Kesehatan Resep

Simpan Ragam Manfaat, 3 Pilihan Resep Ubi Cilembu Ini Sangat Menarik Dicoba

@ baomoi.com

Ubi cilembu merupakan salah satu jenis ubi yang cukup populer di Indonesia. Ubi yang satu ini dinamakan dengan ubi cilembu karena hanya tumbuh di desa Cilembu, sebuah desa yang terletak di Sumedang, Jawa Barat. Meski demikian, Anda yang berasal dari luar Jawa Barat tetap bisa menikmati ubi ini karena penjual ubi cilembu cukup banyak ditemukan.

Ubi cilembu memiliki rasa yang manis dibandingkan dengan jenis ubi yang lain. Aroma dari ubi yang satu ini juga sangat menggoda. Ubi cilembu juga memiliki ukuran yang panjang-panjang, lebih berurat dan jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis ubi yang lain. Ciri lain dari ubi cilembu adalah teksturnya yang lembut serta rasa manis dengan rasa madu. Tidak heran jika ubi yang satu ini juga dikenal dengan ubi madu.

Manfaat Ubi Cilembu Bagi Kesehatan

Ada begitu banyak manfaat Ubi cilembu bagi kesehatan, beragam manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Bagus untuk Kesehatan Ginjal

Manfaat ubi cilembu yang pertama adalah bagus untuk kesehatan ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ yang penting terutama untuk melancarkan proses pencernaan. Jika ginjal dapat berfungsi dengan baik maka proses pencernaan dalam tubuh juga menjadi lebih baik dan lancar. Ubi cilembu juga bagus untuk menghindarkan organ yang satu ini dari beragam gangguan seperti gagal ginjal, batu ginjal serta jenis gangguan yang lain.

2. Baik Bagi Penderita Diabetes

@ dietdoctor.com

Manfaat ubi cilembu yang selanjutnya adalah bagus untuk penderita diabetes. Meskipun ubi cilembu memiliki rasa yang manis, namun penderita diabetes tidak perlu khawatir. Kandungan gula yang terdapat dalam ubi ini tidaklah berpengaruh terhadap kadar gula yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian, penderita diabetes bisa aman saat mengonsumsi ubi lezat yang satu ini.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Ubi cilembu memiliki kandungan sehat berupa zat besi di dalamnya. Kandungan tersebut bagus untuk melancarkan peredaran darah sekaligus untuk mencegah gejala-gejala anemia seperti halnya mudah lelah, pusing, mudah mengantuk dan lain sebagainya.

4. Bagus untuk Kesehatan Tulang, Otot dan Syaraf

Manfaat ubi cilembu yang selanjutnya adalah bagus untuk kesehatan otot, kesehatan syaraf hingga bagus untuk tulang. Hal ini dikarenakan, ubi yang satu ini memiliki kandungan sehat berupa magnesium di dalamnya.

5. Untuk Sumber Energi

Ubi cilembu memiliki kandungan berupa protein, lemak, karbohidrat dan beberapa jenis mineral lainnya. Kalori dalam ubi ini juga cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan kalori harian. Selain itu, kandungan karbohidrat dalam ubi ini juga bagus untuk memasok sumber energi bagi tubuh.

6. Mencegah Gangguan Penyakit Kanker

@ indobio.online

Ubi cilembu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut dapat digunakan sebagai pencegah beragam jenis penyakit termasuk juga kanker. Ubi ini juga bagus dalam mencegah gangguan penyakit berbahaya lainnya seperti halnya tumor. Dengan mengonsumsi ubi cilembu secara rutin maka resiko terkena kanker akan berkurang hingga memperlambat pertumbuhan tumor.

Baca juga : Kehabisan Ide untuk Menu Buka Puasa? 3 Resep Olahan Ubi Ini Patut Dicoba

7. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan potasium dalam ubi cilembu memiliki manfaat yang bagus dalam mencegah penyakit jantung. Potassium dapat membantu menjaga detak jantung agar tetap normal. Konsumsi jenis ubi ini juga mampu melindungi Anda dari gangguan jantung seperti gagal jantung hingga serangan jantung.

