Kesehatan Tips

Non Kimia, 10 Obat Alami Ini Aman dan Efektif Mengatasi Demam Berdarah

@ twitter.com

Demam berdarah merupakan gangguan kesehatan akibat infeksi virus dengue yang ditularkan dari nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini menyebabkan jumlah trombosit turun drastis. Selain itu juga menyebabkan terjadinya pendarahan internal yang berakibat pada rusaknya sel jaringan dan organ tubuh. Maka dari itu diperlukan obat alami demam berdarah yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar.

Bahkan sebagian dari obat alami ini bisa didapatkan dari beberapa jenis sayur dan buah segar. RegoPantes akan membantu anda untuk mendapatkan bahan pangan berkualitas yang langsung dipasok dari petani lokal. Anda cuma butuh berkunjung ke situs atau aplikasi RegoPantes dan lakukan pemesanan sesuai dengan kebutuhan tanpa harus keluar rumah.

Nah, artikel RegoPantes kali ini akan memberikan edukasi mengenai obat alami demam berdarah untuk anda. Apalagi saat ini musim hujan telah tiba dan banyak kasus demam berdarah terjadi di tanah air. Yuk, simak!

Obat Berbahan Dasar Alami untuk Demam Berdarah

Ada beberapa obat alami demam berdarah yang bisa mempercepat penyembuhan terhadap pasien demam berdarah sebagai berikut.

1. Angkak

Angkak merupakan salah satu obat untuk mengobati demam berdarah secara alami. Telah banyak penelitian yang membuktikan khasiat angkak terhadap penyakit satu ini. angkak sendiri adalah salah satu jenis beras merah yang berasal dari Tiongkok lalu difermentasikan menggunakan ragi Monascus purpureus.

Melalui pemberian angkak, pasien penyakit demam berdarah bisa mendapatkan peningkatan kadar trombosit dalam tubuhnya. Alhasil, pasien bisa lebih cepat sembuh.

2. Jus Jambu Biji

@ pagebd.com

Jambu biji adalah salah satu produk alam yang memiliki banyak khasiat menguntungkan. Buah satu ini juga mudah ditemukan di lingkungan sekitar dan dijual dengan harga yang murah. Tidak jarang pula beberapa orang tertarik untuk menanamnya di pekarangan rumah. Obat alami demam berdarah berupa jambu biji mampu memicu pembentukan keping darah baru.

Bagi pasien DB, sebaiknya mengonsumsi jambu biji dalam bentuk jus. Kandungan air dalam jambu biji juga berperan sebagai pencegah dehidrasi. Jambu biji memiliki senyawa kimia alami, quercetin yang dapat menekan pertumbuhan virus dengue bagi penderita demam berdarah.

Baca juga : Luput Perhatian, Ternyata Ada 10 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

3. Daun Pepaya

Selain buahnya yang enak, tanaman pepaya juga memiliki daun serbaguna bagi kesehatan. Salah satu manfaat daun pepaya adalah untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah para penderita demam berdarah. Bukan tanpa alasan, daun pepaya diduga mampu membantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga membuatnya tidak mudah dihancurkan oleh virus penyakit dengue.

Dalam  mengobati demam berdarah dengan daun pepaya, anda bisa menyiapkan 50 gram daun pepaya lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya tumbuk sampai halus namun jangan sampai menjadi bubuk. Jika sudah, campurkan air pada daun tersebut kemudian peras. Konsumsi ramuan daun pepaya sebanyak 3 kali sehari.

4. Daun Kemangi

@ tribunnews.com

Daun kemangi merupakan tanaman sehat yang banyak dijadikan sebagai lalapan. Tanaman ini juga baik dikonsumsi oleh penderita demam berdarah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang secara otomatis baik dalam mempercepat pemulihan diri dari penyakit apapun. Untuk mendapatkan khasiatnya, penderita cukup mengunyah daun kemangi setiap hari untuk hasil yang lebih efektif.

Selain manfaat di atas, daun kemangi juga bagus dalam mengatasi bau mulut serta bau badan. Meski memiliki bau yang dianggap kurang enak saat dimakan, namun beberapa orang justru berpendapat sebaliknya.

