Kesehatan Tips

Sering Diabaikan, Berikut 7 Manfaat Sawi Hijau Lengkap dengan Cara Tepat Mengolahnya

sawi hijau

@ hellosehat.com

Ada begitu banyak jenis sayuran yang bisa diolah menjadi masakan. Salah satunya adalah sawi hijau. Jenis sawi yang satu ini bisa diolah dengan cara ditumis hingga direbus. Selain enak, Anda juga akan bisa mendapatkan banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Adapun beberapa kandungan yang bisa ditemukan di dalam sawi hijau antara lain adalah kalsium, vitamin K, vitamin A berikut dengan ragam nutrisi yang lainnya.

Mengonsumsi sawi hijau dengan takaran yang tepat, tentu Anda bisa merasakan beragam manfaat yang terkandung di dalam jenis sayuran yang satu ini.

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Dengan ragam nutrisi sehat yang terdapat di dalam sawi hijau, Anda bisa mendapatkan beragam manfaat sebagai berikut.

1. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Manfaat sawi hijau yang pertama adalah untuk mendetoksifikasi tubuh. Detoksifikasi sendiri adalah proses untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Saat kita tengah beraktivitas, tentu kita tidak tahu apa saja yang telah masuk ke dalam tubuh kita. Tanpa disadari, ada beragam zat berbahaya yang masuk dan mampu membuat kesehatan terancam.

Untuk melindungi tubuh dari ancaman kesehatan akibat racun, Anda tentu membutuhkan perlindungan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jenis makanan yang bergizi untuk dikonsumsi.

Sawi hijau memiliki kandungan serat yang tinggi dan mampu membantu untuk menyingkirkan racun yang ada di dalam pencernaan. Sedangkan kandungan sawi yang berupa klorofil, dapat membantu pengeluaran jenis racun yang lain.

2. Untuk Mencegah Kanker

@ sindonews.com

Manfaat sawi hijau yang selanjutnya adalah untuk mencegah gangguan penyakit kanker. Hal ini dikarenakan ada begitu banyak antioksidan, vitamin serta mineral yang terkandung dalam sawi tersebut.

Selain itu, Anda juga harus tahu jika jenis sayuran dengan aroma tajam seperti halnya sawi dan lobak mengandung komponen sehat berupa glucosinolate. Kandungan tersebut memiliki beragam manfaat dimana salah satunya adalah untuk mencegah pertumbuhan kanker.

Baca juga : Terkuak 9 Manfaat Labu Siam dan Pilihan Resep Menarik yang Wajib Dicoba

3. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat sawi hijau lainnya adalah untuk menjaga sistem imun tubuh. Anda pasti tahu jika sistem imun memiliki tugas untuk melindungi tubuh serta melawan patogen yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi. Adapun salah satu cara ampuh dalam melawan patogen tersebut adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh kita melalui asupan makan.

Anda bisa mengonsumsi sawi hijau secara rutin agar sistem imun bisa bekerja dengan baik melalui kadar vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Menjaga sistem imun dengan sawi hijau juga didapatkan dari sifat antiinflamasinya yang bisa mencegah peradangan supaya tidak semakin parah.

4. Menangkal Serangan Radikal Bebas

@ styl.pl

Sawi hijau mengandung antioksidan yang bagus untuk melindungi kesehatan. Meski demikian, tidak hanya sawi hijau saja yang merupakan sumber antioksidan melainkan semua jenis sawi juga memiliki kandungan tersebut.

Dengan adanya kandungan vitamin C ditambah dengan vitamin A juga senyawa yang lain, membuat jenis sayuran yang satu ini dapat menangkal serangan radikal bebas hingga melindungi sel tubuh dari terjadinya kerusakan.

5. Untuk Mengontrol Kolesterol

Manfaat sawi hijau yang selanjutnya adalah untuk mengontrol kolesterol. Tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh bisa sangat membahayakan. Adapun salah satu faktor yang meningkatkan kadar kolesterol adalah berasal dari makanan. Dengan demikian, Anda harus menjaga asupan dengan baik serta mengonsumsi jenis makanan yang mampu membantu dalam mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh.

Sawi merupakan jenis sayuran hijau yang kaya akan antioksidan yang bagus untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Sawi hijau juga bagus untuk mencegah terjadinya peningkatan kolesterol yang jahat.

