Kesehatan

Familiar Didengar, Nyatanya Manfaat Cuka Apel Ini Jarang Orang Ketahui

manfaat cuka apel, khasiat cuka apel

@ pixabay

Cuka apel tak lagi asing terdengar di telinga. Cuka apel banyak digunakan terutama untuk urusan masak memasak di dapur. Cuka apel sendiri adalah sejenis cuka yang dibuat dari jus apel yang kemudian di fermentasi. Proses yang satu dilakukan dilakukan untuk mengubah gula menjadi alkohol untuk kemudian diubah lagi menjadi asam asetat.

Saat sudah selesai, air jus tersebut akan berubah menjadi kecokelatan namun dengan bau yang lebih tajam. Proses akhir pengolahan dari jus apel ini adalah perubahan menjadi asam asetat dan bukannya alkohol. Sehingga bisa dikategorikan sebagai produk yang halal.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Cuka apel memiliki banyak sekali manfaat termasuk juga manfaat dalam bidang kesehatan. Hal ini tidak lepas dari beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti zat besi, kalsium, fosfor, sodium, seng hingga potasium. Meski demikian, kandungan tersebut hanya dalam ukuran yang sedikit saja.

Adapun salah satu manfaat cuka apel untuk kesehatan adalah untuk menurunkan berat badan. Terdapat studi yang membuktikan jika saat seseorang mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dicampur dengan cuka, maka bisa membuat rasa kenyang menjadi lebih cepat muncul. Menurut perkiraan, total konsumsi orang tersebut bisa berkurang mencapai 200 sampai dengan 275 kalori setiap harinya.

Baca juga : 13 Kebaikan Apel Manalagi yang Tak Boleh Lagi Diremehkan

Menurut kabar, ada juga studi yang menyatakan jika dari 175 orang yang menderita obesitas bisa berkurang berat badannya dengan mengonsumsi cuka apel. Meski demikian, studi tersebut hanya dilakukan dalam waktu yang singkat yaitu 3 bulan saja sementara uji coba panjangnya belum bisa dipastikan bagaimana hasilnya.

Terdapat juga uji coba yang dilakukan pada hewan. Uji coba tersebut membuktikan jika cuka apel bisa membuat kadar kolesterol, trigliserida dan juga beberapa faktor yang menyebabkan serangan jantung lainnya mengalami penurunan. Meski demikian, uji coba ini masih sedikit yang dilakukan pada manusia sehingga masih belum diketahui bagaimana hasilnya. Diperlukan uji coba lanjutan untuk mengetahui hasil penggunaannya.

Manfaat Cuka Apel di Bidang Kuliner

khasiat cuka apel, manfaat cuka apel

@ hellosehat.com

Selain di bidang kesehatan, cuka apel juga bagus untuk digunakan dalam bidang kuliner. Penggunaan cuka apel sendiri bisa digunakan untuk banyak jenis olahan seperti halnya olahan untuk salad, untuk bumbu marinasi hingga digunakan sebagai zat pengawet untuk makanan secara alami.

Dalam saus Vinaigrette juga biasanya diberi tambahan berupa cuka apel di dalamnya. Selain itu banyak juga cuka apel yang digunakan untuk beragam jenis resep klasik ataupun masakan kekinian terutama untuk masakan yang berkaitan dengan kultur kuliner barat.

Jika tertarik, Anda bisa menggunakan cuka apel untuk dapat diaplikasikan pada beragam jenis resep yang hendak diolah. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan cuka apel untuk membuat beragam rujak ataupun saat Anda ingin mengawetkan makanan di dapur secara alami.

Selain untuk keperluan memasak, Anda juga bisa menggunakan cuka apel untuk membersihkan wajan ataupun untuk membuat lemari es atau kulkas menjadi lebih wangi.

Untuk mendapatkan cuka apel ataupun bahan untuk memasak lainnya, Anda bisa langsung menuju ke situs RegoPantes. Situs yang satu ini merupakan situs belanja online dengan beragam produk mulai dari sayuran hingga buah-buahan dengan harga yang murah. RegoPantes juga menjual beragam produk praktis yang siap dijadikan sebagai pasokan di dapur Anda. Langkah pemesanannya sangatlah mudah, bahkan bagi Anda yang baru pertama kali belanja di situs yang satu ini.

You Might Also Like