Kesehatan Resep

Murah dan Mudah Diolah, Ternyata 10 Manfaat Sawi Putih Ini Jarang Terungkap

@ hellosehat.com

Sawi putih merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah diolah menjadi tumisan ataupun jenis masakan yang lain. Pengolahannya juga bisa Anda beri tambahan berupa irisan cabe merah hingga bakso. Selain itu, sawi putih juga bisa diolah menjadi salah satu jenis masakan Korea yakni kimchi.

Sawi putih merupakan sayuran dengan warna pucat yang bagus untuk kesehatan lantaran memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Beberapa nutrisi yang dimaksud antara lain adalah beta karoten, magnesium, kalsium, glutamin, sumber antioksidan dan lain sebagainya. Anda bisa mengonsumsinya untuk mendapatkan beragam nutrisi di dalamnya.

Resep Sawi Putih

Bagi Anda yang tertarik dengan sawi putih, resep berikut ini mungkin bisa dicoba:

Resep Tumis Sawi Putih Sederhana

@ sajiansedap.grid.id

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 butir telur
  • ¼ sendok teh gula pasir
  • ¼ sendok teh lada putih
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 buah sawi putih yang dipotong kasar
  • 5 buah cabe rawit hijau
  • 6 buah cabe rawit merah
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 3 siung bawang putih yang digeprek

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Langkah pertama adalah dengan cara menyiapkan wajan lalu panaskan minyak goreng
  2. Selanjutnya tumis bawang putih sampai tercium aroma harum
  3. Masukkan telur lalu buat orak-arik sebentar. Masukkan cabe rawit merah dan hijau lalu masak hingga layu
  4. Tambahkan sawi putih lalu diaduk rata
  5. Jika sudah, Anda bisa memasukkan gula, garam, merica secukupnya
  6. Tambahkan sedikit air lalu aduk kembali sampai matang

Tumis Sawi Putih Saos Tiram

@ sajiansedap.grid.id

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 3 buah cabe hijau
  • 4 buah cabe merah
  • 350 gram sawi putih segar
  • 5 gram terasi udang
  • ½ buah tomat
  • 35 ml saos tiram
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • ½ sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh garam halus

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Langkah pertama adalah dengan memotong sawi dengan ukuran sesuai selera. Pastikan untuk dicuci terlebih dahulu
  2. Iris halus bawang putih juga bawang merah. Iris juga cabai merah serta cabai hijau dengan bentuk serong. Selanjutnya potong tomat dengan bentuk memanjang
  3. Panaskan minyak terlebih dahulu di wajan
  4. Selanjutnya tumis bawang merah, terasi dan bawang putih sampai harum
  5. Masukkan cabai merah serta cabe Aduk merata hingga setengah matang
  6. Masukkan sawi putih, saos tiram dan tomat
  7. Tambahkan sedikit air lalu aduk hingga merata
  8. Tambahkan gula pasir serta garam
  9. Aduk kembali sampai rata hingga matang
  10. Hidangan siap untuk disantap

Selain resep di atas, Anda juga bisa membuat ragam resep sawi putih lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beragam bahan masakan lain untuk membuat masakan Anda menjadi lebih tambah lengkap seperti daging ayam hingga bakso.

Baca juga : Cegah Bosan, 3 Kreasi Resep Cah Kangkung Lezat Ini Wajib Dicoba di Rumah

Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sawi putih memang bisa dimasak dengan berbagai resep yang lezat dan pastinya menggoda. Meski demikian, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Konsumsi sawi putih mentah membuat nutrisi dalam sayuran ini tidak akan terbuang sehingga lebih bagus bermanfaat bagi kesehatan. Adapun ragam manfaat sawi putih bagi kesehatan, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bagus untuk Kulit

@ okezone.com

Manfaat sawi putih yang pertama adalah bagus untuk kesehatan kulit. Sawi putih mentah yang dikonsumsi secara teratur mampu meminimalisir munculnya jerawat serta iritasi pada kulit dengan cara membuat aliran darah menjadi lancar.

