Kesehatan Resep Tips

Sayur Kale, Terdengar Asing Tapi 10 Manfaatnya Ini Pantang Diremehkan

@ totalbuah.id

Mungkin sebagian dari Anda masih jarang mendengar nama sayur kale. Padahal jenis sayur yang satu ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh lantaran kandungan nutrisinya yang tinggi. Jika Anda belum tahu dan belum pernah mencobanya, maka tidak ada salahnya untuk mulai mencoba sekarang.

Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat dari sayur kale yang bagus untuk kesehatan sekaligus kecantikan yang tidak boleh dilewatkan. Ragam manfaat tersebut antara lain adalah:

1. Untuk Memudarkan Mata yang Menghitam

@ idol.mk

Memiliki kantong mata menghitam yang mengganggu? Maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakan sayur kale untuk mengatasinya. Sayur kale memiliki kandungan berupa vitamin C yang sangat melimpah dan bagus untuk memudarkan flek hitam di kantong mata.

2. Membuat rambut nampak lebih berkilau

Sayur kale juga kaya akan kandungan omega 3 serta omega 6. Kandungan ini bagus untuk mempersehat kulit rambut dan membuat rambut Anda semakin berkilau dan sehat. Konsumsi jenis sayur ini juga bagus untuk menghindarkan rambut dari beragam masalah seperti rambut rontok hingga ketombe.

3. Anti inflamasi

@ republika.co.id

Manfaat sayur kale yang selanjutnya adalah sebagai antiinflamasi. Sayur kale mengandung omega 3 dan omega 6 yang dapat dijadikan sebagai antiinflamasi bagi tubuh.

4. Memperlancar proses metabolisme

Sayur kale mengandung banyak nutrisi mulai dari beragam vitamin, omega 3, omega 6, zat besi, Na, fosfor dan lain sebagainya. Jika dikonsumsi secara teratur, jenis sayur ini bisa menjadi nutrisi yang tepat bagi kesehatan tubuh. Ragam kandungan tersebut juga baik untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh.

5. Bagus untuk tulang

@ deherba.com

Jenis sayur yang satu ini bagus untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Dibandingkan harus mengonsumsi suplemen yang berlebihan, akan lebih baik jika menjadikan kale sebagai konsumsi sehat untuk kesehatan tulang anak.

6. Untuk mencegah anemia

@ hellosehat.com

Konsumsi sayur kale juga bagus untuk mengatasi anemia. Anemia sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang akan sangat mengganggu aktivitas harian jika dibiarkan. Konsumsi sayur kale untuk mencegah datangnya gangguan ini.

7. Sebagai detoksifikasi

Sayur kale dapat digunakan untuk menghilangkan racun serta menghancurkan racun yang ada di dalam tubuh. Dengan hilangnya racun di dalam tubuh, maka tubuh akan terhindar dari penyakit mulai dari gangguan yang ringan hingga yang berat sekalipun.

8. Bagus untuk kesehatan rongga mulut

@ resepkoki.id

Konsumsi sayur kale bagus digunakan untuk menjaga kesehatan rongga mulut seperti halnya mencegah sariawan, melindungi enzim ataupun menaga kondisi gusi. Sayur kale juga dapat digunakan untuk membantu proses produksi air liur.

9. Bagus untuk kesehatan kulit

@ freundin.de

Bagi Anda yang menginginkan kulit selalu sehat dan mulus, bisa mengonsumsi jenis sayur yang satu ini. Sayur kale sendiri mengandung vitamin A yang bisa dinikmati sebagai salad guna merawat kulit. Manfaat sayur kale yang satu ini tentu banyak diincar oleh kaum hawa.

10. Bagus untuk kesehatan mata

Manfaat sayur kale yang selanjutnya adalah bagus untuk kesehatan mata. Jenis sayur yang satu ini bisa diolah menjadi jus untuk meningkatkan kesehatan mata Anda. Anda harus tahu jika sayur kale memiliki kandungan berupa vitamin A yang kandungannya kurang lebih setara dengan wortel.

Selain manfaat di atas, sayur kale juga memiliki banyak manfaat yang lainnya.