6. Bagus untuk Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

@ haibunda.com

Jenis sayuran hijau seperti halnya sawi hijau bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsumsi sayur ini dapat menambah asupan asam folat di dalam tubuh. Asam folat sendiri sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena memiliki peran yang penting terhadap pertumbuhan bayi seperti untuk pembentukan DNA juga sel. Folat juga menghindarkan bayi terlahir cacat.

7. Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Manfaat sawi hijau yang selanjutnya adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Meski demikian Anda harus tahu jika manfaat sawi yang satu ini tidak memberikan manfaat secara langsung. Anda membutuhkan asupan sehat yang lainnya serta secara rutin melakukan olahraga agar penurunan berat bisa segera di dapatkan.

Ada begitu banyak manfaat sawi hijau bagi kesehatan tubuh manusia. Selain manfaat di atas, tentu masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan.

Tips Mengolah Sawi Hijau dengan Baik

Sawi merupakan salah satu bahan makanan yang seringkali kita temui dalam banyak jenis masakan. Anda bisa memasaknya sesuai dengan selera menggunakan ragam resep memasak sawi hijau yang enak dan pastinya menggugah selera.

Berikut ini adalah beragam tips bagi Anda yang ingin mengolah sawi hijau untuk dijadikan sebagai bahan masakan yang enak dan sehat. Tentunya ini juga supaya nutrisi dari sawi hijau ini tidak hilang begitu saja karena karena kesalahan mengolah.

@ sajiansedap.grid.id

1. Dibuat Jus

Salah satu tips mengolah sawi hijau yang baik yang pertama adalah dengan membuatnya menjadi jus. Anda bisa mencampurkannya dengan sayuran serta beragam jenis buah yang lain seperti halnya nanas juga wortel.

Dengan mencampurkan sawi dengan beragam sayur atau buah, maka rasanya akan lebih enak dan nutrisi yang didapatkan juga akan lebih banyak. Anda juga bisa menambahkan jus jika ingin jus yang dibuat terasa lebih manis.

2. Dengan Cara Ditumis

Cara mengolah sawi hijau yang selanjutnya adalah dengan ditumis. Meski demikian banyak orang yang mengira jika memasak sawi dengan cara ditumis akan membuat nutrisi dalam sayur tersebut menjadi hilang. Meski demikian, hal ini tidaklah sepenuhnya benar karena Anda tetap bisa mengolah sawi dengan cara ditumis dan mempertahankan nutrisi di dalamnya.

Saat menumis sawi, Anda juga bisa menambahkan jenis sayuran yang lain. Selain itu, ada baiknya untuk menggunakan sedikit minyak saja saat menumisnya.

3. Direbus atau Dikukus

Cara yang selanjutnya adalah dengan mengolah sawi dengan cara dikukus ataupun direbus, langkah ini cocok bagi Anda yang tengah menjalani program diet. Anda bisa merebus sawi ataupun mengukusnya sebentar mengingat sawi memiliki sifat yang cepat matang. Sementara itu, Anda harus tahu jika memasak sayuran terlalu matang dapat membuat nutrisinya menurun.

Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk mengolah sawi. Anda bisa menyesuaikannya sendiri sesuai dengan selera. Campurkan juga dengan bahan lainnya untuk memperkaya rasa dan gizi.

Untuk mendapatkan sawi hijau yang segar dan berkualitas, Anda bisa langsung berkunjung di situs RegoPantes. Selain sawi terdapat pula beragam sayur serta jenis produk alam yang lain seperti halnya buah-buahan. Anda juga bisa membeli keperluan lain seperti beras, madu dan lain sebagainya di RegoPantes.

Semua produk pertanian di RegoPantes langsung dari para petani lokal yang telah dibekali dengan teknologi dan cara penanaman organik yang benar. Seingga tak perlu ragu soal kualitasnya.

Mengenai harga tak perlu khawatir, karena semua produk di RegoPantes dijual dengan harga yang terjangkau. Sebab mulai dari panen hingga pengemasan dilakukan langsung oleh petani lokal tanpa ada pihak ketiga yang sering membuat terjadinya rantai kenaikan harga pasaran.

0 Shares

You Might Also Like