Kesehatan Tips

Simak, Ternyata Ada 11 Manfaat Daun Bawang dan Tips Menyimpan Agar Tahan Lama

@ okezone.com

Daun bawang banyak digunakan sebagai penyedap masakan. Meski demikian, beberapa orang justru menghindari daun bawang lantaran aromanya yang tidak sedap. Padahal, daun bawang memiliki segudang manfaat yang tidak boleh diremehkan. Hal ini tidak lepas dari banyaknya nutrisi dan zat sehat yang terkandung di dalamnya.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam daun bawang antara lain adalah vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B2 hingga potasium dan esensial berikut dengan nutrisi lainnya. Daun bawang juga memiliki kandungan kalori yang rendah dan bisa disantap mentah-mentah hingga di masak ke dalam campuran sayur. Anda bisa mengolahnya sesuai dengan selera masing-masing.

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat mengonsumsi daun bawang bagi tubuh seperti yang berikut ini:

1. Menyehatkan Pencernaan

Daun bawang memiliki kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Serat sendiri dikenal sebagai nutrisi yang bagus bagi kesehatan pencernaan. Dengan mengonsumsi daun bawang secara rutin, resiko terkena sembelit juga akan menurun.

2. Mengatur Kadar Cairan Tubuh

Selain serat, di dalam daun bawang juga terkandung kalium yang cukup tinggi. Kalium sendiri berguna dalam mengatur kadar cairan dalam tubuh, mencegah terjadinya kram otot hingga manfaat lainnya.

3. Bagus untuk Kesehatan Jantung

@ hellosehat.com

Daun bawang memiliki senyawa yang bernama cycloaliin. Senyawa yang satu ini memiliki manfaat yang bagus untuk melindungi jantung anda dari gangguan beragam jenis penyakit. Senyawa ini juga baik digunakan untuk mengurangi resiko penyakit aterosklerosis serta mengencerkan darah.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, anda tentu tidak akan mudah sakit. Sistem kekebalan tubuh sebaiknya diperkuat dengan asupan sehari-hari yang sehat. Salah satu asupan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah daun bawang. Daun bawang mengandung allicin seperti senyawa belerang yang memiliki fungsi sama seperti halnya vitamin C dalam buah jeruk.

5. Memiliki Sifat Antidiabetes

Di dalam daun bawang terkandung phyto-kimia yakni alil disulfida dan allium. Keduanya memiliki sifat anti diabetes yang berguna untuk meningkatkan metabolisme glukosa dan mencegah degradasi insulin.

Baca juga : Ternyata 10 Obat Herbal dari Buah dan Sayur Ini Ampuh Sembuhkan Ragam Penyakit

6. Sebagai Obat Cacing

Manfaat yang selanjutnya adalah bagus untuk mengobati cacingan. Bagi anda atau jika ada keluarga yang menderita penyakit cacingan bisa menggunakan daun bawang sebagai proses penyembuhan.

7. Sebagai Obat untuk Infeksi

@ tipsbuatmu.com

Manfaat daun bawang yang selanjutnya adalah bagus untuk mengobati infeksi. Hal ini dikarenakan, daun sehat yang satu ini memiliki sifat anti jamur, anti bakteri serta anti virus. Dengan manfaat daun bawang untuk mengobati infeksi maka anda bisa mengobati infeksi ataupun luka yang ada pada tubuh.

8. Bagus untuk Tulang

Manfaat daun bawang yang selanjutnya adalah bagus untuk kesehatan tulang. Daun bawang memiliki kandungan sehat berupa vitamin K yang bagus dalam mempersehat tulang untuk jangka waktu yang panjang. Vitamin K dapat membantu terjadinya regulasi sel dan bisa mencegah terjadinya demineralisasi tulang.

9. Memiliki Kandungan Asam Folat yang Tinggi

@ haibunda.com

Daun bawang juga bagus untuk ibu hamil. Daun bawang mengandung asam folat yang dibutuhkan bumil untuk meningkatkan perkembangan bayi di dalam janin. Untuk membuat masa kehamilan menjadi lebih lancar, ibu hamil bisa mengonsumsi daun bawang dengan cara dimasukkan ke dalam menu sehari-hari.

