Kesehatan

Mudah! 4 Buah ini Ampuh Lawan Asam Lambung

mencegah asam lambung, mengobati GERD, obat alami asam lambung

@catatanmini.com

Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang sering dikeluhkan. Jika dibiarkan secara berlarut-larut, maka asam yang dihasilkan lambung akan naik ke tenggorokan hingga menimbulkan rasa terbakar atau lazim disebut GERD. Jika sudah demikian bukan hanya nafsu makan yang hilang, aktivitas harian pun akan terasa tak nyaman.

Saat asam lambung naik atau bahkan sudah berubah menjadi GERD, kebanyakan orang tak mau menyentuh buah sama sekali. Padahal, masih ada beberapa buah yang baik untuk penderita penyakit asam lambung dan bahkan justru bisa menjadi cara alami mengatasinya.

Buah untuk Menurunkan Asam Lambung

@hellosehat.com

Agar asam lambung tak meningkat, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menetralkannya dengan segera. Bukan dengan obat, sederet buah-buahan yang sudah dirangkum oleh RegoPantes.com berikut dapat digunakan untuk mengatasi GERD.

1. Melon

Buah yang satu ini memang memiliki rasa menyegarkan dan sangat cocok dikonsumsi saat suasana terik. Namun, siapa sangka dibalik rasanya yang manis dan segar buah melon juga dapat digunakan sebagai obat alami asam lambung. Melon akan mentralkan asam lambung dan mencegah kerusakan selaput lendir sehingga mencegah keasaman lambung berulang.

Sayangnya, tak semua dapat menikmati manfaat melon yang satu ini. Pasalnya, melon memiliki efek samping menurunkan tekanan darah sehingga tak cocok bagi penderita hipotensi.

Baca Juga : Bebas Kimia, Ini Dia Ragam dan Manfaat Beras Organik yang Harus Diketahui

2. Apel

Meski tak semua jenis apel, asam lambung nyatanya bisa dinetralkan dengan buah yang satu ini. Apel berasa manis, seperti apel manalagi dipercaya dapat membuat kondisi lambung lebih alkalin. Bukan hanya itu, apel juga menjadi buah tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan tetapi memiliki masalah dengan lambung.

3. Pir

Buah yang kaya air ini juga bisa menurunkan asam lambung. Kandungan serat di dalamnya juga sangat baik untuk penderita gangguan perut.

4. Pisang

Bukan hanya mudah dicerna tubuh, pisang juga memiliki kandungan potasium yang baik bagi penderita GERD. Potasium akan melapisi dinding lambung sehingga mencegah kerusakan yang lebih parah. Hal ini tentu saja sangat diperlukan karena asam bersifat mengikis atau korosif. Mengejutkannya lagi, potasium dalam pisang juga dapat memperbaiki dinding lambung yang telanjur rusak.

Pantangan bagi Penderita Asam Lambung

Meski ada beberapa buah yang dapat menetralkan asam lambung, bukan berarti semua buah aman ketika asam lambung meningkat. Anda perlu hati-hati dengan buah berasa asam seperti strawberry dan jeruk karena akan membuat kondisi Anda lebih parah.

Selain itu, mengkonsumsi susu tinggi lemak juga tak disarankan karena susu tinggi lemak sulit dicerna. Padahal, asam lambung diproduksi tubuh untuk membantu mencerna makanan. Semakin sulit makanan dicerna, maka tubuh akan mendapat sinyal untuk mengkonsumsi asam lambung lebih banyak.

Mencegah Asam Lambung Kambuh

Asam lambung bukanlah penyakit yang bisa disembuhkan secara total, melainkan bisa kambuh karena berbagai faktor pencetusnya. Oleh karena itu, pastikan Anda menghindari faktor penyebab asam lambung agar tak mendapat serangan ulangan. Adapun yang perlu Anda perhatikan agar asam lambung tak lagi meningkat antara lain:

  1. Hindari stress.
  2. Jangan lupakan sarapan.
  3. Hindari makanan berminyak, soda dan coklat.
  4. Hindari makanan dan minuman yang berasa asam.
  5. Istirahat cukup.

Sudah tahu cara mengobati asam lambung bukan? Namun, tetap ingat jika asam lambung dan GERD bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh. Anda tetap harus mengunjungi dokter jika menemui gejala seperti pusing yang tak tertahankan, mual, muntah berlebihan, pucat, lesu, demam atau berat badan turun secara drastis.

0 Shares

You Might Also Like