Tips Mengolah Sayur Kale

@ detik.com

Beberapa orang cenderung tidak suka dengan sayur kale lantaran rasanya yang agak pahit. Selain itu, tekstur sayur ini juga lebih kasar dibandingkan dengan sawi. Meski demikian, Anda tetap bisa mengolahnya menjadi sajian yang lezat asal tahu bagaimana caranya.

Sayur kale yang tidak segera diolah sebaiknya dicuci dulu lantaran daunnya yang  cepat rusak jika terkena air. Selanjutnya bungkus tisu dengan cara memasukkannya ke dalam kantong plastik lalu simpan di kulkas kurang lebih 3 sampai 5 hari.

Jika Anda menyimpan sayur ini terlalu lama, maka aroma dari sayur akan meningkat menjadi lebih tajam. Selain itu rasanya juga akan cenderung pahit. Inilah kenapa ada baiknya jika Anda membeli secukupnya saja untuk sekali olah.

Sebelum dilakukan pengolahan, Anda bisa mencuci kale hingga bersih lalu buang bagian daun yang busuk serta kuning. Tiriskan lalu lap dengan tisu dan masukkan ke dalam salad spinner. Buang bagian tulang daun yang keras lalu potong-potong atau sobek-sobek daun kale dengan ukuran yang sedang.

Resep Sayur Kale Enak

@ pinterest.com

Sayur kale bisa dimasak dengan banyak cara. Jika tertarik, mungkin Anda bisa mencoba salah satu resepnya yaitu sup kacang merah dengan kale.

Bahan yang digunakan:

  • 50 gram seledri cincang
  • 3 sdm minyak zaitun
  • 150 gram bawang bombay cincang
  • 65 gram wortel yang dipotong-potong
  • 1 sdt rosemary segar yang dicincang halus
  • ½ sdt garam yang di bagi 2
  • 1 sdm cuka anggur merah, bisa diganti dengan cuka apel
  • 2 siung bawang putih yang dicincang
  • ½ sdt biji lada hitam yang digiling
  • Seikat kale
  • 15 ons kacang merah yang direbus
  • 15 ons kacang hitam yang direbus

Cara memasak sup kacang merah dan sayur kale:

  1. Langkah yang pertama adalah dengan memanaskan panci dalam api sedang. Tuangkan ke dalamnya minyak zaitun lalu masukkan wortel, bawang bombay, seledri dan tumis selama 6 menit
  2. Tambahkan bawang putih juga garam lalu masak selama 1 menit. Masukkan 3 cangkir kaldu juga sayur kale. Selanjutnya didihkan dan kecilkan api. Masak sampai sayur kale garing-lunak
  3. Tambahkan setengah kacang hitam serta sisa kaldu sayuran ke dalam food processor.
  4. Tambahkan puree kacang hitam dan juga sisa kacang hitam dan kacang merah ke dalam panci sup. Masukkan lada lalu didihkan dan diamkan selama 5 menit.
  5. Tambahkan sisa cuka, garam juga rosemary. Sajikan saat panas

Selain resep di atas, Anda juga bisa memasak sayur kale dengan banyak cara mulai dari dijadikan sebagai jus, campuran sop atau bahkan dengan cara ditumis.

Adapun untuk mengurangi rasa pahit yang dihasilkan oleh sayur kale, Anda bisa mencampurkan daun kale dengan air jeruk ataupun apel serta lemon. Dengan demikian maka jus sayur kale akan menjadi lebih segar sekaligus lebih enak juga bernutrisi tinggi.

Bingung untuk mendapatkan sayur kale terbaik? Anda tak perlu lagi ragu untuk belanja hemat dan praktis hanya di RegoPantes. Anda akan menemukan kale di situs belanja online satu ini. Produk kale yang dimiliki RegoPantes dijamin berkualitas. Pasalnya semua sayur kale yang tersedia dalam kondisi segar langsung diambil dari petani lokal.

Apakah hanya sayur kale yang tersedia? Tidak, RegoPantes juga menyediakan aneka buah dan sayuran segar dengan kualitas terjamin. Bahkan tersedia juga beras hingga bumbu dapur yang pastinya Anda butuhkan. Dengan belanja di RegoPantes, Anda tak hanya dapat jaminan barang berkualitas, tapi juga harga pantas yang memang sudah diperhitungan baik bagi petani maupun Anda selaku konsumen.

You Might Also Like