Kesehatan

7 Daftar Makanan Kaya Zat Besi Ini Dibutuhkan oleh Tubuh Sehari-hari, Jangan Diremehkan!

@ hellosehat.com

Zat besi merupakan salah satu asupan penting bagi kesehatan. Jika kurang asupan yang satu ini maka gangguan kesehatan seperti anemia bisa saja terjadi. Bukan hanya itu, zat besi juga sangat dibutuhkan oleh wanita agar saat haid, ia tidak mengalami yang namanya defisiensi zat besi. Untuk menghindari kekurangan zat besi, Anda bisa mengonsumsi beragam makanan sumber zat besi untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda.

Berikut ini adalah sumber makanan yang mengandung banyak zat besi guna mencukupi kebutuhan Anda akan zat sehat yang satu ini.

1. Tahu

@ resepkoki.id

Jenis makanan yang pertama adalah Tofu atau tahu. Makanan yang satu ini dibuat dari kedelai yang cukup populer terutama di kalangan vegan. Banyak sekali nutrisi yang bisa diambil dari tahu mulai zat kalsium, protein hingga zat besi di dalamnya.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan, juga menunjukkan jika kedelai bagus untuk mengurangi terjadinya resiko terkena kanker payudara, penyakit jantung hingga kanker prostat. Bukan hanya sehat, tahu juga murah meriah dan bisa ditemukan di banyak tempat.

2. Dark Chocolate

@ medicalnewstoday.com

Jenis makanan yang selanjutnya adalah Dark Chocolate. Jenis makanan yang satu ini merupakan sumber antioksidan flavonoid terbaik yang bagus untuk melindungi saraf  hingga bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Namun, bagi Anda yang mengandalkan dark chocolate sebagai sumber zat besi sebaiknya perhatikan tingkat konsumsi Anda. Dark Choclate mengandung banyak kalori sehingga tidak baik untuk berlebihan saat mengonsumsinya.

Baca juga : Meski Makanan Tinggi Lemak, 6 Bahan Ini Justru Tak Bikin Kolesterol Naik

3. Kerang-kerangan

@ hellosehat.com

Ada juga kerang-kerangan yang bagus untuk mencukupi kebutuhan akan nutrisi berupa seng, magnesium, vitamin B12 hingga zat besi. Beberapa contoh kerang-kerangan yang bisa dikonsumsi adalah kerang, udang, kepiting, lobster serta beberapa hewan bercangkang keras lainnya. Anda bisa mengolahnya sesuai selera guna mencukupi kebutuhan akan beragam nutrisi di atas.

4. Bayam

@ wacana.co.id

Ada juga bayam yang bisa dijadikan sebagai salah satu sumber zat besi bagi tubuh. Dalam 100 gram bayam terdapat berkisar 3,6 mg zat besi di dalamnya. Bebatnya lagi, bayam juga mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan terjadinya penyerapan zat yang satu ini.

5. Daging Merah

@ onesulsel.id

Anda juga bisa mengonsumsi daging merah untuk mendapatkan asupan zat besi yang sehat bagi tubuh. Mereka yang sering mengonsumsi daging jarang sekali terkena gangguan kekurangan zat besi.

6. Brokoli dan Bunga Kol

@ infobae.com

Konsumsi brokoli dan juga bunga kol, bisa menambah asupan zat besi sehari-hari Anda. Kedua bahan pangan ini juga bisa ditemukan di sekitar dengan mudah dan harga yang murah. Brokoli dan bunga kol juga bisa diolah menjadi beragam masakan sehat bagi Anda dan keluarga.

7. Biji-bijian

@ okezone.com

Kacang hingga biji-bijian merupakan produk pangan yang menyediakan zat besi bagi Anda dan keluarga. Bukan hanya itu, kedua produk pangan ini juga kaya akan protein dan juga serat yang bagus untuk menu diet sehat. Nutrisi lain yang terkandung dalam jenis makanan yang satu ini antara lain adalah vitamin B, zinc hingga potasium.

RegoPantes merupakan salah satu situs belanja yang menyediakan banyak sekali produk pangan mulai dari buah, sayur hingga produk praktis berupa madu, kopi hingga beras. Belanja di RegoPantes tidak perlu keluar rumah namun cukup lakukan pemesanan di nomor yang telah disediakan. Langkah pemesanan yang mudah tentu akan sangat membantu bagi Anda yang sibuk bekerja atau sibuk mengurus buah hati di rumah.

0 Shares

You Might Also Like