Kesehatan

Jangan Asal Makan, Ternyata 7 Sayur Ini Tak Boleh Dikonsumsi Mentah

@ baomoi.com

Sayuran menjadi salah satu produk pangan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Dengan kandungan gizi berlimpah, sayur menjadi bahan masakan yang banyak digemari. Sayur bisa ditumis, dibuat sup hingga aneka masakan lain. Selain dimakan dengan cara dimasak, sayur mentah juga bisa dikonsumsi langsung semisal dijadikan lalapan.

Meski demikian, anda harus tahu jika ada beberapa jenis sayur yang tidak boleh dimakan mentah di mana salah satunya adalah karena dapat mengurangi nutrisi yang akan anda dapatkan.

Deretan Sayur Mentah yang Tak Boleh Dimakan Langsung

Berikut ini adalah beragam jenis sayur yang tidak boleh dimakan mentah yang perlu anda ketahui.

1. Tomat

Tomat menjadi salah satu sayur yang tidak boleh dimakan mentah yang pertama. Tomat memang memberi banyak manfaat ketika dimakan mentah, namun anda bisa mendapatkan lebih manfaatnya jika dikonsumsi setelah dimasak terutama untuk kandungan likopennya. Likopen sendiri adalah senyawa antioksidan yang berguna sebagai penangkal kanker.

2. Kale

@ canalcocina.es

Selanjutnya ada juga kale yang sebaiknya tidak dikosumsi mentah-mentah. Dalam studi yang telah dilakukan, konsumsi kale mentah dalam jumlah banyak bisa berdampak negatif pada sistem metabolisme dalam tubuh. Jadi, akan lebih baik jika sayur ini dimasak dulu sebelum disajikan.

3. Brokoli, kubis dan kol

Memasak sayuran seperti brokoli, kubis dan kol bisa membantu terjadinya pelepasan indole yakni komponen organik yang dapat memerangi kanker pra-kanker. Konsumsi jenis sayuran ini secara mentah juga bisa menyebabkan masalah pencernaan bagi sebagian orang. Meski demikian, kita tetap bisa mengonsumsi ketiga jenis sayur tersebut namun dalam jumlah yang wajar untuk menghindari masalah pencernaan.

Baca juga : Sering Tak Disadari, 3 Hal Berikut Ubah Sayur dan Buah Menjadi Racun dalam Tubuh

4. Wortel

@ resepkoki.id

Memasak wortel dengan cara direbus bisa membantu terjadinya pelepasan karotenoid. Jika anda seringkali mengonsumsi wortel secara langsung mungkin bisa memasaknya terlebih dahulu mulai dari sekarang untuk mendapatkan nutrisi maksimalnya.

5. Kacang merah

Kacang merah sebaiknya dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu setelah sebelumnya dicuci dengan air bersih. Jika tidak, kita bisa berpotensi terkena gangguan berupa haemagglutinin yang bisa menyebabkan muntah-muntah serta diare.

6. Brussel sprout

@ greatbritishchefs.com

Brussel sprout merupakan salah satu sayur mentah yang tidak boleh dimakan tanpa proses dimasak. Karena jika dimakan mentah-mentah, sayur ini bisa menyebabkan kembung serta gas yang saat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Untuk memastikan anda mendapatkan nutrisi yang diinginkan, anda bisa memasaknya terlebih dahulu sebelum disajikan.

7. Kentang

Selanjutnya ada juga sayuran kentang yang sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Kentang mentah memang biasanya tidak beracun namun jika tidak matang dan telah terkena cahaya dalam jangka waktu yang lama, kemungkinan sayur ini mengandung sejumlah solanin yang berbahaya di dalamnya.

Ada beberapa jenis sayur yang tidak boleh dimakan mentah-mentah karena bisa berbahaya atau justru mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Masaklah terlebih dahulu untuk mendapatkan sejumlah nutrisi yang diinginkan secara optimal.

Untuk mencukupi kebutuhan anda akan sayuran, anda bisa segera berkunjung di RegoPantes. Situs online ini menyediakan beragam sayuran yang bisa anda jadikan sebagai sajian di meja makan untuk keluarga. Selain sayuran, RegoPantes juga menyediakan beragam buah dan jenis produk pangan lainnya seperti aneka beras organik hingga bumbu untuk mencukupi kebutuhan dapur anda di rumah.

You Might Also Like