2. Agen Antiinflamasi

Manfaat yang selanjutnya adalah untuk mengurangi rasa sakit karena peradangan. Sawi putih mengandung glutamin yang bisa mengatasi beragam jenis gangguan seperti alergi, radang, sakit kepala, demam atau bahkan gangguan kulit.

3. Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sawi putih juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi sawi ini dalam keadaan mentah. Sawi putih mengandung vitamin C yang tinggi dan mampu membuat sistem imun menjadi lebih kuat sehingga mampu menangkal ragam jenis penyakit yang berbahaya.

4. Meningkatkan Tekanan Darah

@ honestdocs.id

Sawi putih memiliki kandungan sehat berupa kalium di dalamnya. Kalium bagus untuk melindungi tubuh dari terjadinya peningkatan tekanan darah di dalam tubuh. Dengan demikian, maka resiko terjadinya serangan jantung dapat dicegah. Kalium dalam sawi putih yang mentah dapat bertindak sebagai vasolidator yang dapat membuat pembuluh darah melebar sehingga aliran darah dapat lebih lancar.

5. Bagus untuk Kesehatan Mata

Sawi putih mentah memiliki kandungan berupa beta karoten yang tinggi di dalamnya. Kandungan ini dapat mencegah terjadinya degenerasi makula atau pembentukan katarak hingga berbagai jenis gangguan mata yang lain. Beta karoten dalam sawi putih juga dapat digunakan sebagai solusi untuk gangguan kesehatan berupa kanker prostat lantaran terdapat anti karsinogenik di dalamnya.

6. Berat Badan Bisa Lebih Turun

@ hellosehat.com

Dalam sawi mentah terdapat kandungan kalori yang rendah sehingga bagus untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan salad ataupun jus. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil penurunan berat badan yang diinginkan.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat sawi putih selanjutnya adalah untuk melindungi tulang dati gangguan osteoporosis. Sayuran yang satu ini mengandung potassium, magnesium serta kalsium yang bagus untuk tulang hingga mencegah terjadinya kelemahan tulang serta masalah tulang yang lain.

8. Bagus untuk Kesehatan Pencernaan

Sawi putih bagus untuk kesehatan pencernaan terutama usus. Jika dikonsumsi secara teratur maka dapat mempercepat terjadinya proses pencernaan serta mampu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

9. Bagus untuk Jantung

@ deherba.com

Manfaat sawi putih lainnya adalah bagus untuk kesehatan jantung. Jenis sawi yang satu ini memiliki kandungan berupa potassium dan kalsium yang penting untuk mengatur tekanan darah. Sawi juga mengandung natrium yang lebih rendah sehingga bagus untuk kesehatan kardiovaskular.

10. Untuk Menjaga Sirkulasi Darah

Sawi putih merupakan salah satu jenis sayuran sehat yang dapat digunakan untuk melancarkan sirkulasi dalam darah. Sawi putih dapat menghilangkan hambatan yang ada di pembuluh darah dan membuatnya kembali normal dalam waktu yang cukup cepat.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dalam mengonsumsi sawi putih terutama dalam keadaan mentah. Jika tertarik, pastikan jika Anda telah mencuci sawi terlebih dahulu hingga bersih sebelum mengonsumsinya sebagai salad ataupun dibuat jus. Anda juga bisa menjadikannya sebagai lalapan saat makan.

Tak ingin kerepotan belanja sayuran untuk kebutuhan memasak harian? Maka langsung saja kunjungi RegoPantes. Sistem belanja online RegoPantes akan memberikan pengalaman praktis untuk Anda hanya lewat genggaman ponsel. Belanja di RegoPantes, Anda akan menemukan banyak pilihan sayur dan buah lokal berkualitas, termasuk sawi putih.

Semua produk pertanian yang tersedia pun berkualitas dan pastinya dijamin dengan harga yang pantas. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan tawar-menawar layaknya saat berhadapan dengan pedagang yang pastinya akan sangat memainkan harga. Pastikan belanja aman dan nyaman Anda hanya di RegoPantes.

You Might Also Like