Inspirasi Kesehatan Tips

Mau Diet Tapi Tetap Makan Enak? Diet DEBM Solusi yang Patut Dicoba

@ beaumonde.ge

Ada banyak sekali diet yang saat ini dikembangkan. Salah satunya diet DEBM. Bunda sudah pernah mendengar soal diet ini? Jika belum, sudah tepat bila bunda membaca artikel RegoPantes ini. Karena kesempatan kali ini akan dijelaskan secara detail soal apa itu DEBM, tips, serta apa saja menu diet ini dalam pengaplikasiannya.

DEBM sendiri bentuk singkatan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Nah, jadi diet ini akan memberikan cara enak serta kebahagiaan bagi si pelakunya, bunda. Tapi diet kok bisa membahagiakan sih? Bukannya diet itu kerap membuat pelakunya harus mengikuti semua aturan ketat di dalamnya ya. Sama saja kok bun, hanya saja pola DEBM ini lebih memberikan kenyamanan kepada bunda sebagai pelaku diet.

Menariknya, diet DEBM ini menerapkan prinsip pembatasan asupan karbohidrat, dan mengutamakan konsumsi lemak dan protein lebih tinggi. Mengapa? Penurunan asupan karbohidrat ini dianggap sebagai penyebab utama dari kenaikan berat badan. Sebut saja seperti nasi, roti, dan juga mie yang memiliki kandungan karbo tinggi.

Sehingga dimaksimalkan asupan protein hewani seperti ikan, telur, keju, dan lain sebagainya. Selain itu juga konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung protein dan lemak tinggi. Nah, bunda perlu tahu kalau di RegoPantes juga menyediakan aneka sayur dan buah-buahan segar yang kaya vitamin dan mineral bak buat tubuh.

Bahkan bunda bisa mendapatkan kualitas terbaik buah dan sayur untuk mendukung diet DEBM ini. Mengapa? Karena buah dan sayur yang disediakan langsung dikirim dari petani. Sehingga jaminan kualitas masih tetap segar sangat diutamakan. Selain kualitas, bunda akan mendapatkan harga pantas untuk setiap komoditi tersebut. Sebab RegoPantes memang benar-benar memberi label harga pantes baik buat pembeli ataupun petani sebagai produsennya.

Bunda perlu tahu, meskipun buah-buahan sangat dianjurkan dalam diet. Tapi buah yang dipercaya dan sangat dianjurkan dalam diet DEBM adalah alpukat. Karena alpukat satu-satunya buah yang memiliki kadar lemak tinggi yang sangat cocok dengan prinsip DEBM. Ibu bisa memanfaatkan alpukat mentega untuk jadi salah satu menu wajib diet unik ini. Karena alpukat ini bertekstur lembut, daging buahnya tebal dan tak berserat layaknya alpukat pada umumnya.

Cara Diet DEBM

@ Unsplash/ Though Catalog

Untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu bunda harus melakukan beberapa prinsip berikut.

1. Menjauhi makanan berkarbohidrat

Diet satu ini memang menekankan untuk menjauhi karbohidrat yang memang begitu cepat membuat berat tubuh naik. Sehingga makanan tinggi lemak dan protein sangatlah dianjurkan dikonsumsi. Asupan lemak nantinya yang akan dijadikan sumber tenaga oleh tubuh, sebagai pengganti karbohidrat.

2. Pantangan DEBM

Bunda harus tahu, diet DEBM ini mengharuskan jauhi makanan berkarbohidrat dan tinggi gula. Sebut saja seperti singkong, ubi, beras putih maupun merah, kentang, beras ketan, serta gula. Buah-buahan juga jadi pantangan diet ini, di antaranya yang dilarang adalah buah pisang, pepaya, melon, mangga, dan semangka.

3. Perbanyak konsumsi lemak dan protein tinggi

Beda dengan diet lain yang mengharuskan untuk menghindari makanan mengandung lemak, DEBM justru menganjurkannya. Seperti daging ayam, ikan, telur, keju, dan alpukat malah disarankan untuk jadi menu diet.

4. Makanan pengganti karbohidrat dan buah

Nah, soal makanan pengganti karbohidrat dan buah-buahan yang dilarang dalam diet, bunda bisa konsumsi jenis buah dan sayur lain. Untuk buah tak hanya alpukat yang bisa dikonsumsi, tetapi juga pir, apel, dan stroberi. Sementara untuk sayur, bisa seperti rebung, buncis, wortel, lobak, dan sayuran lain yang memang tak ada pantangannya.

5. Tidak melewatkan sarapan dan makan malam

Ini yang seringkali disepelekan oleh kebanyakan pelaku diet, ingin badan cepat kurus maka tak mau sarapan dan makan malam. Padahal itu salah karena sarapan tak boleh dilewatkan lho, bunda. Sarapan justru disarankan dengan mengonsumsi makanan berprotein dan berlemak. Sementara makan malam batasi asupan karbohidrat dan sebaiknya makan sebelum jam 6 sore.

Resep Variasi Menu Diet DEBM Selama Seminggu

@ Unsplash/ Lily Banse

Menu diet DEBM ini dirancang mengikuti pola makan dalam sehari, yakni pagi siang, dan malam. Varian ini dapat bunda aplikasikan selama seminggu dan bisa dijadikan panduan untuk membuat varian menu pada minggu berikutnya.

Menu Sarapan

Telur orak-arik salmon. Jika makan telur setiap pagi bosan, maka bunda bisa coba padukan dengan ikan salmon atau mungkin jenis ikan lain. Untuk menambah selera makan, boleh kok cocol dengan sedikit sambal.

Jus fiforlif. Jus satu ini tak boleh ketinggalan jadi menu sarapan ya bunda. Sebab kaya serat dan bisa menjaga perut tetap kenyang seharian dalam menjalani program diet.

Menu Makan Siang

Tumis sayur bisa jadi pilihan menu makan siang. Bunda dapat aplikasikan aneka sayur seperti buncis, wortel, brokoli, dan tomat cherry sebagai bahan utama.

Bunda hanya butuh tambahan sedikit margarin, bawang putih dicincang, serta bumbu dapur seperti sedikit garam, gula, dan saus tiram saat menumis. Ingat ya bun, tanpa memasukkan penyedap rasa.

Menu Makan Malam

Menu makan malam untuk DEBM, bunda bisa membuat kreasi soto ayam bihun shirataki. Makanan berkuah hangat ini nanti tentu akan sangat nikmat disantap pada sore atau malam hari. Ditambah shirataki pada soto ayam, maka akan menambah rasa nikmat dan sehat.

Bagaimana bunda, diet DEBM ini menarik bukan? Bisa makan makanan tinggi lemak dan protein tanpa takut gemuk. Tapi ingat ya bun, semua harus dilakukan dengan benar sesuai takaran, imbangi juga dengan olahraga. Buat yang obesitas, mungkin diet ini cocok tapi tetap konsultasikan dengan dokter.

Untuk memudahkan diet DEBM di atas, bunda tinggal kunjungi saja website belanja RegoPantes yang menyediakan beragam kebutuhan sayur dan buah segar, bumbu dapur, serta produk praktis. bahkan ada juga paket-paket khusus lainnya yang bisa jadi pilihan bunda. Kemudahan belanja akan bunda dapatkan hanya melalui pemesanan via WhatsApp, semua belanjaan bunda akan diantar langsung ke alamat tujuan di kawasan Jabodetabek.

You Might Also Like