Kesehatan Tips

3 Ramuan Air Lemon Ini Ampuh Meluruhkan Batu Ginjal, Simak Caranya Sebelum Putuskan Jalani Operasi

air lemon, manfaat air lemon

@ komplit.net

Ada banyak sekali manfaat dari jeruk lemon yang sudah diketahui orang. Sehingga tidak sedikit yang mengonsumsinya demi mendapatkan manfaat air lemon tersebut bagi kesehatan. Namun tahukah Anda, bahwa air perasan lemon ini juga mampu meluruhkan batu ginjal?

Mungkin selama ini batu ginjal dikenal sebagai salah satu penyakit yang berbahaya dan hanya bisa disembuhkan dengan jalan medis seperti operasi. Batu ginjal sendiri terbentuk lantaran akibat konsumsi makanan yang terlalu banyak kandungan garam dan mineral yang lama-kelamaan membentuk kristal. Kristal inilah yang akhirnya mengganggu kinerja dari organ ginjal.

Nah lantas apa hubungannya air lemon dengan batu ginjal ini? Ternyata manfaat air lemon ini bisa bantu meluruhkan batu kristal pada ginjal. Lemon sendiri memiliki kandungan berupa tiamin, riboflavin, zat besi, vitamin C, dan magnesium. Tidak hanya itu, ada juga potassium, asam folat, serat, kalsium, dan vitamin B6 yang terkandung di dalam lemon.

Potassium citrate pada lemon diketahui dapat membantu meluruhkan batu ginjal yang telah terbentuk.  Formula ini sendiri terbentuk dari senyawa asam sitrat. Senyawa asam sitrat pada buah sitrus ini sendiri diketahui mampu meningkatkan kadar asam pada urine sebagai bentuk pencegahan terbentuknya batu ginjal.

Anda dapat mengonsumsi air lemon sebanyak 200 hingga 400 gram per hari demi mendapatkan asupan asam sitrat harian. Minuman tersebut dapat Anda minum langsung begitu saja atau dicampur dengan segelas air hangat.

Selain cara tersebut, berikut ini beberapa ramuan air lemon yang bisa Anda coba sendiri di rumah guna mengobati batu ginjal.

1. Air Lemon dan Minyak Zaitun

cara meluruhkan batu ginjal, air lemon

@ vnews.agency

Perpaduan dua bahan ini bisa membantu melindungi dinding ginjal dari tingginya asupan berupa garam dan mineral yang bisa membentuk batu ginjal. Berikut bahan dan cara membuatnya.

  • ¼ gelas air lemon
  • Minyak zaitun secukupnya

Cara membuat:

Campurkan paduan air lemon dan minyak zaitun yang disiapkan lalu minum, lanjutkan minum air putih. Minum sebanyak 3 kali sehari.

Baca juga : 5 Resep Air Lemon untuk Diet, Manfaatnya Luar Biasa Bagi Kesehatan

2. Air Lemon dan Cuka Apel

cara meluruhkan batu ginjal, manfaat air lemon

@ rd.com

Perpaduan antara air lemon dan cuka apel ini juga bisa Anda manfaatkan untuk meluruhkan batu ginjal. Buat saja campuran keduanya dengan panduan berikut.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok cuka apel
  • ½ buah lemon
  • 1 gelas air

Cara membuat:

Campurkan perasan setengah buah lemon, cuka apel, dan air. Aduk hingga merata dan langsung minum. Meminum ramuan ini bisa dilakukan lagi 2 atau 3 jam lagi bergantung pada tingkat keseriusan kondisi batu ginjal Anda.

3. Air Lemon, Kemangi, dan Rumput Gandum

air lemon, cara meluruhkan batu ginjal

@ medcom.id

Perpaduan ketiga bahan ini juga mampu menurunkan tingkat keasaman pada darah dan urine penderita batu ginjal. Sediakan ketiga bahan tersebut dengan komposisi berikut:

  • 1 sendok teh daun kemangi
  • 1 gelas jus rumput gandum
  • 1 sendok teh air lemon

Cara membuat:

Campur ketiga bahan tersebut hingga tercampur dan segera minum. Jika ingin hasil maksimal, Anda dapat meminumnya sehari sebanyak dua kali.

Perlu jadi perhatian, lemon yang diambil sarinya untuk meluruhkan batu ginjal ini harus buah segar. Bukan pula jus lemon kemasan pabrik. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi secara rutin teh lemon. Selain itu, segera saja konsultasi ke dokter bila belum ada perkembangan setelah 2 hingga 3 hari mengonsumsi salah satu ramuan di atas ya.

Terbukti bukan manfaat air lemon bagi kesehatan? Nah, untuk mendapatkan lemon segar dan pastinya bermutu bagus, Anda bisa langsung membelinya di RegoPantes. Semua lemon yang tersedia dijamin segar dan langsung dari petani . Tak hanya itu, ada banyak buah dan sayur lokal lainnya tersedia lengkap di RegoPantes.

You Might Also Like