Kesehatan Resep Tips

8 Manfaat Tak Terduga Cabe Keriting Bagi Kesehatan, Tak Sekadar Bahan Sambal

@ pertanianku.com

Cabe keriting merupakan salah satu jenis cabe yang banyak digunakan terutama sebagai campuran bahan masakan. Cabe yang satu ini juga banyak digunakan untuk bahan pembuatan sambal. Cabe keriting memiliki warna merah yang menyala disertai dengan tekstur bergelombang. Cabe ini juga berbentuk lurus dan memanjang

Selain dijadikan sebagai pelengkap dalam masakan, cabe keriting juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Hal ini tidak lepas dari beragam nutrisi yang ditawarkan olehnya.

Manfaat Cabe Keriting untuk Kesehatan

Ada begitu banyak manfaat cabe keriting bagi kesehatan, sebagai berikut.

1. Mengurangi Rasa Kedinginan

Manfaat cabe keriting yang pertama adalah untuk mengurangi rasa dingin. Selain dikonsumsi, Anda juga bisa mengoleskan cabe secara langsung di bagian tubuh yang terasa dingin.

2. Fosfor dan Kalsium

Manfaat yang selanjutnya adalah untuk menambah fosfor serta kalsium. Keduanya memiliki peran yang penting bagi kesehatan serta kekuatan tulang dalam tubuh. Selain cabe keriting, Anda juga bisa mengonsumsi ikan nila yang juga memiliki kandungan fosfor  tinggi di dalamnya.

3. Mampu Meringankan Sakit Kepala

@ honestdocs.id

Manfaat cabe keriting yang selanjutnya adalah untuk meringankan gejala sakit kepala serta untuk mengatasi nyeri sendi. Cabe mengandung zat capcaisin yang bagus untuk menghadang sinyal dari rasa nyeri yang muncul dari sistem syaraf ke otak. Selain menggunakan cabe keriting, Anda juga bisa memanfaatkan khasiat dari daun salam. Daun yang satu ini sangat baik digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat migrain.

4. Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat cabe keriting yang selanjutnya adalah bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cabe memiliki kandungan berupa vitamin C yang dikenal sebagai nutrisi baik untuk melindungi sel dalam tubuh dari serangan radikal bebas. Dengan mengonsumsi jenis vitamin ini secara rutin, Anda bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat terlebih saat memasuki cuaca ekstrem.

Untuk meningkatkan kesehatan serta agar tidak mudah gampang sakit, penting bagi Anda untuk mengonsumsi sayur serta buah-buahan yang kaya akan kandungan antioksidan.

Baca juga : 3 Kreasi Resep Kembang Kol Enak dan Mudah Dibuat, Dijamin Manfaatnya Luar Biasa

5. Bagus untuk Kesehatan Mata

@ republika.co.id

Kesehatan mata tentu sangat penting untuk dijaga. Sayangnya kesehatan mata akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya waktu. Cabe keriting mampu membantu Anda dalam menjaga kesehatan mata dengan kandungan vitamin A di dalamnya. Jenis vitamin yang satu ini juga bisa Anda temukan di beragam produk alam yang lain seperti halnya buah dan sayuran.

Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A di dalamnya, maka semakin sehat pula organ mata Anda.

6. Memicu Gairah Seks

Cabe keriting juga berguna untuk memicu gairah seks. Bagi Anda yang sudah menikah makan jenis cabe yang satu ini bagus untuk meningkatkan sistem syaraf serta memicu gairah seksual. Cabe merah bagus dalam meningkatkan gairah seks karena memiliki kandungan endorphin yang dihasilkannya.

7. Dapat Merangsang Nafsu Makan

@ hellosehat.com

Cabe keriting dapat pula digunakan untuk merangsang nafsu makan bagi mereka yang mengalami penurunan nafsu makan. Cabe memiliki kandungan berupa capcaisin yang bagus untuk merangsang produksi hormon endhorpin yang mampu membangkitkan rasa nikmat sera bahagia. Selain cabe, Anda juga bisa meningkatkan keinginan untuk makan dengan mengonsumsi buah naga.

8. Membuat Lendir Encer

Manfaat cabe keriting yang selanjutnya adalah untuk mengencerkan lendir. Bagi Anda yang tengah flu dan hidung tersumbat bisa menggunakan cabe ini sebagai solusi untuk mengatasinya. Selain cabe keriting, ragam jenis cabe yang lain seperti cabe rawit, cabe merah dan lainnya dapat membantu mengeluarkan lendir dengan cara membuatnya encer.

