Kesehatan Tips

Tips Anti Begah Saat Berbuka Puasa, Ikuti 7 Saran Ini Agar Perut Tetap Aman

@ supermama.me

Momen paling dinantikan usai 13 jam lebih menahan lapar dan dahaga adalah saat berbuka puasa. Jadi tak heran bila sebagian orang kerap melakukan kesalahan dengan makan sepuasnya saat terdengar bedug Maghrib. Bahkan tidak tanggung-tanggung, beberapa bahkan sanggup menghabiskan beberapa jenis makanan sekaligus yang berakibat pada perut begah.

Kalau sudah begini, tentu anda akan merasakan ketidaknyamanan dan akan kebingungan mengatasinya. Maka dari itu, agar bisa terhindar dari perut begah saat berbuka puasa perlu adanya aturan saat berbuka puasa. Simak yuk tips anti begah berikut ini.

1. Makan Sembari Duduk

@ stuff.co.nz

Tips anti begah yang pertama adalah dengan memakan makanan anda dengan posisi duduk serta lakukan secara perlahan. Dengan duduk, hal ini akan membuatmu fokus dengan makanan yang akan kamu konsumsi. Selain itu, makan secara perlahan juga menghindarkan anda dari konsumsi makan secara berlebihan saat berbuka.

Dengan konsumsi yang tidak terlalu banyak maka anda akan terhindar dari gangguan perut begah.

2. Makan Setelah Tarawih

@ idntimes.com

Tips yang selanjutnya adalah makan setelah tarawih. Jika tidak ingin ibadah terganggu akibat perut begah, anda bisa makan setelah ibadah tarawih dilakukan. Meski demikian, saat waktu berbuka tiba, anda tetap bisa mengonsumsi jenis makanan yang ringan untuk mengganjal perut. Makan setelah tarawih sendiri membuat kondisi lambung telah optimal karena telah menyesuaikan diri ketika berbuka puasa.

3. Konsumsi Air yang Cukup

@ watchme88.com

Saat berpuasa, tentu tubuh akan kekurangan cairan. Untuk itu, penting bagi anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara mengonsumsi air yang cukup ketika berbuka puasa serta saat sahur. Konsumsi cairan secara cukup mampu membuat proses metabolisme menjadi lebih lancar sehingga makanan yang anda konsumsi akan lebih cepat untuk diproses di dalam pencernaan.

Baca juga : Penderita Maag Tak Bisa Puasa? Siapa Bilang, Begini Cara Aman dan Nyamannya

4. Hindari Es atau Minum Air Dingin

@ pinterest.it

Selanjutnya, akan lebih baik jika anda menghindari es atau minuman dingin. Konsumsi air es ketika berbuka memang sangat menggoda. Namun jika hal itu anda lakukan saat kondisi perut tengah kosong maka air yang dingin akan berakibat pada naiknya asam lambung hingga membuat perut menjadi kembung. Jika sudah demikian, maka rasa tidak nyaman akan muncul dan membuat kita malas bergerak.

5. Jangan Langsung Makan Besar

@ okaydoc.com

Saat berbuka puasa akan lebih baik jika anda tidak makan makanan utama atau yang berporsi besar. Dengan kondisi perut yang kosong karena puasa seharian membuat perut akan langsung kaget saat dimasuki begitu banyak makanan. Akibatnya perut begah akan datang dan mengganggu ibadah tarawih anda. Anda bisa mengonsumsi makanan kecil terlebih dahulu seperti halnya kolak pisang atau aneka kue juga kurma.

6. Perbanyak Makanan Berserat

@ ilovelife.co.id

Selanjutnya, anda juga bisa memperbanyak makanan berserat. Ada begitu banyak makanan berserat seperti halnya buah-buahan serta sayuran yang akan membuat perut terasa lebih kenyang dalam waktu yang lama.

7. Konsumsi Makanan Bergizi

@ dream.co.id

Anda juga sebaiknya mengonsumsi jenis makanan yang berserat. Jangan lupakan unsur karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan lemak dalam makanan berbuka puasa anda.

Saat berbuka akan lebih baik jika anda mengonsumsi makanan anti begah yang terdiri makanan ringan terlebih dahulu. Baru setelah tarawih selesai, anda bisa makan dengan porsi yang banyak.

Untuk pembelian produk sehat seperti buah dan sayur guna keperluan berbuka puasa, anda bisa langsung menuju ke RegoPantes. Pilihan produk pangan mulai dari buah, sayur, beras, hingga aneka paket yang tersedia semuanya berkualitas bagus diambil dari para petani sebagai tangan pertama.

Buat anda yang berbelanja di RegoPantes, bisa langsung membuka situs RegoPantes atau lebih mudah dengan transaksi melalui aplikasi. Apalagi lewat aplikasi di ponsel proses pemilihan buah dan sayur favorit makin mudah dilakukan.

Jika anda belum memiliki aplikasi RegoPantes, bisa langsung unduh aplikasi RegoPantes di Google Play Store secara gratis. Tak hanya aplikasinya saja yang bisa diunduh gratis, anda juga akan dimanjakan dengan kesempatan mendapat paket buah dan sayur GRATIS pada saat melakukan pembelanjaan pertama via aplikasi. Buruan install aplikasinya dan nikmati belanja praktis di RegoPantes dan temukan banyak promo menarik #RamadhanKareem khusus bulan ini!

0 Shares

You Might Also Like