Kesehatan Motherhood

Batuk Pilek Pada Anak? Coba Atasi dengan 5 Makanan Berikut Ini!

mengatasi bapil anak

@prosehat.com

Batuk pilek seolah sudah menjadi penyakit yang umum bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak masih senang mengkonsumsi makanan dan minuman secara sembarangan. Bukan hanya itu, terkadang anak-anak juga lalai dengan kebersihannya sehingga dapat terkontaminasi dengan mudah. Ditambah lagi dengan aktivitasnya bermain dengan teman yang mungkin menularkan virus flu dan batuk.

Nah, jika anak sudah terlanjur terserang flu dan batuk, hal yang paling ditakuti pada umumnya adalah batuk berdahak. Hal ini dikarenakan anak umumnya belum paham cara mengeluarkan dahak sehingga membuat tenggorokannya menjadi tak nyaman hingga akhirnya rewel.

Jika sudah demikian, Bunda biasanya akan langsung panik dan memberikan obat-obatan dokter. Namun, selain obat-obatan, sebenarnya 5 cara berikut cukup manjur untuk mengatasi bapil anak yang disertai dengan dahak.

1. Biji Labu

Biji Labu mengandung omega 3 dan antioksidan yang dapat menekan produksi lendir dalam tubuh. Bunda bisa memberikan biji labu yang direbus dengan sedikit garam sebagai camilan. Memberikan anak kolak labu juga dapat membantu kesehatannya cepat pulih.

2. Bawang Bombay

Kandungan quercetin dalam bawang bombay ampuh bekerja sebagai anti inflamasi akibat alergi Selain itu, quercetin juga dapat mengatasi masalah saluran pernafasan, termasuk juga mengencerkan lendir. Cara menjadikan bawang bombay sebagai obat batuk alami pun sangat mudah. Bunda hanya perlu menambahkannya sebagai bumbu masakan.

Baca Juga : Tak Semua Aman! Hindari Buah dan Sayur ini Untuk Menu MPASI Pertama Si Kecil

3. Jahe

batuk pilek, obat batuk alami

@suara.com

Tak hanya berfungsi untuk menghangatkan badan, jahe juga dapat mengatasi peradangan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Karena alasan inilah jahe yang diolah menjadi wedang dapat digunakan untuk mengobati batuk pilek pada anak. Tak hanya itu saja, jahe juga memiliki aroma yang menenangkan sehingga membuat anak tetap nyaman meski sedang pilek.

4. Nanas

Nanas merupakan sumber bromelain terbaik, yakni enzim yang berperan dalam mengatasi pembengkakan dan peradangan. Karenanya, mengkonsumsi nanas dapat membantu meringankan tenggorokan sakit saat batuk berdahak.

5. Agar-Agar

Jika makanan yang satu ini Si Kecil pasti suka kan? Sifat agar-agar yang kenyal akan membantu dahak ikut tertarik ke dalam sistem pencernaan. Agar-agar juga kaya akan serat sehingga mempermudah dahak keluar bersama feses.

Nah, itulah tadi deretan obat batuk alami yang dapat Bunda coba. Namun ingat ya Bun, jika Si Kecil sudah sembuh kesehatannya harus benar-benar dijaga. Berusahalah meningkatkan kekebalan tubuh anak dengan menyajikan makanan sehat berkualitas yang terbuat dari bahan pangan berkualitas pula.

Bingung dimana menemukan bahan pangan berkualitas? RegoPantes selalu ada untuk Bunda loh! RegoPantes membantu Bunda menemukan bahan pangan berkualitas langsung dari tangan petani. Jadi, dijamin bahan yang dikirim baru panen dan masih memiliki nilai gizi lengkap. Soal harga, jangan khawatir! Kami memberi harga pantas dengan kualitas atas. Kunjungi Kami sekarang dan dapatkan promo menariknya yuk!

You Might Also Like