Kesehatan

Cara Mengobati Alergi Secara Alami, Cukup Manfaatkan 8 Bahan Rumahan Ini Saja

@ hellosehat.com

Alergi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja. Alergi sendiri adalah respon yang terjadi ketika ada partikel asing yang masuk ke dalam tubuh. Untuk selanjutnya, sel yang ada di dalam tubuh akan menghasilkan suatu zat kimia yang disebut juga dengan histamin dimana zat tersebut berakibat pada datangnya alergi.

Alergi biasanya disertai dengan beberapa gejala seperti halnya gatal-gatal, bersin, iritasi, mata merah, ruam pada kulit dan lain sebagainya. Untuk mengatasi atau mengobati alergi sendiri Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan makanan berikut ini.

1. Jahe

@ beritagar.id

Makanan untuk mengobati alergi yang pertama adalah jahe. Jahe sendiri bisa mengurangi terjadinya peradangan dan juga gejala lainnya akibat alergi. Jahe juga memiliki kandungan sehat lainnya berupa antioksidan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan dari pasien yang terkena asma. Jika Anda merasa tengah terkena alergi, Anda bisa langsung mengonsumsi wedang jahe.

2. Yogurt

@ foodnetwork.com

Selanjutnya adalah yogurt. Yogurt merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan probiotik atau jenis bakteri baik yang bagus untuk mengurangi terjadinya alergi dengan sifat anti inflamasinya. Yogurt sendiri memang kaya akan manfaat bahkan bisa juga digunakan untuk menurunkan resiko eksim pada bayi jika dikonsumsi secara rajin saat kehamilan.

Baca juga : Biar Tak Gampang Lupa, 9 Makanan Ini Sangat Bagus untuk Mempertajam Daya Ingat

3. Ubi Jalar

@ idntimes.com

Ada juga ubi jalar yang memiliki kandungan sehat berupa vitamin B6, magnesium, serta kalium di dalamnya. Kandungan sehat ubi jalar bagus digunakan untuk mengurangi terjadinya peradangan. Ubi yang satu ini juga mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus untuk mengurangi sekresi histamin.

4. Apel

@ kampustani.com

Selanjutnya adalah buah apel yang dikenal sebagai salah satu buah populer di masyarakat. Buah yang satu ini juga kaya akan manfaat sehat lantaran kandungan vitamin dan nutrisinya yang kaya. Uniknya lagi, buah yang satu ini juga memiliki kandungan sehat berupa quercetin yang mencegah pelepasan histamin dari sel tubuh.

5. Semangka

@ okezone.com

Buah semangka menjadi salah satu buah yang bagus untuk mengobati alergi. Buah yang satu ini kaya akan kandungan air serta bagus digunakan untuk menghilangkan racun penyebab alergi. Buah yang satu ini juga mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

6. Kunyit

@ id.theasianparent.com

Obat alami untuk mengatasi alergi yang selanjutnya adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan berupa sifat anti inflamasi serta anti alergi lantaran kandungan kurkuminnya. Cara menggunakan kunyit untuk mengatasi alergi adalah dengan cara mencampur sesendok teh kunyit dengan susu panas lalu konsumsi 2 kali dalam sehari untuk mencegah datangnya alergi.

7. Lemon

@ ableandcole.co.uk

Ada juga lemon yang bisa digunakan untuk mengobati yang namanya alergi. Buah dengan rasa asam yang satu ini memiliki kandungan sehat berupa vitamin C yang bagus untuk mencegah respon alergi sekaligus bagus untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

8. Bawang Putih

@ doktersehat.com

Untuk mengobati alergi, Anda juga bisa memanfaatkan bahan dapur berupa bawang putih. Bawang putih sendiri memiliki banyak nutrisi yang tidak bisa diabaikan untuk kesehatan. Anda bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai bahan pencegah alergi  musiman.

Untuk mendapatkan obat alami guna mengatasi alergi yang berupa bahan makanan, Anda bisa segera berkunjung di Regopantes. Situs belanja yang satu ini menjual beragam bahan alami yang bisa digunakan sebagai bahan untuk memasak hingga pengobatan secara alami. Produk di RegoPantes juga memiliki harga yang terjangkau dan pastinya berkualitas tinggi.

You Might Also Like