Motherhood

Anak Susah Makan Saat Tumbuh Gigi? Coba 4 Jenis Makanan ini Yuk Moms!

anak tumbuh gigi, nyeri pada gusi

@orami.com

Tumbuh gigi merupakan hal yang lumrah terjadi mulai usia 6 bulan. Umumnya, anak harus memiliki gigi primer berjumlah 20 saat usia  3 tahun. Namun, tak jarang pula anak sudah memiliki gigi lengkap saat berusia 2 tahun.

Saat mengalami pertumbuhan gigi, anak biasanya akan menunjukkan tanda-tanda seperti meneteskan air liur, rewel hingga kehilangan selera makan. Khusus untuk gangguan selera makan ini, Bunda harus mengatasinya dengan cepat dan tepat agar tak mengganggu proses tumbuh kembangnya.

Makanan yang Pas Saat Anak Tumbuh Gigi

tumbuh gigi

@hellosehat.com

Sudah menjadi hal umum jika anak rewel dan kehilangan selera makan saat giginya mulai tumbuh. Hal ini dikarenakan rasa nyeri dan gatal saat gigi menembus gusi. Beberapa bahkan mengalami bengkak saat giginya mulai tumbuh. Jika anak mengalami penurunan nafsu makan saat giginya akan tumbuh, beberapa opsi makanan berikut mungkin akan sangat membantu meningkatkan nafsu makan anak.

1. Makanan Dingin

Makanan dingin dapat membantu mengurangi nyeri pada gusi.  Bunda bisa memberikan makanan beku pada si kecil berupa smoothies yang dibuat dari buah beku atau yogurt dingin. Saat anak sudah mulai lancar mengunyah, memberikan pisang beku juga sangat membantu loh Bund!

Baca Juga : 4 Kreasi Resep Buah Bit Ini Wajib Dicoba di Rumah, Enak dan Menyehatkan

2. Makanan yang Dihisap

Gerakan menghisap dapat memberikan kenyamanan sementara pada anak. Bunda bisa memberikan buah semangka atau jeruk yang sudah dibuang bijinya pada anak. Jika masih takut anak tersedak, masukkan potongan buah pada ’empeng’ khusus buah dan berikan pada anak.

3. Makanan Keras

Beberapa anak mungkin merasa lega saat mengunyah karena tekanan pada gusi akan meringankan rasa gatal. Karenanya, Bunda bisa mencoba memberikan biskuit yang sesuai dengan usianya. Namun, hindari biskuit yang mengandung banyak gula karena gula berpotensi menyebabkan obesitas, diabetes pada anak serta kerusakan gigi.

4. Makanan Lunak

Meski banyak anak yang gemar menggigit benda keras saat gigi akan tumbuh, sebagian anak justru tak ingin mengunyah sama sekali. Jika anak menolak makanan keras, Bunda bisa mencoba memberinya makanan lunak seperti pure alpukat atau sup kental.

Itulah tadi 4 jenis makanan yang cocok saat anak tumbuh gigi. Selain itu, Bunda juga perlu memperhatikan kualitas makanan yang diberikan pada si kecil ya Bun! Usahakan untuk selalu memberikan makanan berkualitas dan kaya gizi untuk mendukung proses tumbuh kembangnya.

Masih bingung soal kualitas bahan pangan yang pas untuk anak dan keluarga? Tenang ya Bund, sekarang ada RegoPantes yang membantu menyediakan segala kebutuhan dapur dengan lebih mudah. Melalui RegoPantes Bunda dapat membeli segala kebutuhan dapur seperti buah, sayur, beras hingga bumbu dapur tanpa perlu keluar rumah.

Kabar baiknya, RegoPantes memberikan gratis ongkos kirim serta potongan langsung dengan belanja melalui aplikasi. Belanja tak hanya mudah tapi lebih hemat kan Bund?

0 Shares

You Might Also Like