8. Mencegah Depresi

Ubi cilembu memiliki kandungan sehat yang bagus untuk dikonsumsi bagi Anda yang mengalami tekanan, stres juga depresi. Dengan manfaat tersebut, maka stres serta depresi bisa perlahan menurun hingga kemudian menghilang.

9. Untuk Anti Penuaan

@ magazine.job-like.com

Antioksidan dalam ubi cilembu bagus untuk mengatasi masalah penuaan. Ubi ini bisa digunakan untuk mencegah terjadinya proses penuaan ataupun aging. Dengan demikian, Anda bisa terlihat awet muda dengan tanpa-tanda penuaan yang disamarkan. Selain sebagai anti penuaan, ubi ini juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Mengonsumsi ubi cilembu secara rutin membuat kulit nampak lebih halus, cerah dan juga kenyal. Bagi Anda yang ingin awet sehat dengan kulit cantik, tentu ubi cilembu bisa dijadikan sebagai salah satu solusinya.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dalam meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit, Anda bisa mengonsumsi ubi cilembu secara rutin. Daya tahan tubuh yang baik membuat aktivitas Anda lebih lancar karena jauh dari penyakit demam, batuk, influenza dan lain sebagainya.

Selain beragam manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa Anda temukan dalam ubi cilembu.

Aneka Resep Ubi Cilembu Enak dan Nikmat

Ada beberapa resep ubi cilembu yang bisa Anda jadikan sebagai camilan nikmat bagi keluarga, seperti yang berikut ini:

1. Ubi Goreng Krispi

@ okezone.com

Untuk kreasi yang satu ini, Anda bisa menyiapkan ubi cilembu yang dilumuri menggunakan adonan dari vanili, air, gula pasir dan telung terigu terlebih dahulu. Selanjutnya gulingkan dalam tepung panir sebelum di goreng. Masak sampai matang atau kecoklatan. Ubi goreng krispi memiliki rasa yang manis, renyah dan gurih. Anda juga bisa mencocolnya ke dalam saus sampal agar lebih mantap. Selain itu taburi pula dengan parutan keju.

2. Ubi Cilembu Goreng Bawang

Resep ubi cilembu yang selanjutnya adalah ubi cilembu goreng bawang. Resep yang satu ini membutuhkan beberapa bahan seperti halnya ubi cilembu mentah, garam dan bawang putih. Jika bahan sudah disiapkan, Anda bisa memotong ubi dengan bentuk seperti stik kentang lalu taburi bubuk bawang putih serta garam secukupnya. Tunggu sampai kurang 10 menit supaya bumbunya meresap sempurna.

Goreng ubi cilembu hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Selanjutnya tusuk ubi menggunakan spatula untuk mengetes kematangannya. Sajikan dan nikmati saat masih hangat.

3. Cake Ubi Cilembu

@ pinterest.com

Selain digoreng dengan kreasi di atas, Anda juga bisa membuat cake ubi cilembu. Bumbu yang perlu disiapkan cukup sederhana dan mudah untuk olah. Jika tertarik, Anda bisa mengolahnya dengan cara mencampur ubi dengan gula pasir, susu bubuk, terigu, telur, maizena, garam, vanili serta minyak goreng sampai rata. Selanjutnya masukkan adonan ke dalam loyang lalu kukus adonan tersebut selama kurang lebih setengah jam.

Cake ubi cilembu siap untuk dinikmati untuk sajian lezat bagi keluarga. Cake ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur lembut dan moist.

Selain beragam resep di atas, Anda juga bisa mengolah ubi cilembu dengan berbagai resep lainnya. Selain enak, ubi ini juga kaya akan nutrisi yang membuat tubuh lebih sehat.

RegoPantes menyediakan beragam produk sehat berupa sayuran dan buah-buahan dari petani lokal dengan kualitas unggulan. Jika tertarik mendapatkan sayur serta buah dengan harga terjangkau, Anda bisa segera berkunjung di situs belanja online satu ini.

RegoPantes  juga dilengkapi dengan proses pembelian dan pembayaran yang mudah. Anda tinggal melakukan pemesanan aneka buah, sayur, beras, hingga bumbu dapur yang dibutuhkan, maka produk akan segera dikirimkan ke alamat tujuan.

You Might Also Like