Motherhood

Balita Masuk Angin? Jangan Buru-buru Berikan Obat Kimia, Sebaiknya Bunda Beri Obat Alami Berikut

@ sausinh.com

Masuk angin bisa jadi salah satu penyebab kenapa si kecil rewel. Masuk angin yang dimaksud juga bisa diartikan sebagai munculnya gejala flu. Kondisi ini biasanya ditandai dengan suhu tubuh meningkat, bersin-bersin, rasa tak nyaman di tenggorokan hingga rasa nyeri di tulang. Anda sebagai orang tua tentu akan merasakan kekhawatiran saat balita masuk angin.

Adapun gejala lainnya adalah muntah, mual, dan kembung. Bunda tentu tidak ingin si buah hati rewel hingga sakit berlarut-larut bukan? Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa obat alami masuk angin anak yang dapat Bunda manfaatkan. Berikut di antaranya.

1. Air Rebusan Temulawak

@ hellosehat.com

Bunda bisa menjadikan air rebusan temulawak untuk mengatasi gejala masuk angin. Bukan hanya untuk mengatasi gangguan yang satu ini, bunda juga bisa menggunakan temulawak sebagai obat penambah nafsu makan. Untuk masuk angin, temulawak mengandung anti inflamasi dan anti biotik yang bagus untuk meredakan gejala yang muncul.

Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

Bahan yang diperlukan:

  • Madu
  • ½ gelas air putih
  • 3 gram temulawak

Langkah pembuatan:

  1. Langkah pertama adalah dengan mencuci temulawak lalu diparut
  2. Selanjutnya didihkan air putih lalu campurkan dengan parutan temulawak di atas
  3. Kemudian saring dan tambahkan madu lalu diaduk secara merata
  4. Proses pembuatan selesai di lakukan dan air rebusan temulawak siap untuk dikonsumsi

Baca juga : Tidak Semua Aman Bunda! Kelompok Makanan Menarik Ini Justru Bahaya Dikonsumsi Anak

2. Sup Ayam

@ okezone.com

Cara mengatasi masuk angin pada anak yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sup ayam. Makanan yang satu ini bisa disajikan selagi masih hangat untuk mereka yang kurang enak badan. Sup ayam akan membuat lega serta memberi rasa nyaman pada tubuh. Protein dalam sup ayam juga bagus untuk dimanfaatkan dalam memulihkan tubuh yang terkena gangguan masuk angin.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Langkah pembuatan:

  1. Langkah pertama adalah dengan menumis bawang putih dan juga bawang merah sampai harum wanginya tercium
  2. Selanjutnya masukkan ayam ke air rebusan sampai kaldunya keluar. Langkah berikutnya adalah dengan mencampurkan dengan bawang yang telah ditumis
  3. Campurkan beragam sayur tersebut dan diamkan selama kurang lebih semenit. Hal ini dilakukan upaya tingkat kematangannya merata dan siap untuk disajikan

3. Air Rebusan Jahe

@ hellosehat.com

Cara mengatasi masuk angin bagi anak selanjutnya adalah dengan membuat air rebusan jahe. Air rebusan jahe bagus untuk meredakan pusing hingga mengatasi gejala mual dan muntah.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Madu
  • Air putih
  • 1 buah jahe segar

Langkah pembuatan:

  1. Langkah pertama adalah dengan memarut jahe sampai mendapatkan sesendok teh jahe
  2. Selanjutnya rebus air putih sampai mendidih lalu diberi tambahan parutan jahe yang sudah disiapkan ke dalam air yang sudah mendidih
  3. Sajikan ke dalam gelas lalu tambahkan dengan madu agar rasanya semakin nikmat

Khawatir anak jatuh sakit lantaran masuk angin? Bunda bisa menyiapkan beragam makanan dan minuman di atas sebagai solusinya.

Untuk mendapatkan beragam produk alam baik itu buah dan sayur, Anda bisa langsung menuju ke situs RegoPantes. Situs yang satu ini memiliki banyak produk menarik dan pastinya berkualitas bagi Anda yang membutuhkan. Terdapat juga promo menarik yang bisa bikin belanja tambah menyenangkan dan pastinya hemat di kantong.

You Might Also Like