Kesehatan

Pentingnya Buah Saat Makan Sahur, Sering Dilewatkan Tapi Manfaatnya Tak Terduga

makan sahur, buah dan sayur unggul

@faktualnews.com

Makan sahur bukan hanya sekedar persiapan diri sebelum berpuasa, melainkan pula menjadi saat yang tepat untuk membantu tubuh mengeluarkan racun. Mengapa demikian?

Mulai pukul 04.00, tubuh akan berusaha mengaktifkan metabolisme dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Jika sebelum jam tersebut tubuh mendapat asupan makanan yang sehat dan tepat, maka kinerja tubuh untuk membuang racun akan lebih optimal.

Sayangnya, banyak orang yang makan sahur dengan menu asal kenyang. Padahal, menu sahur tak boleh mementingkan selera, melainkan pula harus memperhatikan nilai gizi yang dikonsumsi. Terlebih lagi jika Anda mengkonsumsi makanan instan saat sahur, tentu dampak yang ditimbulkan akan lebih berbahaya lagi.

Pentingnya Buah Saat Makan Sahur

mengeluarkan racun

@cnnindonesia.com

Banyak orang melewatkan buah dalam menu sahurnya. Padahal, mengkonsumsi buah saat sahur sangat penting dan memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Buah mengandung nutrisi esensial, cukup kalori untuk energi, serta kaya serat yang berguna untuk pembersihan. Kandungan ini sangat cocok karena pada pukul 04.00 hingga 12.00 tubuh sedang dalam masa pembersihan racun serta sampah yang membusuk dalam usus besar.

Baca Juga : Sering Diabaikan, Berikut 7 Manfaat Sawi Hijau Lengkap dengan Cara Tepat Mengolahnya

Pada 12.00 hingga 20.00, proses dalam tubuh berganti menjadi pemecahan molekul makanan menjadi nutrisi yang bisa diserap tubuh. Pada masa ini tubuh membutuhkan energi lebih besar. Hal ini pula yang memicu rasa lapar dan haus mulai jam 12 ke atas. Untuk menghindari rasa lapar yang parah, Anda perlu menambah protein dan serat dalam menu sahur. Sedangkan untuk bebas dari rasa haus selama puasa, usahakan mengakhiri sahur dengan segelas air hangat.

Fase selanjutnya adalah pukul 20.00 hingga 04.00, pada  fase ini terjadi pembentukan sel-sel baru yang rusak. Namun, tubuh sudah tak memerlukan asupan makanan apapun. Makan di jam ini justru akan membuat kalori tak diolah menjadi energi, berpotensi menyebabkan obesitas dan meningkatkan gula darah. Jika benar-benar ingin makam di fase ini, baiknya Anda mengkonsumsi buah dan sayur sehat.

Namun, perlu diingat jika konsumsi buah dan sayur tak boleh sembarang konsumsi. Buah dan sayur yang mengandung toksin atau pestisida justru berpotensi membuat sel-sel makin rusak. Sebaiknya, Anda memilih buah dan sayur unggul yang didapat dari distributor terpercaya. Disinilah peran RegoPantes membantu Anda. RegoPantes membantu menyediakan buah dan sayur segar langsung dari petani. Selain itu, ada banyak keuntungan lain yang akan Anda dapat dengan berbelanja melalui RegoPantes, mulai dari turut membantu mensejahterakan petani lokal, mendapat pelayanan gratis ongkos kirim, jaminan kualitas serta harga pantas.

You Might Also Like