Kesehatan

7 Sayur Berikut Mengandung Racun Alami, Ada yang Sering Kamu Konsumsi

cara menghilangkan racun, racun alami, sayuran beracun

@hellosehat.com

Sayuran dan buah-buahan memang menjadi menu penting yang harus dikonsumsi untuk melengkapi nutrisi harian. Namun, tahukah Anda jika ada sayur dan buah yang justru mengandung racun? Parahnya, beberapa diantaranya justru menjadi menu yang sering kita konsumsi.

Buah dan Sayuran Beracun

Jarang disadari, Anda kerap kali mengkonsumsi buah dan sayuran beracun. Beberapa memang tak menimbulkan efek parah. Namun, ada pula yang dapat menimbulkan penyakit serius.

1. Kacang Merah

Kacang merah mengandung racun alami yang disebut fitohemaglutinin. Racun ini berpotensi menyebabkan mual, muntah, pusing dan diikuti dengan diare.

Cara menghilangkan racun pada kacang merah sebenarnya cuku mudah, yakni memastikannya benar-benar dimasak matang dan lunak. Untuk lebih amannya, disarankan merendam kacang merah selama 5 jam dan membuang airnya. Setelah itu, masak hingga matang dan biarkan hingga kacang lunak.

2. Singkong

Jenis umbi yang enak dijadikan camilan ini mengandung racun alami jenis linamarin dan lotaustralin. Racun alami ini akan berubah menjadi hidrogen sianida jika diolah dengan cara tak benar.

Cara mengolah singkong yang benar adalah mengupas bagian kulitnya hingga bersih. Setelahnya, potong singkong dan rendam dengan air bersih. Cuci di bawah air mengalir lalu masak hingga matang sempurna.

3. Tomat Hijau

Tomat hijau mengandung racun jenis glikoalkaloid yang menyebabkannya berasa pahit. Oleh karena itu, jangan mengkonsumsi tomat hijau dan batang tomat secara berlebihan.

Baca Juga : Benarkah Pola Hidup Vegetarian Bebas Kanker? Ketahui Dulu 5 Hal Penting Berikut!

4. Seledri

Seledri memiliki kandungan psoralen yang tak baik bagi kesehatan kulit. Karenanya, lebih disarankan mengkonsumsi seledri yang sudah melalui proses pemasakan daripada seledri mentah. Usai dimasak, senyawa psoralen dalam seledri akan terurai.

5. Bayam

Bayam mengandung asam oksalat tinggi. Asam oksalat ini berpotensi mengiritasi lambung hingga membentuk batu ginjal. Meski demikian, bayam tak boleh ditinggalkan karena kandungan zat besinya sangat diperlukan tubuh.

6. Jengkol

Jengkol mengandung asam jengkol yang dapat menimbulkan gangguan pada saluran kemih. Tanda keracunan yang paling umum adalah pinggang terasa pegal dan air kencing lebih sedikit dar biasanya. Namun, tak perlu khawatir keracunan jika jengkol benar-benar diolah hingga matang.

7. Kentang

Sering dijadikan sayur favorit keluarga, kentang rupanya mengandung racun jenis glikoalkaloid. Namun, tak semua kentang mengandung racun tersebut. Hanya kentang hijau atau bertunas yang memilikinya. Oleh karenanya, jangan sekali-kali membeli sayuran murah, apalagi jika kita tak memiliki kemampuan membedakan mana sayuran yang berkualitas dan mana yang tidak.

Nah, daripada salah pilih kualitas sayuran dan akhirnya justru membahayakan kesehatan, lebih baik Anda meminta bantuan pada RegoPantes. Bantuan apa yang bisa didapat? RegoPantes akan membantu Anda memilihkan sayuran yang segar berkualitas yang bebas dari pestisida. Soal harga, tentu saja Anda diberi harga pantas sesuai kualitas.

Keuntungan lain jika mempercayakan kebutuhan dapur melalui RegoPantes adalah Anda hanya perlu bersantai dirumah tanpa harus panas-panasan, antri dan membawa barang belanjaan berat. Pasalnya, Regopantes juga menjanjikan barang sampai di rumah Anda dalam kondisi segar serta gratis ongkos kirim. Menarik bukan?

You Might Also Like