • Banyak penderita diabetes yang khawatir mengonsumsi buah-buahan lantaran kandungan gula di dalamnya. Padahal, Anda harus tahu jika sebagian besar buah memiliki kandungan glikemiks yang rendah sampai sedang. Hal ini tidak akan membuat peningkatan tajam kadar gula di dalam tubuh.
  • Diabetes memiliki kaitan dengan pengelolaan gula darah, tekanan darah, berat badan serta lemak darah. Sedangkan konsumsi buah-buahan juga sayuran memiliki khasiat yang baik mengatasi hal-hal tersebut.
  • Anda harus tahu jika sebagian buah mengandung sekitar 15 sampai dengan 20 gram karbohidrat mirip dengan sepotong roti. Jika memang ingin mengurangi asupan karbohidrat dengan tujuan untuk mengelola kadar gula darah, ada baiknya untuk mengurangi asupan seperti kue, cokelat, biskuit ataupun jenis makanan ringan yang lain.
  • Jika makanan tersebut sudah bisa dikurangi, Anda bisa mulai mengurangi porsi makan bertepung serta yang mengandung lemak.
  • Anda harus tahu jika buah-buahan sangat tidak mungkin menjadi penyebab utama kenaikan kadar gula dalam darah.

Anda ingin mendapatkan bahan pangan berupa buah dan sayur segar berkualitas? Bisa langsung berbelanja secara online di RegoPantes. Belanja aneka kebutuhan di sini akan memudahkan Anda belanja praktis mulai dari proses pemesanan hingga barang sampai di rumah tanpa ada biaya pengiriman lagi dengan batas minimal order.

Tak hanya buah dan sayur yang bisa Anda dapatkan. Ragam beras organik pun bisa diperoleh di RegoPantes. Semuanya didapat langsung dari petani lokal dalam keadaan fresh. Jadi tunggu apalagi, lakukan belanja tanpa repot, terjamin, dan harga pantas hanya di RegoPantes.

0 Shares

You Might Also Like