10. Mencegah Anemia Atau Kekurangan Darah

Manfaat daun bawang yang selanjutnya adalah untuk mencegah anemia. Daun bawang memiliki kandungan sehat berupa zat besi yang berguna untuk menjaga kesehatan sel darah merah dalam tubuh. Konsumsi daun bawang secara rutin mampu memperkuat jaringan dalam tubuh, menghindarkan anda dari kekurangan darah serta meningkatkan kesehatan hemoglobin.

11. Mengurangi Resiko Stres

Bagi anda yang merasa kualitas tidur menurun atau kurang, bisa mengonsumsi daun bawang sebagai solusinya. Daun bawang dinilai dapat memulihkan mood serta mengurangi resiko stres.

Selain beragam manfaat di atas, masih banyak manfaat lain dari daun bawang yang bisa anda dapatkan. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Tips Menyimpan Daun Bawang

@ inspiradata.com

Agar daun bawang tetap awet dan tahan lama saat digunakan, tentu penyimpanan harus dilakukan secara benar. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan seperti yang berikut ini:

1. Pisahkan Bagian Daun dengan Batangnya

Tips yang pertama adalah dengan memisahkan bagian daun dan batangnya. Hal ini dikarenakan, bagian daun dan batang menyimpan kadar air yang tidak sama. Daun bawang cenderung lebih cepat membusuk jika dibandingkan dengan bagian batangnya. Alhasil, jika anda menyimpannya secara bersamaan, bagian batang juga akan terpicu untuk lebih cepat membusuk sama seperti bagian daunnya.

2. Masukkan ke Dalam Wadah Tertutup

Tips yang selanjutnya adalah dengan memasukkan daun bawang ke dalam wadah tertutup atau bisa pula anda masukkan ke dalam botol plastik. Caranya adalah dengan memisahkan bagian batang lalu iris daun bawang dengan ukuran sesuai kebutuhan. Selanjutnya masukkan ke dalam botol plastik atau wadah tertutup yang sudah dicuci bersih sebelumnya.

Jika daun bawang sudah dimasukkan, pastikan jika anda menutupnya dengan rapat. Dengan demikian, daun bawang tidak akan tertimpa dengan makanan lainnya hingga mudah rusak.

3. Masukkan Batang Daun Bawang ke Dalam Plastik dengan Dialasi Tisu

Tips selanjutnya adalah dengan memotong bagian batang daun bawang lalu memasukkannya ke dalam plastik. Jangan lupa untuk memberi alasan di bagian dasar plastik terlebih dahulu. Anda bisa menyimpan batang daun bawang dengan posisi akarnya menyentuh tisu dapur. Letakkan dengan rapi lalu ikat ujung plastik hingga rapat.

4. Simpan Dalam Keadaan Kering

Agar daun bawang tetap segar dan tahan lama, anda bisa menyimpannya dalam keadaan kering. Sebelum itu, pastikan jika anda sudah mencuci daun bawang hingga bersih lalu dilap menggunakan tisu ataupun dengan serbet.

Lap daun bawang agar benar-benar kering supaya tidak lekas menguning saat disimpan. Anda bisa menekan-nekan bawang hingga airnya terserap dengan sempurna sehingga daunnya tidak mudah rusak.

5. Tambahkan Label Tanggal Penyimpanan

Pada bagian luar penyimpanan plastik, anda bisa menambahkan label tanggal. Label membantu anda dalam memantau kesegaran daun bawang dan batangnya tanpa harus membuka tutup penyimpanan daun bawang. Jika sudah diberi label, anda bisa memasukkan daun bawang ke penyimpanan khusus sayuran.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, maka daun bawang akan lebih tahan lama dan awet saat digunakan. Anda juga bisa mengiris daun bawang tipis-tipis agar lebih praktis saat harus menggunakannya.

Bagi anda yang tertarik membeli daun bawang, sayuran dan buah-buahan segar, anda bisa langsung menuju RegoPantes. Situs belanja online yang satu ini menyediakan beragam sayuran dan buah-buahan segar yang siap diantar ke alamat tujuan.

Langkah pemesanan di Regopantes sangatlah mudah dengan adanya nomor pemesanan yang bisa digunakan. Apalagi harga yang ditawarkan sangat ramah di kantong, plus tanpa membebani anda dengan biaya pengiriman. Jadi pastikan anda mendapatkan keuntungan berlipat dengan belanja aneka produk pertanian di RegoPantes.

You Might Also Like