Kesehatan

Sering Dianggap Menu Sehat, Deretan Makanan ini Tak Baik Dikonsumsi Bersama

menu sehat, menu sehat keluarga

@medium.com

Mulai sekarang perhatikan dengan benar menu makanan yang Anda santap. Bisa jadi Anda sudah mengupayakan menu sehat untuk keluarga tapi justru mendatangkan resiko negatif bagi tubuh karena salah mengkombnasikannya.

Beberapa jenis makanan sering dianggap sebagai makanan yang berkhasiat untuk tubuh. Namun nyatanya, jika dikonsumsi  bersamaan justru mengundang resiko negatif. Beberapa diantaranya merupakan jenis makanan yang sering disantap masyarakat Indonesia sebagai sarapan pagi.

Kombinasi Makanan yang Tak Boleh Dimakan Bersama

Makan dengan satu jenis menu tunggal memang kurang menggugah selera. Namun rupanya mengombinasikan menu makanan tak boleh sembarangan. Beberapa jenis makanan mungkin bisa menimbulkan efek kurang baik jika dikonsumsi bersamaan.

1. Pisang dan Susu

Pisang memang sudah tak lagi diragukan khasiatnya bagi kesehatan. Namun, pisang merupakan buah kaya gula yang seharusnya tak dikonsumsi bersamaan dengan jenis buah ataupun makanan lainnya. Sementara susu mengandung tinggi protein yang akan hilang kandungan nutrisinya jika dikonsumsi bersama pisang.

2. Bir dan Kacang

Saat meminum bir, maka ada zat didalamnya yang menguras cairan dalam tubuh. Hal ini menyebabkan rasa lemas hingga hilang konsentrasi. Hal ini pula yang menyebabkan pecandu bir akan terus mengisi gelasnya karena rasa haus yang tak tertahankan. Ditambah dengan kacang sebagai camilan, kondisi tubuh akan semakin parah karena kacang mengandung garam tak sehat yang memicu dehidrasi. Padahal, banyak yang mengombinasikan kacang bersama bir dengan harapan mengurangi efek mabuk.

Baca Juga : Sering Mengkonsumsi Mie Instan Bersama Nasi? Awas, 4 Bahaya Mengerikan ini Mengintai Anda!

3. Daging dan Kentang Goreng

Daging dan kentang merupakan kombinasi makanan yang sering dipesan di restoran cepat saji. Padahal, dua jenis makanan ini dicerna dengan cara berbeda. Daging membutuhkan asam agar bisa dicerna, sedangkan kentang membutuhkan cairan jenis alkatolik. Karenanya, mengkonsumsi kentang dan daging secara bersamaan justru akan membuat makanan terjebak dalam perut.

4. Roti Lapis Keju

Saat terburu-buru, menyantap roti dengan isian lembaran keju sering menjadi alternatif. Namun, rupanya hal ini beresiko mengurangi manfaat keju. Karbohidrat dalam roti mencegah kalsium diproses dengan dengan benar. Resiko lebih parah terjadi jika Anda menyantapnya bersama kopi instan karena mendatangkan kerugian bagi jantung.

Menu Sehat Keluarga yang Disarankan

makanan bergizi seimbang

@hellosehat.com

Jika Anda peduli dengan kesehatan keluarga, maka terapkan menu makanan bergizi seimbang di setiap menu harian. Dalam setiap jam makan harus ada karbohidrat, protein, sayur dan buah. Jenis sayur yang diolah juga harus dikombinasikan agar tak bosan serta mendapat gizi yang beragam.

Selain jenisnya, Anda juga harus memperhatikan kualitas bahan pangan yang akan diolah. Sebisa mungkin pilihlah produk organik berkualitas tinggi agar mendapat manfaat maksimal dari sayur dan buah tanpa perlu terpapar zat kimia.

Sayangnya, mencari bahan pangan yang benar-benar organik sedikit sulit, apalagi jika tak paham ciri bahan pangan organik asli. Nah, daripada tertipu harga mahal tapi kualitas standart, percayakan saja segala kebutuhan Anda pada RegoPantes. RegoPantes akan langsung menghubungkan Anda dengan para petani terdidik sehingga bahan pangan yang Anda terima terjamin kesegarannya. Selain itu, bahan pangan yang dikirim sudah melalui quality control sehingga Anda  dipastikan mendapat kualitas atas dengan harga pantas.

You Might Also Like