Kesehatan

Cara Mengatasi Sariawan Membandel Ini Ampuh, Cukup Manfaatkan 6 Bahan Rumahan Berikut

@ haibunda.com

Anda pernah alami sariawan? Masalah yang tampak sepele ini sepertinya sudah pernah dirasakan hampir semua orang. Sariawan merupakan peradangan berupa benjolan kecil dengan warna putih dan muncul di area gusi ataupun area sekitar mulut lainnya. Sariawan sendiri bisa terus mengganggu selama beberapa hari hingga membuat mulut tidak nyaman untuk mengunyah atau bahkan saat berbicara.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai hal ini. Sebab ada banyak sekali cara mengobati sariawan yang bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana. Bahan-bahan untuk mengobati sariawan sendiri terbilang sederhana dan tentunya sangat mudah ditemukan dan pastinya murah. Berikut ini deret bahan obat sariawan tersebut.

1. Gunakan Lidah Buaya

@ doktersehat.com

Lidah buaya memang menjadi tumbuhan yang serbaguna. Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi sariawan bisa dilakukan dengan mengambil lendir lidah buaya lalu gunakan untuk membasuh mulut. Lendir dari tanaman ini terbilang ampuh dalam membantu disinfeksi area pada sariawan. Lakukan kegiatan membasuh mulut menggunakan lidah buaya sebanyak yang diperlukan.

2. Kumur dengan Air Garam

@ doktersehat.com

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan air garam. Caranya adalah dengan menyiapkan garam untuk kemudian dibuat larutan. Larutan garam tersebut akan membantu menghilangkan rasa tidak nyaman akibat sariawan sekaligus membantu dalam mempercepat kesembuhan. Kamu cukup berkumur sebanyak 10 sampai dengan 30 detik. Lakukan sebanyak yang Anda perlukan hingga sariawan hilang.

Baca juga : Sakit Perut Setelah Makan Pedas? Tak Lagi Khawatir, Begini Cara Tepat Mengatasinya

3. Mengoleskan Es

@ inspiradata.com

Anda merasa sangat terganggu dengan rasa perih yang disebabkan oleh sariawan? Jika iya, Anda bisa memanfaatkan es untuk mengurangi rasa perih tersebut.

Selain dengan menggunakan es, Anda juga bisa memanfaatkan santan yang bagus untuk menyembuhkan rasa perih yang muncul karena sariawan. Jika tertarik, Anda bisa mencampurkan sedikit madu dengan sesendok santan. Selanjutnya gunakan untuk membaluri bagian mulut yang terkena sariawan.

4. Mengoleskan Madu

@ kapanlagi.com

Bahan alami yang cocok untuk meredakan sariawan yang selanjutnya adalah madu. Produk alam yang dihasilkan lebah satu ini memang kaya akan manfaat. Untuk mengatasi sariawan dengan madu, Anda bisa menyiapkan kapas untuk kemudian diolesi dengan madu lalu oleskan di daerah yang terkena sariawan.

Selain sariawan, madu juga seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi beragam jenis gangguan kesehatan yang lainnya.

5. Mengunyah Daun Seledri

@ promedos.com

Selanjutnya ada juga seledri. Bahan sehat yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk beragam jenis masakan terutama dalam sayuran berkuah. Hebatnya lagi, seledri juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan sariawan yang mengganggu. Tanaman sehat yang satu ini kaya akan beragam nutrisi mulai dari vitamin B1, B2, B6 sekaligus vitamin C yang baik untuk menyembuhkan sariawan.

Cara menggunakan seledri adalah dengan mengunyah bagian tangkainya lalu diamkan di dalam mulut selama kurang lebih 10 menit kemudian dibuang. Tidak hanya bagus untuk mengatasi sariawan, seledri juga cocok digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang membuat kepercayaan diri menurun.

6. Kunyah Daun Kemangi

@ hellosehat.com

Selain seledri, Anda juga bisa memanfaatkan daun kemangi. Daun beraroma khas yang satu ini memiliki kandungan sehat yang bagus untuk mempercepat terjadinya proses penyembuhan sariawan seperti halnya antijamur dan antibakteri. Anda bisa mengunyahnya lalu minum sedikit air setelahnya. Sama seperti seledri, cara ini juga bisa menghilangkan bau mulut tidak sedap.

Untuk mendapatkan seledri, madu dan lain sebagainya guna penyembuhan sariawan ataupun untuk keperluan memasak, Anda bisa langsung berkunjung di RegoPantes. Situs yang satu ini menawarkan beragam bahan dapur yang terjangkau dan pastinya berkualitas. Bahan dapur di RegoPantes, dipasok secara langsung oleh para petani dalam negeri yang tentunya siap mengirimkan beragam produk panen mereka ke alamat tujuan Anda. Buah dan sayur lokal berkualitas pun tersedia lengkap di RegoPantes lho!

You Might Also Like