Kesehatan

Waspadai, 7 Hal Tak Terduga Ini Jadi Penyebab Kolesterol Tinggi

@ pfimegalife.co.id

Kolesterol tinggi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sebaiknya diwaspadai. Kolesterol bisa disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang barangkali Anda sendiri tak menyadarinya. Kolesterol tinggi juga bisa terjadi karena beberapa hal lainnya sebagai berikut.

1. Kebiasaan Merokok dan Alkohol

@ timesindonesia.co.id

Apakah Anda gemar merokok dan minum alkohol? Jika iya Anda harus berhenti sekarang juga. Anda harus tahu jika asap dan juga racun yang ada di dalam rokok bisa menyebabkan terjadinya kolesterol jahat menjadi meningkat naik di luar batas yang wajar.

Tidak hanya bagi perokok aktif, namun perokok pasifpun juga bisa kena. Keduanya bisa mengalami yang namanya penyumbatan pembuluh darah arteri yang berakibat pada terjadinya beragam masalah jantung seperti halnya diabetes dan tekanan darah tinggi.

Selain merokok, konsumsi alkohol juga harus ditinggalkan. Konsumsi minuman ini secara berlebihan bisa berakibat pada pada kolesterol LDL juga trigiliserida naik tajam.

2. Jenis Penyakit Tertentu

@ cnbc.com

Ada beberapa jenis penyakit tertentu yang bisa membuat kolesterol menjadi lebih tinggi seperti halnya diabetes, gangguan kelenjar tiroid, penyakit hati dan ginjal serta tekanan darah tinggi. Pengobatan dengan obat tertentu juga bisa menyebabkan naiknya kolesterol jahat sekaligus menurunkan kolesterol baik. Beberapa jenis obat-obatan yang dimaksud adalah kortikosteroid dan anabolik.

3. Adanya Riwayat Genetik

@ doktersehat.com

Jika Anda merasa kolesterol tinggi namun bukan karena kebiasaan buruk atau penyakit tertentu, maka bisa jadi riwayat genetiklah penyebabnya. Bisa jadi jika kolesterol tinggi yang dialami adalah berasal dari nenek, kakek atau bahkan orang tua.

4. Usia

@ okezone.com

Selain beberapa penyebab di atas, usia juga menjadi salah satu penyebabnya. Semakin bertambah usia seseorang maka kadar kolesterol jahat di dalam tubuh juga akan semakin bertambah. Hal ini juga dipengaruhi oleh semakin turunnya fungsi dan metabolisme dalam tubuh.

Tidaklah heran jika mereka yang berusia lanjut dapat memiliki tingkat kolesterol LDL yang lebih tinggi dibandingkan anak-anak muda. Anda juga harus tahu jika kadar LDL dalam tubuh manusia bisa mulai meningkat saat usia telah menginjak angka 20.

Baca juga : Sangat Mudah Dicoba, 5 Bahan Alami ini Ampuh Turunkan Kolesterol

5. Fast Food

@ deherba.com

Fast food merupakan salah satu makanan tidak sehat namun banyak digemari lantaran rasanya yang menggugah selera dan banyak ragamnya. Fast food ataupun junk food sama-sama tidak baiknya karena mengandung beberapa bahan penyebab gangguan kesehatan mulai dari tinggi gula, tinggi garam, lemak tak jenuh hingga lemak trans. Supaya kolesterol tidak mengalami kenaikan secara terus menerus mulailah ganti konsumsi Anda dengan makanan yang sehat.

6. Kurang Bergerak

@ hellosehat.com

Kebiasaan menghabiskan waktu dengan bermain game, menonton TV hingga duduk leyeh-leyeh saja membuat kita menjadi kurang gerak. Akibatnya kolesterol bisa saja naik apalagi jika dipadu dengan kebiasaan makan tidak sehat Anda. Anda harus tahu jika tumpukan lemak yang dibiarkan, akan terus mengendap di dalam tubuh jika Anda kurang olahraga atau bergerak.

7. Obesitas

@ theconversation.com

Tidak hanya membuat penampilan menurun, kelebihan berat badan juga memicu datangnya penyakit. Beberapa gangguan kesehatan yang dimaksud adalah penyakit jantung hingga kolesterol tinggi. Kelebihan berat badan sendiri bisa terjadi karena kurangnya olahraga hingga pola makan yang buruk.

Jaga diri Anda dengan melakukan olahraga teratur dan yang pastinya konsumsi sayur dan buah sehat yang bagus untuk menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh anda. Adapun untuk mendapatkan beragam sayuran dan buah-buahan sehat, anda bisa langsung menuju ke situs RegoPantes. Buah dan sayur di RegoPantes didapat langsung dari petani sehingga anda bisa mendapatkan produk yang sehat dan pastinya berkualitas tinggi.

You Might Also Like