5. Echinacea

Tanaman herbal Echinachea adalah obat alami demam berdarah selanjutnya. Tanaman ini mampu memicu peningkatan sistem kekebalan tubuh dengan cara mengoptimalkan kemampuan sel darah putih dalam menangani infeksi virus termasuk juga infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

6. Jus Jeruk

@ emag.pl

Tidak perlu jauh-jauh mencari obat untuk demam berdarah, karena jeruk yang dijadikan jus bisa pula berguna sebagai obat demam berdarah. Meski belum banyak yang tahu mengenai manfaat jeruk yang satu ini namun nyatanya jeruk memiliki kandungan sehat berupa antioksidan serta vitamin yang akan membantu mengurangi gejala penyakit akibat gigitan nyamuk satu ini.

Jus jeruk dengan kandungan sehatnya akan mengusir serta melawan virus yang terdapat di dalam tubuh pasien DB. Hebatnya lagi, kandungan vitamin C dalam buah jeruk juga berguna sebagai penstimulasi perbaikan sel tubuh sekaligus untuk melancarkan buang air kecil. Vitamin C juga bagus dalam meningkatkan daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

7. Air Kelapa

Obat alami demam berdarah selanjutnya adalah air kelapa. Air sehat satu ini merupakan obat yang efektif dan baik karena mampu mendetoksifikasi tubuh sehingga racun penyebab sakit bisa disingkirkan dari dalam tubuh.

Cara menggunakan membuat ramuan sehat dari air kelapa adalah dengan menyiapkan air kelapa secukupnya lalu campur dengan perasan jeruk nipis. Selanjutnya aduk-aduk hingga merata lalu konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari. Untuk hasil yang lebih efektif, anda sebaiknya mengonsumsi secara rutin.

8. Daun Pegagan dan Meniran

@ hellosehat.com

Daun meniran maupun daun pegagan merupakan tanaman yang banyak sekali dimanfaatkan pada ragam pengobatan tradisional, termasuk juga untuk mengobati demam berdarah.

Cara meramu kedua daun ini adalah dengan menyiapkan lalu menakarnya masing-masing 10 gram. Jangan lupa untuk dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Selanjutnya rebus dengan air sebanyak 5 gelas lalu tunggu hingga mendidih. Angkat jika air telah berkurang hingga tersisa 3 gelas saja. Konsumsi ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari masing-masing segelas hingga penyakit sembuh.

9. Daun Ketumbar

Daun ketumbar juga dipercaya dalam mengobati demam berdarah. Daun sehat satu ini memiliki fungsi dalam menurunkan demam selama infeksi penyakit terjadi.

Mengolah daun ketumbar untuk mengobati demam berdarah (DB) bisa dilakukan dengan cara menyiapkan semangkuk penuh daun ketumbar. Selanjutnya cuci hingga bersih dan siapkan pula semangkuk air. Masukkan daun ketumbar ke dalam air tersebut lalu blender halus sampai seperti jus.

Untuk hasil yang optimal, anda bisa mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Meski demikian, ramuan ini tidak dianjurkan bagi penderita alergi untuk menghindari reaksi alergi yang tidak diinginkan.

10. Jus Delima

@ okezone.com

Obat alami demam berdarah selanjutnya adalah jus dari buah delima. Buah ini mengandung punicalagin yang merupakan senyawa penting bagi kesehatan jantung serta bersifat antioksidan. Inilah kenapa jus delima seringkali dijadikan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi serta obat tekanan darah tinggi. Sementara bagi penderita demam berdarah, jus ini bagus dalam menambah jumlah trombosit.

Ada begitu banyak obat alami demam berdarah yang terdapat ditemukan lingkungan sekitar. Ragam obat alami tentunya baik digunakan, karena selain mudah ditemukan, obat-obatan tersebut juga murah sehingga tidak membuat isi kantong habis terkuras.

Tak hanya mendapat asupan obat alami demam berdarah, pastikan juga mengonsumsi makanan sehat, baik itu buah dan sayur berkualitas yang tersedia di RegoPantes. Ada banyak sekali produk pangan yang dijual di situs ini. Termasuk aneka paket khusus RegoPantes yang begitu menarik dicoba.

Harga pantas ditawarkan RegoPantes kepada konsumen juga begitu menarik perhatian. Bahkan dengan membeli aneka buah dan sayur di RegoPantes sama juga anda membantu para petani lokal.

Tanpa buang waktu dan tenaga, anda hanya tinggal pesan lewat aplikasi atau layanan via WhatsApp RegoPantes. Tak perlu tunggu lama, pesanan langsung diantar ke alamat rumah anda tanpa harus menambah biaya pengiriman. Dapatkan pengalaman belanja praktis dan ekonomis hanya di RegoPantes.

6 Shares

You Might Also Like