Cabe keriting memiliki kandungan zat yang bernama capcaisin. Kandungan ini bagus dapat juga untuk mereka yang mengalami gejala penyakit sinuitis serta batuk berdahak.

Kehebatan cabe telah banyak digunakan sejak zaman dulu di zaman nenek moyang. Tidak hanya berguna sebagai pelengkap dalam makanan, cabe juga bagus untuk pengobatan. Meski memiliki beragam manfaat yang bagus, namun ada baiknya untuk tidak mengonsumsi cabe secara berlebihan.

Konsumsi cabe secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Konsumsilah dengan takaran yang tepat dengan tidak berlebihan supaya Anda bisa mendapatkan manfaatnya.

Cara Menyimpan Cabe Keriting Agar Awet di Kulkas

@ kutcina.com

Cabe yang mudah busuk saat disimpan tentu membuat kesal. Cabe yang demikian akhirnya harus dibuang karena tidak akan enak untuk diolah lagi. Bagi Anda yang mengalami masalah yangserupa, berikut ini ada tips menyimpan cabe keriting yang bisa Anda gunakan untuk penyimpanan cabe keriting Anda.

  1. Langkah pertama adalah dengan memisahkan cabe keriting dari bagian tangkainya
  2. Selanjutnya, Anda bisa mengelap cabe tersebut hingga bersih. Tidak perlu mencucinya terlebih dahulu
  3. Siapkan wadah yang tertutup lalu beri alas berupa tisu di bagian bawahnya. Tambahkan juga tisu di sekeliling wadah bagian dalam
  4. Masukkan cabe keriting yang hendak disimpan ke dalam wadah. Jangan memasukkan terlalu penuh cabe ke dalamnya
  5. Tambahkan sesiung bawang putih yang telah Anda kupas di atas cabai
  6. Selanjutnya tutup wadah hingga rapat
  7. Masukkan ke dalam kulkas

Jika tisu yang Anda gunakan sudah terasa agak basah, Anda bisa menggantinya dengan tisu yang baru. Dengan langkah penyimpanan di atas, maka cabe keriting yang akan Anda simpan dapat bertahan lebih lama. Selain itu, ada baiknya jika Anda tidak menyimpan cabe bersamaan dengan cabe yang telah busuk atau hampir busuk.

Resep Membuat Sambal Cabe Keriting

@ sajiansedap.grid.id

Tertarik membuat sambal yang enak? Anda bisa coba resep berikut ini.

Sambal Merah Besar

Bahan-bahan:

  • 400 ml air
  • 6 buah cabe keriting
  • 6 buah cabai rawit merah
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan air hangat
  • ½ sendok teh garam laut

Langkah pembuatan:

  1. Langkah pertama adalah dengan memasukkan air ke dalam panci lalu didihkan. Selanjutnya masukkan cabe merah keriting serta cabai merah rawit. Tunggu sampai matang
  2. Tiriskan cabe lalu pindahkan ke dalam ulekan. Masukkan gula pasir serta garam secukupnya. Ulek sampai rata
  3. Tambahkan 2 sendok makan air hangat lalu aduk sampai tercampur
  4. Pindahkan ke dalam tempat sajian dan siap untuk dinikmati

Sambal Bajak

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 10 buah cabe rawit merah
  • 4 cabe merah besar
  • 5 cabe keriting merah
  • 2 lembar daun salam
  • 6 butir bawang merah
  • 1 batang serai lalu memarkan
  • 5 sendok makan minyak
  • 2 sendok makan air asam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1 ½ sendok teh terasi yang digoreng
  • ½ sendok teh garam

Cara pembuatan:

  1. Masukkan cabe keriting, cabe merah besar, bawang merah, cabe rawit dan terasi yang telah digoreng, lalu ulek
  2. Panaskan minyak. Tambahkan bumbu halus yakni serai, daun salam dan lengkuas. Tumis
  3. Tambahkan garam dan gula merah
  4. Tambahkan air asam
  5. Setelah matang letakkan di tempat saji

Anda terbiasa ke pasar untuk mendapatkan semua kebutuhan akan cabe keriting tersebut? kini tak usah lagi Anda repot belanja secara langsung, cukup lakukan belanja praktis melalui RegoPantes. Di sini Anda akan dijamin belanja nyaman dan pastinya mendapatkan produk berkualitas.

Semua produk di RegoPantes dikirim langsung dari para petani lokal yang terlatik dan teredukasi. Jadi tak perlu lagi Anda ragu berbelanja di RegoPantes. Karena semua kebutuhan Anda dapat diperoleh dengan mudah hanya melalui pesan WhatsApp ataupun pembelian melalui aplikasi.

You Might Also Like