Kesehatan

5 Macam Buah Ini Bisa Jadi Obat Batuk Herbal, Lebih Aman dari Obat Kimia

obat batuk, cara mengatasi batuk

@ antero.co

Batuk memang bisa sangat menjengkelkan. Apalagi jika kita tengah disibukkan dengan ragam aktivitas harian. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir karena ada begitu banyak obat batuk yang bisa ditemukan di pasaran. Namun, bagi Anda yang kurang percaya dengan obat batuk lantaran campuran bahan kimia di dalamnya, Anda bisa memanfaatkan ragam obat batuk alami yang manjur digunakan.

Berikut ini ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk meredakan batuk yang mengganggu.

1. Jambu Biji

cara mengatasi batuk, obat batuk herbal

@ okezone.com

Buah yang bagus untuk meredakan batuk yang pertama adalah jambu biji. Buah yang satu ini kaya akan kandungan sehatnya berupa zat besi dan vitamin C. Kedua nutrisi ini bagus digunakan untuk mencegah sekaligus meredakan batuk yang mengganggu. Hebatnya lagi, kandungan dalam jambu biji juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk melawan infeksi.

Dalam penelitian yang telah dilakukan, jus jambu biji yang segar ditambah dengan rebusan daun jambu biji bagus untuk meredakan batuk sekaligus pilek. Bahan ini dapat digunakan untuk mengurangi lendir yang ada di tenggorokan serta membunuh virus ataupun bakteri yang menjadi penyebab batuk terjadi.

2. Apel

obat batuk, obat batuk herbal

@ hirtv.hu

Selanjutnya ada juga buah apel. Buah yang satu ini bagus untuk meredakan batuk degan cara dibuat menjadi jus atau dimakan secara langsung. Pada penelitian yang telah dilakukan, kandungan flavonoid dalam buah apel bisa mengurangi terjadinya gejala serta iritasi yang terdapat pada saluran pernapasan yang merupakan penyebab dari batuk itu sendiri.

Bukan hanya untuk meredakan batuk, apel juga bagus untuk kesehatan secara keseluruhan sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

Baca juga : Tak Perlu Obat-obatan, Nanas Bisa Jadi Pilihan Tepat Mengobati Batuk Anak

3. Kiwi

obat batuk herbal, obat batuk

@ memes.com

Buah kiwi dianggap sebagai salah satu buah dengan sumber vitamin serta mineral yang baik. Buah yang satu ini memiliki ragam kandungan nutrisi yang bagus untuk meredakan penyakit batuk. Dalam riset yang telah dilakukan, buah kiwi bagus untuk melancarkan saluran pernapasan hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Nanas

cara mengatasi batuk, obat batuk

@ cn.dreamstime.com

Ada juga buah nanas yang memiliki kandungan sehat berupa vitamin B, vitamin C, mangan serta bromelain. Ragam komponen yang dikandung oleh buah nanas bagus untuk mengencerkan dahak, melegakan saluran napas, melawan infeksi hingga menenangkan batuk.

Jika Anda tertarik menggunakan nanas untuk meredakan batuk, Anda bisa menyiapkan buah nanas untuk dijadikan jus atau bisa juga dengan dikonsumsi secara langsung. Campur dengan garam, madu atau bahkan jahe untuk meningkatkan efektifitasnya.

5. Lemon

cara mengatasi batuk, obat batuk herbal

@ amazon.com

Anda juga bisa memanfaatkan lemon yang kaya akan kandungan vitamin C-nya untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan sekaligus untuk melumasi tenggorokan. Dalam suatu studi yang telah dilakukan, konsumsi air lemon ataupun menghisap sepotong lemon bisa meredakan batuk hingga sakit tenggorokan. Anda juga bisa mencampurkannya dengan air hangat ditambah dengan madu.

Selain ragam buah di atas, masih ada beberapa jenis buah-buahan lainnya yang bagus untuk meredakan batuk. Selain itu, ada baiknya juga untuk memperhatikan konsumsi harian Anda. Pastikan untuk mengonsumsi ragam makanan sehat agar batuk segera hilang. Hindari juga ragam makanan ataupun minuman yang buruk bagi kesehatan hingga membuat batuk semakin parah.

RegoPantes menjual beragam jenis buah hingga sayuran yang bagus untuk menjaga kesehatan sekaligus stok memasak Anda di rumah. Langkah pemesanan juga mudah dilakukan dan tentunya ada beberapa promo menarik yang siap membuat Anda lebih hemat berbelanja. Tersedia juga ragam produk praktis mulai dari beras, madu serta kopi yang siap melengkapi stok Anda di rumah.

0 Shares

You Might Also Like