Kesehatan

Jangan Tunda Sampai Sakit, Segera Konsumsi 7 Buah yang Ampuh Mencegah Sembelit Ini

@ hellosehat.com

Sembelit merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup mengganggu. Problem terkait dengan pencernaan ini memang bisa dibilang bisa dialami oleh siapa saja. Tak mengherankan banyak yang berupaya mencari obat untuk meredakannya.

Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya tak harus disembuhkan dengan obat. Ada sederet bahan alami seperti halnya buah-buahan untuk mencegah datangnya sembelit. Nah, berikut ini adalah jenis buah-buahan yang bagus untuk mencegah sembelit yang patut dicoba.

1. Jeruk

@ republika.co.id

Buah yang satu ini dikenal akan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Meski demikian, Anda juga harus tahu jika jeruk juga mengandung serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan sekaligus membantu dalam memadatkan feses. Selain buahnya, serat-serat putih yang terdapat pada jeruk juga sama baiknya untuk dikonsumsi. Dibandingkan dijadikan jus, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi buah jeruk secara langsung.

2. Apel

Jenis buah yang selanjutnya adalah buah apel. Buah yang satu kaya akan kandungan sehat dimana salah satunya adalah kandungan serat. Konsumsi buah yang satu sebaiknya dilakukan bersamaan dengan kulitnya yang sama-sama kaya akan serat. Cara pengonsumsian buah apel juga cukup bervariasi mulai dari dimakan secara langsung, dibuat menjadi jus hingga ditambahkan pada bubur dan juga sereal.

3. Pisang

@ idntimes.com

Pisang menjadi salah satu buah yang digemari oleh banyak orang. Buah yang satu ini memiliki rasa yang manis sekaligus memberi efek kenyang saat dimakan. Pisang juga bagus untuk meredakan sembelit dengan kandungan seratnya yang kaya.

Adapun serat yang terkandung dalam pisang bagus untuk menyerap air dari usus besar hingga membuat lancar BAB. Konsumsi pisang secara rutin juga bagus untuk membuat pencernaan menjadi sehat dan lancar.

4. Pir

Selanjutnya adalah buar pir. Buah yang memiliki bentuk bulat yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dimakan secara rutin. Buah yang satu ini bagus untuk meredakan konstipasi lantaran kandungan fruktosa dan juga sorbitol di dalamnya. Pir juga kaya akan air sehingga bagus untuk menghindarkan Anda dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

Baca juga : Jangan Panik Dulu! Segera Beri 5 Buah ini Jika Anak Sembelit

5. Berry

@ gmtoday.com

Dalam raspberry terdapat kandungan berupa serat yang bagus untuk membuat konstipasi menjadi reda. Kandungan tersebut juga bagus untuk membantu feses dapat lewat dengan baik melewati jalur pencernaan. Sedangkan bluberry bagus untuk meredakan gangguan pencernaan seperti halnya divertikulosis dan juga wasir. Untuk jenis berry yang lain seperti strawberry dan juga blackberry mengandung serat yang sama baiknya untuk pencernaan.

6. Buah ara

Buah ara merupakan buah selanjutnya yang bagus untuk menyembuhkan gangguan konstipasi. Buah yang satu ini bagus dalam memelihara usus sekaligus berperan sebagai laksatif alami dengan kandungan seratnya yang tinggi. Anda bisa menambahkan buah ara kering ke dalam sereal saat sarapan pagi guna tambahan serat.

7. Kiwi

@ foodbeast.com

Dalam penelitian disebutkan jika mereka yang gemar mengonsumsi buah kiwi memiliki saluran pencernaan yang baik dan lancar. Buah yang satu ini dianggap bisa dijadikan sebagai buah pelunak feses sehingga bisa menghindarkan Anda dari yang namanya sembelit. Kiwi sendiri memiliki banyak kandungan sehat yang sangat beragam mulai dari vitamin C, E, K, folat dan potasium di dalamnya.

Jika secara rutin dikonsumsi, buah kiwi bisa diandalkan dalam membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Selain beragam jenis buah-buahan di atas, masih banyak buah lainnya yang bagus untuk dikonsumsi demi kelancaran pencernaan. Untuk mendapatkan buah yang sehat dan berkualitas, Anda bisa langsung berkunjung di situs RegoPantes. Situs yang satu ini memiliki banyak jenis buah yang dijual dengan harga yang murah dan pastinya memudahkan pembelinya untuk membeli produk pangan tanpa harus keluar rumah.

You Might Also Like