Kesehatan

4 Tanda Cacingan yang Sering Diabaikan, Atasi Sebelum Terlambat

tanda cacingan, ciri cacingan

@klikdokter.com

Cacingan merupakan penyakit umum yang seringkali tak disadari. Hal ini dikarenakan tanda cacingan yang sering dianggap sepele dan baru menunjukkan gejala yang parah saat cacing sudah berkembang biak dalam jumlah yang banyak. Akibatnya, penderita baru menyadari penyakitnya saat kondisinya sudah parah.

Cacingan bisa terjadi karena pola hidup yang kurang bersih. Oleh karena itu, anak-anak yang masih senang-senangnya bermain dan belum paham pentingnya mencuci tangan sebelum makan lebih berisiko terkena cacingan. Namun, bukan berarti orang dewasa tak mungkin tak terkena cacingan jika gemar makan makanan yang kurang bersih dan segar.

Tanda Cacingan yang Sering Tak Disadari

@kesehatanmuslim.com

Gejala cacingan memang sulit dideteksi. Namun, Anda patut curiga jika menemui tanda-tanda berikut pada Anda.

1. Pucat

Cacing pada dasarnya bersarang di usus. Ketika cacing bertelur, ia akan bergerak keluar dan bertelur di sekitar anus. Namun, jika cacing yang bersarang di usus adalah cacing tambang, maka cacing akan menempel dinding usus dan menghisap darah penderitanya. Apabila dibiarkan terlalu lama, maka penderita bisa mengalami anemia sehingga nampak pucat.

Baca Juga : Sakit Gigi Begitu Menyiksa? Segera Atasi dengan 5 Buah Pereda Ngilu Ini

2. Badan Kurus

Cacing berkembang dengan mengambil nutrisi yang kita makan. Akibatnya, apa yang kita makan harus ‘dibagi’ bersama cacing sehingga tubuh kekurangan nutrisi. Apalagi, cacing bersarang di usus yang membuatnya menyerap sari makanan lebih cepat daripada tubuh.

3. Gatal di Sekitar Anus

Ciri cacingan lainnya adalah gatal di sekitar Anus. Hal ini disebabkan oleh cacing yang bergerak keluar dan meletakkan telurnya di sekitar anus. Telur cacing bisa kembali masuk ke tubuh dan berkembang biak jika Anda tak menjaga kebersihan tangan setelah cebok.

4. Keluhan Pencernaan

Sakit perut karena cacingan bisa terjadi jika cacing sudah berubah menjadi parasit. Dalam kondisi ini, cacing bisa saja sudah menjangkau organ lain selain usus. Gejala yang muncul antara lain, perut kembung, diare, dan sakit perut yang berbeda dengan sakit perut pada umumnya. Rasa sakit bisa muncul dan hilang atau kambuhan.

Itulah tadi tanda cacingan yang harus Anda waspadai. Jika gejala tersebut sudah telanjur muncul, maka yang harus Anda lalukan adalah segera mengunjungi dokter untuk mendapat obat anti cacing. Selain itu, mengkonsumsi obat cacing setiap 6 bulan sekali juga tak ada salahnya untuk tindakan pencegahan.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihan dan makanan yang Anda makan. Memakan makanan yang tak bersih dan tak segar berpotensi mengantarkan telur cacing masuk ke tubuh Anda. Jenis makanan yang paling sering mengantarkan cacing ke dalam tubuh adalah daging, sayur, dan buah yang sudah tak lagi segar. Jadi, jangan hanya memastikan kebersihan bahan pangan, tapi juga perhatikan kualitasnya.

Khusus untuk masalah sayur dan buah yang bebas kontaminasi cacing, Anda tak perlu lagi khawatir karena RegoPantes menawarkan solusinya. Melalui RegoPantes, Anda bis mendapat buah dan sayur berkualitas dengan harga pantas. Namun, Anda juga tetap harus menjaga kebersihan bahan pangan sebelum diolah dengan mencucinya di bawah air mengalir.

You Might Also Like