Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Liver Secara Alami, 5 Jenis Makanan Ini Solusinya!

liver, cara menjaga kesehatan liver

@ baomoi.com

Liver atau yang kita kenal juga dengan sebutan organ hati memiliki peranan yang begitu penting bagi tubuh manusia. Terjadinya kerusakan atau gangguan hati bisa menyebabkan gangguan metabolisme sampai dengan gangguan diabetes tipe 2. Diperlukan langkah penjagaan yang tepat terutama dengan memperhatikan konsumsi makanan serta minuman yang diasup sehari-hari.

Akan lebih baik jika Anda menjaga kesehatan hati dengan mengonsumsi ragam bahan makanan yang bagus untuk kesehatan hati. Hal ini dilakukan supaya, hati bisa bekerja secara lebih maksimal.  Beberapa jenis makanan hingga minuman yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut.

1. Oatmeal

liver, makanan untuk liver

@ bustle.com

Jenis makanan yang pertama adalah oatmeal. Makanan yang satu ini menjadi salah satu cara mudah untuk menambahkan serat ke dalam asupan sehari-hari. Serat sendiri memiliki peranan yang penting bagi kesehatan karena baik untuk kesehatan pencernaan. Dan serat yang berasal dari gandum sangatlah baik untuk kesehatan hati. Jika tertarik menambahkan gandum atau oatmeal ke dalam makanan, ada baiknya untuk memilih jenis gandum utuh.

Jenis oatmeal olahan sendiri bisa jadi telah dicampur dengan gula dan tepung sehingga khasiatnya akan menjadi kurang maksimal.

2. Bawang putih

makanan untuk liver, cara menjaga kesehatan liver

@ mediakonsumen.com

Selain oatmeal, ada juga bawang putih yang bagus untuk kesehatan hati. Bawang putih bisa ditambahkan ke dalam makanan sehari-hari guna merangsang hati. Bawang putih juga bagus untuk mengurangi berat badan ataupun obesitas yang bisa memicu datangnya ragam penyakit lainnya.

3. Sayur dan Buah

liver, cara menjaga kesehatan liver

@ femina.co

Ada juga sayur dan buah yang bagus untuk membantu dalam menjaga kesehatan hati agar terjaga secara lebih baik. Beberapa jenis buah dan sayuran yang baik untuk hati antara lain adalah lemon, pepaya, tin atau ara, pisang, alpukat, barley, beras merah, sayuran hijau seperti halnya kale dan collard serta buah bit. Selain bagus untuk kesehatan hati, ragam buah dan sayur tersebut juga bagus untuk meningkatkan kesehatan secara umum.

Buah dan sayur sendiri bisa diolah menjadi beragam masakan hingga minuman yang segar dan menyehatkan.

Baca juga : Jangan Asal Minum, Begini Cara Mendapat Manfaat Teh Hijau Tanpa Resiko Kesehatan

4. Teh Hijau

makanan untuk liver, liver

@ akurat.co

Asupan sehat yang bagus untuk kesehatan hati lainnya adalah teh hijau. Jenis teh yang satu ini bagus untuk mengurangi kadar lemak di dalam tubuh, mengurangi tanda perlemakkan hati non-alkoholic hingga melawan stres oksidatif. Namun, penting untuk diketahui jika teh hijau adalah asupan yang lebih baik dibandingkan dengan ekstraknya. Anda harus tahu jika ada beberapa ekstrak teh hijau yang justru merusak hati dibandingkan menyembuhkannya.

5. Kopi

cara menjaga kesehatan liver, makanan untuk liver

@ okezone.com

Selanjutnya adalah kopi yang dianggap sebagai salah satu jenis minuman wajib bagi sebagian orang. Kopi sendiri merupakan salah satu asupan yang baik untuk kesehatan hati manusia. Kopi diketahui bagus untuk melindungi kesehatan dari beragam jenis masalah dimana salah satunya adalah masalah perlemakan hati. Hal ini berdasarkan ulasan dari jurnal Liver International pada tahun 2013. Dalam ulasan terkait disebutkan juga jika konsumsi ponsel bagus untuk mengurangi terjadinya gangguan penyakit kronis seperti halnya kanker hati hingga penyakit hati kronis.

RegoPantes menjual beragam jenis makanan sehat berasal dari alam seperti buah dan sayuran. Ragam produk tersebut dipasok secara langsung oleh para petani dalam negeri dengan harga yang tejangkau sehingga lebih hemat di kantong. RegoPantes sendiri merupakan salah satu situs belanja online yang bisa diandalkan untuk memenuhi ragam kebutuhan harian hingga stok di dapur, terutama saat Anda tak bisa belanja ke pasar sendiri.

You Might Also Like