Kesehatan

Kena ISPA Akibat Kabut Asap? 5 Bahan Makanan Ini Ampuh Membersihkan Paru-paru Secara Alami

cara membersihkan paru-paru, ISPA

@ ortalpintar.com

Kasus kebakaran hutan belakangan banyak terjadi di tanah air. Sehingga ini akan berdampak pada kondisi kesehatan masyarakat. Penyakit yang sering dialami adalah ISP atau infesksi saluran pernapasan akut. Ini memang bisa terjadi akibat kabut asap yang ditimbulkan kebakaran yang begitu besar. Hal ini bisa memperburuk kondisi kesehatan paru-paru Anda.

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan paru-paru, Anda harus mengonsumsi aneka asupan makanan guna mencegah kerusakan. Lantas apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru dan apa saja ragam makanan yang harus dikonsumsi? Simak daftarnya berikut ini.

1. Buah Pir

@ monitornasional.com

Ingin terhindar dari permasalahan pernapasan seperti ISPA? Anda dapat mengonsumsi buah pir. Buah satu ini ternyata mempunyai kandungan antioksidan seperti glutathione yang dapat meningkatan kemampuan kinerja orga paru dan menjaganya dari serangan virus dan bakteri. Tak terkecuali membantu melindunginya dari asap dan polusi udara.

2. Seledri

@ sapadokter.com

Polusi dan kabut asap yang sampai saat ini masih jadi sebuah permasalahan besar bagi dunia kesehatan. Maka sudah seharusnya Anda memulai dari diri sendiri untuk menjaga kesehatan paru-paru. Dengan konsumsi seledri, maka kadar karbondioksida yang masuk paru-paru dapat dikurangi. Hal ini dikarenakan seledri mempunyai kandungan sodium yang baik.

Baca juga : 5 Macam Buah Ini Bisa Jadi Obat Batuk Herbal, Lebih Aman dari Obat Kimia

3. Teh Hijau

@ shefty.com

Salah satu jenis teh yang selama ini sudah dikenal memiliki khasiat baik bagi kesehatan. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan alami berkadar tinggi sehingga dapat bantu membersihkan paru-paru. Antihistamin pada teh hijau bisa meredakan alergi dan bantu membersihkan paru-paru secara alami.

4. Brokoli

@ okezone.com

Cara menjaga paru-paru dari kerusakan ISPA berikutnya dengan mengonsumsi sayuran hijau, salah satunya brokoli. Mengapa harus brokoli? Pasalnya sayur hijau ini memiliki kandungan senyawa glukosinolat yang dapat mencegah terjadinya kanker termasuk pada paru-paru. Termasuk menonaktifkan dan mengobati peradangan.

5. Kacang-kacangan

@ npr.org

Cara membersihkan paru-paru secara alami yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan kacang-kacangan untuk dikonsumsi. kacang almond memiliki kandungan vitamin E tinggi. Manfaatnya akan melancarkan sistem peredaran darah, mengurangi inflamasi, serta menjaga daya tahan tubuh. Bila sirkulasi darah berjalan baik termasuk ke paru-paru, maka pernapasan pun akan berjalan baik.

Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi Anda dan keluarga untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur yang pastinya akan menjaga kesehatan tubuh, termasuk paru-paru. Terlebih cara membersihkan dan menjaga paru-paru ini bersifat alami. Sehingga paparan asap yang akan mengganggu kerja paru bisa dilawan dengan konsumsi makanan sehat.

Anda yang saat ini tengah mencari aneka sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan harian tersebut maka bisa langsung belanja di RegoPantes. Ada banyak buah  dan sayur lokal dengan kualitas terjamin bisa jadi pilihan Anda untuk menjaga kesehatan paru-paru dan anggota tubuh lainnya.

Ingin membantu meningkatkan kesejahteraan petani lokal bukan? Anda bisa berbelanja mudah melalui RegoPantes yang menjual semua hasil panen petani lokal.

You Might Also Like