Kesehatan

Meski Makanan Tinggi Lemak, 6 Bahan Ini Justru Tak Bikin Kolesterol Naik

kolesterol, makanan berlemak

@ genpi.co

Kolesterol tinggi merupakan salah satu gejala yang sebaiknya diwaspadai. Jika kolesterol tak segera di atasi, hal ini akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh seperti memicu datangnya serangan jantung dan stroke. Lemak menjadi salah satu kandungan dalam makanan yang seringkali dikaitkan sebagai penyebab kolesterol tinggi. Namun tak semua jenis lemak akan selalu buruk bagi kesehatan. Karena ada beberapa jenis lemak sehat berupa omega 3 dan omega 6 yang bagus untuk tubuh.

Berikut ini adalah beberapa makanan dengan kandungan lemak tinggi namun aman bagi penderita kolesterol.

1. Alpukat

kolesterol, makanan berlemak

@ doktersehat.com

Alpukat merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh semua kalangan. Jenis buah yang satu ini seringkali dikonsumsi secara langsung hingga dijadikan minuman berupa jus. Buah yang satu ini memiliki kandungan berupa lemak yang cukup tinggi.

Meski demikian, kandungan lemak dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang disebut juga dengan asam oleat. Hebatnya lagi, buah alpukat juga mengandung lebih banyak kalium dibandingkan dengan buah pisang.

Alpukat juga menjadi sumber serat yang bisa diandalkan. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan beragam manfaat di dalamnya.

2. Cokelat Hitam

kolesterol, makanan berlemak

@ magazine.job-like.com

Selanjutnya adalah jenis bahan makanan yang berupa cokelat hitam. Bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan lemak yang tinggi serta beberapa kandungan sehat yang lain seperti mangan, tembaga, magnesium, serat, antioksidan hingga zat besi.

Studi menunjukkan jika mereka yang gemar makan coklat 5 kali atau lebih dalam tiap minggunya memiliki resiko penyakit jantung yang rendah. Meski demikian, pastikan untuk memilih jenis coklat dengan 70 persen kakao dan pastinya berkualitas.

Baca juga : Pangkas Lemak dalam Seminggu? Resep Menu Diet GM 7 Hari Ini Solusinya!

3. Telur

makanan berlemak, makanan tinggi lemak

@ okezone.com

Ada juga telur yang seringkali dianggap tidak sehat karena kuning telurnya yang tingi lemak. Meski demikian, penelitian menunjukkan jika kolesterol yang ada di dalam telur nyatanya tidak berpengaruh pada kolesterol dalam darah untuk sebagian besar orang.

4. Ikan Berlemak

makanan berlemak, makanan tinggi lemak

@ dream.co.id

Jenis makanan yang selanjutnya adalah ikan berlemak. Beberapa jenis ikan yang dimaksud antara lain adalah sarden, mackerel, trout, salmon, dan herring. Ragam ikan ini justru sarat akan nutrisi yang penting bagi kesehatan seperti halnya lemak omega 3.

Mereka yang gemar mengonsumsi ikan memiliki penurunan resiko terkena akan depresi, terkena penyakit jantung hingga demensia. Jika kurang suka dengan ikan beserta ragam olahannya, Anda bisa menggantinya dengan minyak ikan.

5. Kacang

makanan berlemak, makanan tinggi lemak

@ hellosehat.com

Makanan dengan kandungan lemak namun sehat yang berikutnya adalah kacang. Kacang menjadi salah satu camilan yang banyak difavoritkan. Produk makanan yang satu ini kaya akan vitamin E hingga magnesium di dalamnya. Beberapa jenis kacang yang bisa dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh antara lain adalah kenari, almond, macadamia serta jenis kacang yang lainnya.

Selain kaya akan lemak, kacang juga mengandung serat hingga menjadi sumber protein nabati.

6. Minyak Zaitun

makanan berlemak, kolesterol

@ hellosehat.com

Minyak zaitun merupakan sumber lemak baik yang juga seringkali dijadikan sebagai salah satu penunjang keberhasilan diet mediterania. Bukan hanya itu, minyak zaitun extra virgin juga memiliki kandungan sehat lainnya seperti halnya vitamin E, antioksidan hingga vitamin K yang tinggi.

RegoPantes memiliki banyak produk sehat dan pastinya berkualitas untuk mencukupi kebutuhan dapur Anda di rumah. Ragam produk di RegoPantes didapat secara langsung dari petani dalam negeri yang pastinya mampu memberikan Anda bahan pangan yang berkualitas tinggi.

You Might Also Like