Kesehatan Motherhood

Terpapar Asap Rokok Saat Hamil? Begini Cara Menetralkannya Agar Tak Ganggu Janin

bahaya rokok bagi janin, rokok saat hamil

@honestdocs.id

Merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang sudah pasti merusak kesehatan. Bagi pria, merokok dapat menimbulkan beragam penyakit serius serta mengganggu masalah kesuburan. Sedangkan bagi wanita, bahaya merokok juga tak kalah mengerikannya, terutama bahaya rokok bagi janin yang harus sangat diwaspadai.

Saat hamil, hendaknya kebiasaan merokok dihentikan secara total. Hal ini dikarenakan racun dari rokok bisa saja diserap janin melalui plasenta. Hal yang sama juga berlaku bagi perokok pasif yang mungkin terdampak bahaya serupa.

Lantas, bagaimana jika sudah telanjur terpapar asap rokok? Bisakah ibu hamil menetralisir asap rokok agar janin yang dikandung tetap aman?

1. Perbanyak Air Putih

Memperbanyak minum air putih dapat membantu tubuh mengeluarkan nikotin dan tar yang sudah terlanjur mengendap. Air putih juga membantu mengeluarkan beragam jenis racun lainnya serta membantu tubuh tetap terhidrasi.

2. Bayam

Cara menetralisir racun rokok dari dalam tubuh lainnya adalah dengan mengkonsumsi bayam. Sayur yang satu ini memiliki kandungan flavonoid dan vitamin A yang baik untuk mencegah paru-paru. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan zat besi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil.

Baca Juga : Jarang Disadari, Ternyata 9 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Membuat Jus

3. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah aneka jenis kanker. Asam amino di dalamnya juga berguna untuk mencegah infeksi pernafasan. Manfaat serupa juga bisa didapat dengan mengkonsumsi jahe. Namun sayangnya, baik jahe maupun bawang putih kurang aman bagi penderita asam lambung.

4. Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan tak kalah pentingnya untuk mengembalikan kesehatan akibat paparan rokok saat hamil. Latihan pernafasan akan mengoptimalkan kinerja paru-paru sehingga memastikan suplay oksigen lebih lancar. Latihan pernafasan bagi ibu hamil juga membantu mempermudah persalinan serta memperlancar pasokan asi nantinya.

5. Buah dan Sayuran Segar

racun rokok

@hellossehat.com

Berkaitan dengan usaha membuang racun dari dalam tubuh, menu buah dan sayur segar tentunya tak boleh ketinggalan. Segala jenis buah dan sayur segar mengandung vitamin serta antioksidan yang penting untuk melindungi tubuh serta menangkis dampak yang kurang baik, termasuk juga dampak merokok.

Namun, Anda harus memastikan mengkonsumsi buah dan sayur yang benar-benar segar dan bebas pestisida. Mengkonsumsi buah dan sayur berpestisida tak akan memberikan manfaat bagi tubuh dan justru dapat menambah timbunan racun.

Nah, daripada mempertaruhkan kesehatan dan salah pilih kualitas bahan pangan, lebih baik percayakan kebutuhan Anda pada ahlinya. Anda bisa mendapat beragam jenis sayur dan buah berkualitas hanya melalui RegoPantes. Soal harga, kami menawarkan harga yang sangat pantas dengan beragam kelebihan, mulai dari diskon menarik, paket bundling yang lebih hemat,kesempatan berbagi dengan sesama hingga layanan gratis ongkos kirim. Tertarik? Tunggu apalagi, cek promo terbaik untukmu hari ini hanya disini.

0 Shares

You Might Also Like