Kesehatan Motherhood Tips

Cegah Resiko Anemia! Ini Deretan Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

@ bunda.info

Makanan penambah darah ibu hamil bisa dicari dari jenis buah dan sayuran. Kedua produk pangan ini mudah ditemukan di lingkungan sekitar bahkan bisa juga dibeli secara online. Salah satunya adalah di RegoPantes. RegoPantes menyediakan ragam kebutuhan pangan bunda berikut juga kebutuhan dapur dan makanan penambah darah bagi bumil.

Untuk mencegah resiko anemia pada ibu hamil, ada banyak sekali makanan sehat untuk penambah darah antara lain berikut ini.

1. Kurma

Kurma merupakan makanan penambah darah ibu hamil yang pertama. Apalagi jika yang bunda konsumsi adalah kurma kering. Kurma ini mengandung vitamin A, vitamin B serta magnesium sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kurma cocok bagi ibu hamil karena mengandung serat yang tinggi dan bagus untuk mengatasi sembelit. Bagi ibu hamil yang memiliki keluhan Hb rendah, konsumsi 100 gram kurma mampu mengembalikan tenaga ibu seperti semula. Hebatnya lagi, kurma bisa dijadikan sebagai buah penguat kandungan serta makanan sehat di awal kehamilan.

2. Buah Delima

Buah yang satu ini cocok dikonsumsi bagi bumil yang menderita anemia. Delima merupakan sumber zat besi alami yang membuat kadar Hb dalam tubuh naik. Buah satu ini juga mengandung vitamin yang cukup lengkap seperti vitamin A, Vitamin C, vitamin E serta asam folat juga ragam zat baik lainnya. Delima juga mengandung antioksidan dengan serta berperan sebagai pemasok cadangan zat besi sebagai peningkat Hb bumil.

3. Brokoli

@ regopantes

Meski banyak yang tidak suka namun ternyata, sayur dengan warna hijau pekat ini mengandung banyak manfaat. Pada tiap 100 gram brokoli terdapat 80 miligram kalsium. Meski demikian, disarankan untuk memasaknya secara matang karena ditakutkan bumil bisa terkena bahaya listeria. Brokoli mengandung banyak kandungan menyehatkan dan mudah ditemukan serta hemat di kantong.

4. Bayam

Selain brokoli, sayuran bewarna hijau pekat lainnya yang sama-sama menyehatkan adalah sayur bayam. Bayam merupakan makanan penambah darah ibu hamil yang coock untuk dikonsumsi setiap hari.

Bayam mengandung sejumlah nutrisi mulai dari zat besi, serat, beta karoten, asam folat dan lain-lain. Selain untuk mengatasi anemia, bayam juga bagus untuk membantu pertumbuhan paru-paru pada janin dengan kandungan beta karoten-nya.

5. Buah Bit

@ regopantes

Jenis buah-buahan lainnya yang bagus sebagai makanan penambah darah ibu hamil adalah buah bit. Buah yang satu ini cocok untuk menyumbangkan zat besi bagi bumil. Pada tiap buah bit dengan ukuran kecil, terkandung 1 sampai 1,2 mg zat besi untuk mengurangi keluhan kurang darah pada ibu hamil.

Buah bit juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah gangguan radikal bebas di dalam tubuh. Buah bit juga mengandung asam folat yang berfungsi sebagai pencegah bayi terlahir cacat. Untuk ibu hamil, buah bit bisa diolah menjadi jus yang menyehatkan.

Menjaga kesehatan di kala kehamilan menjadi suatu keharusan. Ibu harus menjaga kesehatannya sendiri agar janin yang dikandungnya tetap dalam kondisi sehat dan terlahir tanpa kurang satupun. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan penambah darah ibu hamil. Jenis makanan ini bisa ditemukan dalam buah-buahan maupun sayuran.

Untuk mencari sayur dan buah yang segar, bunda bisa membelinya di RegoPantes. Ada banyak pilihan  buah maupun sayur segar yang dijual langsung oleh petani. Langkah pembelian sangat mudah dan barang yang dipesan juga akan sampai rumah tanpa biaya tambahan.

Selain sayur dan buah, bunda juga bisa menemukan beragam kebutuhan terkait dengan bumbu dapur, beras hingga produk pertanian lain di RegoPantes. Yuk, bunda segera penuhi kebutuhan belanja Bunda di RegoPantes!

You Might Also Like