Inspirasi Kesehatan Tips

Tips Sukses Diet DEBM Pemula, Ikuti Cara dan Aturan Berikut!

@ rotana.net

Dari sekian banyak orang baik itu pria ataupun wanita pasti menginginkan tubuh ideal. Sehingga tak mengherankan demi tujuan tersebut, sebagian besar orang tertarik menjalani diet sehat. Salah satu diet yang kini tengah populer adalah diet DEBM (Diet Enak Bahagia Menyenangkan) . Bahkan kini makin bertambah pelaku diet debm pemula yang menjalaninya.

Diet ini justru menganjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dan lemak, serta menjauhi makanan berkarbohidrat. Hal inilah yang membuat diet satu ini digemari, karena mudah dilakukan dan menyenangkan lantaran dianjurkan makan hingga kenyang.

Tapi, semua itu juga tetap ada aturannya agar berhasil mencapai tujuan memiliki tubuh ideal dan sehat. Nah, buat para pelaku diet debm pemula mungkin bertanya-tanya apa saja sih aturannya. Berikut yang harus disimak.

1. Larangan Konsumsi Gula

@ halodoc.com

Hal yang tak boleh dalam diet debm adalah konsumsi gula. Baik itu dalam wujud gula, sirup, kecap, atau makanan manis lainnya termasuk buah-buahan. Pasalnya gula dan makanan manis hanya akan mempercepat berat badan naik dan berujung gagalnya diet yang Anda lakukan.

2. Sarapan Menjadi Hal Wajib

Hal wajib yang tak boleh ditinggalkan adalah sarapan. Menu sarapan juga harus mengandung protein dan lemak tinggi, hindari karbohidrat. Dengan sarapan maka akan tahan kenyang lebih lama. Jika tak sarapan justru akan memicu lapar hingga akhirnya memakan aneka makanan secara acak.

3. Konsumsi Buah Alpukat

Perlu diketahui bahwa ada satu buah yang sangat dianjurkan masuk dalam diet debm pemula, yakni alpukat. Buah yang satu ini dikenal bagus untuk diet karena memiliki kandungan kalori tinggi dan lemak, namun tak tinggi gula. Diet debm sama sekali tak menyarankan konsumsi gula, sehingga alpukat lebih dianjurkan ketimbang buah lain yang banyak kandungan gulanya.

Nah, buat Anda yang mencari varietas alpukat terbaik maka alpukat mentega pilihannya. Kenapa? Karena buah alpukat mentega memiliki kelebihan dibandingkan alpukat lain, seperti daging buah lebih tebal, manis, dan tak berserat. Sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi harian.

4. Batas Makan Sampai Jam 6 Sore

@ asterclinic.ae

Bagi siapapun yang menjalankan diet debm pemula sekalipun harus tahu bahwa batas makan adalah jam 6 sore. Mengapa demikian? Karena pada saat jam istirahat akan jadi masa untuk proses pembakaran lemak secara maksimal. Bila Anda makan di atas jam 6 sore, maka kadar gula dalam darah masih tinggi dan memicu tumpukan lemak karena tak terbakar sempurna.

5. Olahraga

Nah, ada kalanya banyak yang melupakan poin satu ini. Padahal olahraga justru akan semakin membuat program diet semakin cepat berhasil karena akan bantu bakar lemak menjadi energi dan membantu tubuh bugar, sehat, dan makin mengencangkan otot-otot. Olahraga yang disarankan seperti push up, sit up, serta angkat beban yang dilakukan berkala dengan bantuan para ahli.

Baca juga : Pasti Enak dan Mengenyangkan, Berikut Inspirasi Menu Diet DEBM Seminggu yang Wajib Dicoba!

6. Makanan Pengganti Karbo dan Buah-buahan

Jika alpukat dijadikan buah paling dianjurkan, sebenarnya ada buah lain yang diperbolehkan seperti apel, stroberi, pir, serta jambu. Tak hanya itu, sayur-sayuran juga sangat dianjurkan masuk menu diet sebagai pengganti nasi. Sebut saja seperti rebung, lobak, buncis, dan wortel, atau aneka sayuran hijau lain.

7. Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat, Tinggi Lemak dan Protein

Hal yang menarik harus diketahui pelaku diet debm pemula. Menu makanan diet yang dianjurkan adalah tinggi lemak dan protein. Bila sehari-hari makan makanan berkarbohidrat, maka ini diganti dengan konsumsi menu tinggi lemak yang nantinya dijadikan sumber energi pengganti peran karbohidrat.

Bila biasanya makan nasi atau mie yang jelas tinggi karbohidrat dan kandungan gulanya, maka bisa menggantinya dengan makanan lain yang berprotein dan berlemak, seperti telur, ikan, ayam, daging, atau keju. Bahkan kabar baiknya, penggemar keju justru dianjurkan jadikan makanan lezat ini sebagai camilan.

8. Minum Air Putih

@ thedailymeal.com

Ini yang tak boleh Anda lupakan sebagai pelaku diet debm pemula. Air putih menjadi hal penting dalam program diet. Konsumsi air sesuai kebutuhan tubuh jadi hal penting. Selain itu, saat merasa lapar bisa minum air putih dengan begitu akan menimbulkan rasa kenyang dan tubuh tetap terhidrasi.

9. Boleh Gunakan Minyak dan Garam pada Masakan

Nah, buat diet debm pemula ini, menu makanan memang tak diijinkan untuk menggunakan gula atau sejenisnya yang manis. Tapi penggunaan minyak dan garam tak dipermasalahkan. Jadi tak melulu mengonsumsi makanan rebus atau kukus saja, melainkan juga bisa konsumsi aneka makanan yang digoreng. Tapi ingat ya, jangan ditambah dengan balutan tepung ya saat menggoreng.

10. Makanan Pantangan Diet DEBM

Disebutkan bahwa diet debm itu paling utama konsumsi lemak dan protein tinggi, tapi rendah karbo. Tentu ada beberapa makanan pantangan yang harus diketahui pelaku diet debm pemula. Selain nasi dan mie, makanan berupa tepung, kentang, gula, ubi, singkong, beras ketan, beras hitam, dan beras merah sekalipun masuk dalam pantangan diet ini.

Sementara buah yang masuk pantangan antara lain pepaya, semangka, pisang, mangga, dan melon. Sementara satu-satunya yang dianjurkan justru buah alpukat.

Kalau sudah tahu aturan diet debm pemula di atas, maka alangkah baiknya semua itu didukung dengan sederet bahan pangan terbaik untuk menu-menu diet. Semua kebutuhan sayur, buah, dan aneka hasil pertanian lain untuk menunjang diet debm bisa langsung dibeli melalui aplikasi Regopantes.

Aneka buah dan sayur serta paket khusus sebut saja seperti Paket Salad, Paket Red Diva, dan paket menarik lain bisa didapatkan di RegoPantes. Pastinya semua itu pas buat memenuhi kombinasi menu diet debm pemula. Ditambah lagi harga yang dilabelkan pada setiap produk terbilang terjangkau dan pastinya langsung kirim ke rumah pembeli sesuai pesanan.

Kualitas yang diberikan RegoPantes tak main-main, semua langsung didatangkan dari para petani. Sehingga semua produk yang sampai di tangan konsumen mutunya terjamin dan pastinya fresh. Selain itu, ada banyak promo menarik yang sengaja diberikan RegoPantes dengan pembelian melalui aplikasi. Membeli di RegoPantes juga akan mendukung para petani mendapatkan keuntungan lebih baik. Yuk, buruan belanja di RegoPantes!

0 Shares

You Might Also Like