Inspirasi Kesehatan Untuk Bunda

Sering Diabaikan, Ternyata Ada 12 Manfaat Dahsyat Tomat untuk Ibu Hamil

@ twitter.com

Hamil menjadi satu momen membahagiakan bagi setiap ibu. Sehingga tak mengherankan bila selama kehamilan, seorang ibu akan begitu antusias menjaga kandungannya secara maksimal, termasuk perihal makanan yang jadi asupan. Salah satu buah yang bagus bagi ibu hamil adalah tomat. Karena ada banyak manfaat tomat untuk ibu hamil.

Mungkin selama ini banyak yang tak menyadari akan manfaat tomat untuk ibu hamil. Hanya ada dari sebagian orang mengenal tomat sebagai salah satu buah dan sayur yang memiliki manfaat sehat secara general. Tapi pada kenyataannya, ibu hamil justru dianjurkan makan tomat lantaran ada begitu beragam manfaatnya terkait kehamilan.

Tomat menjadi salah satu komoditas pangan yang tersedia juga di RegoPantes, maka bunda bisa dengan mudah mendapatkannya tanpa perlu ribet belanja langsung ke pasar. Hanya melalui aplikasi dan website RegoPantes, maka bunda bisa pesan tomat beserta aneka kebutuhan pangan dari hasil pertanian seperti buah-buahan, sayuran, beras, serta bumbu dapur lainnya.

1. Kaya Vitamin C dan Zat Besi

Tomat memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang memiliki fungsi baik bagi tubuh. Selain itu, juga ada manfaat tomat untuk ibu hamil lantaran kandungan tersebut. Zat besi akan sangat dibutuhkan bagi ibu hamil lantaran memberikan peran dalam proses pertumbuhan janin serta mencegah kelahiran prematur.

Sementara vitamin C pada tomat akan membantu menjaga kondisi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Selain itu, mencegah sariawan dan juga membantu memperbaiki jaringan sel kulit.

2. Sumber Asam Folat

@ 4muda.com

Tak hanya memiliki kandungan vitamin C, tomat juga termasuk buah yang mengandung asam folat. Zat inilah yang juga dibutuhkan oleh ibu hamil karena dapat mencegah cacat lahir pada bagian otak bayi.

3. Menghidrasi Tubuh

Tomat memiliki kadar air terbilang banyak yang bisa menghidrasi tubuh bunda selama masa kehamilan. Tak hanya itu, kandungan air pada tomat akan bantu melembabkan kulit yang bisa saja berubah kering saat hamil.

4. Mencegah Masalah saat Kehamilan

@ kanal24.az

Saat pemenuhan zat yang dibutuhkan oleh tubuh semasa kehamilan, akan mengakibatkan resiko penyerta yang mungkin dialami ibu hamil. Seperti halnya kekurangan kalsium pada bumil akan menyebabkan kram, tulang keropos, lambatnya perkembangan janin, dan pertumbuhan tak sempurna janin. Maka dari itu, dengan konsumsi tomat maka kebutuhan akan kalsium harian ibu hamil akan terpenuhi.

5. Membentuk Plasenta dan Sel Darah Merah

Manfaat tomat untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu memenuhi kebutuhan zat besi yang akan mengalir pada janin hingga membentuk plasenta. Pasalnya, bumil akan memerlukan kadar zat besi 200-300 persen. Vitamin C pada tomat nantinya akan membantu penyerapan zat besi guna membentuk sel darah merah dan plasenta.

6. Mengatasi Hipotensi Ibu Hamil

@ twitter.com

Tekanan darah rendah pada ibu hamil bisa dibilang sangat rentan. Pasalnya, perkembangan janin dalam kandungan akan menekan pembuluh darah besar hingga membuat volume pada sistem darah meluas. Dampaknya membuat tekanan darah ibu jadi menurun.

Konsumsi tomat akan membantu mengatasinya. Sebab kadar garam, bioflavonoid, dan likopen pada buah satu ini akan membantu mengatasi hipotensi yang terjadi.

7. Pembentukan Sel Otak Janin

Manfaat tomat untuk ibu hamil yang mungkin tak disadari oleh para bunda adalah dapat membantu pembentukan sel otak janin secara maksimal. Pasalnya ada kandungan likopen yang bermanfaat bagi perkembangan sel pada janin. Likopen ini bersifat antioksidan yang memegang peranan penting suplai oksigen sehingga sel-sel tubuh berkembang baik. Tak hanya itu, protein pada tomat akan membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil.

8. Mengatasi Anemia

@ geronimo.info

Manfaat tomat berikutnya adalah mengatasi anemia atau kurang darah pada ibu hamil. Sebab tomat mempunyai kandungan kompleks seperti vitamin, karbohidrat, mineral, serta protein yang akan membuat bumil terjaga kesehatannya. Sekaligus bantu menjaga perkembangan janin hingga proses persalinan nanti.

9. Mencegah Radikal Bebas

Selain membantu proses pembentukan sel otak janin, likopen pada tomat akan jadi antioksidan alami yang akan mencegah radikal bebas. Dengan begitu akan mencegah resiko kanker, jantung, serta menghambat kerusakan sel-sel tubuh tubuh pada ibu hamil.

10. Membantu Perkembangan Siklus Sel

@ hellosehat.com

Manfaat tomat untuk ibu hamil juga akan membantu perkembangan siklus sel. Likopen yang terkandungpada tomat akan berperan sebagai antioksidan yang akan membantu meningkatkan sinyal antar sel pada proses pembentukan sel-sel janin.

11. Pemulihan Jaringan

Tomat diketahui memiliki kandungan vitamin A yang pastinya akan sangat bagus bagi ibu hamil. Fungsi vitamin ini akan mempercepat pemulihan jaringan usai persalinan, mendukung pertumbuhan janin, serta meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, tomat juga akan membantu cegah resiko infeksi dan menjaga kesehatan mata.

12. Mengatasi Masalah Pencernaan

@ orami.co.id

Tomat memiliki kandungan likopen dan betakaroten yang bagus bagi ibu hamil. Manfaat tomat untuk ibu hamil lainnya adalah membantu mengatasi gangguan pencernaan yang bisa saja terjadi selama kehamilan. Selain itu, juga bantu menjaga fungsi liver tetap sehat.

Jadi tunggu apalagi bunda? Segera dapatkan beragam manfaat tomat untuk ibu hamil dengan rutin mengonsumsinya dalam beragam bentuk olahan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, tentu bunda juga harus memilih tomat dengan kualitas bagus. Maka dari itu percayakan saja kebutuhan tomat, serta buah dan sayur pada RegoPantes.

Kenapa harus ke RegoPantes? Karena bunda akan diberikan banyak sekali keuntungan serta kemudahan, mulai dari pemesanan mudah, harga yang pantas, serta semua pesanan akan diantarkan ke alamat rumah tanpa adanya ongkos kirim. Sehingga tak perlu buang waktu serta tenaga untuk berbelanja sendiri.

Bunda yang berada di kawasan Jabodetabek tak perlu risau lagi soal pemenuhan kebutuhan pangan berkualitas. Sebab RegoPantes mengambil langsung panenan dari petani. Belanja di RegoPantes sama artinya membantu para petani lokal dapatkan kesejahteraan. Yuk, belanja praktis lewat RegoPantes!

0 Shares

You Might Also Like