Motherhood Untuk Bunda

Malas Konsumsi Buah dan Sayur Saat Hamil? Cek Dulu Resikonya!

sayur saat hamil, buah saat hamil

@qraved.com

Buah dan sayur semasa kehamilan merupakan nutrisi penting yang tak boleh ditinggalkan. Namun, adakalanya rasa malas mengkonsumsi buah dan sayur saat hamil muncul. Jika sudah demikian, melihat buah dan sayur saja ibu hamil akan merasa enggan.

‘bawaan bayi’ tak mau makan sayur sering menjadi alasan ibu hamil tak menyentuh buah serta sayur semasa kehamilannya. Padahal menghindari buah dan sayur saat mengandung dapat menyebabkan berbagai resiko kesehatan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. BBLR

BBLR adalah kondisi bayi lahir dengan berat rendah, yakni kurang dari 2,5 Kg. Ibu hamil yang kurang mengkonsumsi buah serta sayur memiliki resiko kekurangan gizi lebih tinggi sehingga memicu bayi lahir dengan berat serta tinggi kurang.

2. Premature

Melahirkan bayi pemature, atau belum cukup bulan dalam kandungan rupanya juga dipicu oleh kurangnya buah dan sayur semasa kehamilan. Penelitian di Norvegia terhadap 66 ribu perempuan yang melahirkan pada tahun 2002 hingga 2008 menemukan bahwa ibu hamil yang kurang mengkonsumsi buah dan sayur melahirkan bayi secara peramture. Faktor kurangnya buah dan sayur ini hampir setara dengan penyebab bayi lahir premature karena diabetes dan mengandung bayi kembar.

Baca Juga : Amankah Puasa Saat Menyusui? Cek Faktanya

3. Alzheimer

Selain berdampak bagi ibu, kurangnya sayur dan buah semasa kehamilan juga berdampak pada kesehatan anak kemudian hari. Asupan buah dan sayur yang kurang dapat memicu anak menderita alzheimer di kemudian hari. Masih egois tak ingin makan sayur dan buah Moms?

4. Kelainan Jantung Pada Anak

Tak hanya dapat memicu alzheimer pada anak, kurangnya buah dan sayur juga dapat memicu kelainan pembentukan pembuluh darah pada jantung janin loh! Jika terbawa sampai dewasa, tentu saja anak akan memiliki jantung yang abnormal.

5. Meningkatkan Resiko Kanker Mata

Sudah pernah dengar tentang retinoblastoma Moms? Kelainan retina yang digolongkan dalam kanker ini memang belum diketahui pasti penyebabnya. Namun, sebuah penelitian menunjukkan jika memperbanyak sayur dan buah selama hamil dapat menurunkan resikonya. Hal ini dikarenakan sayur dan buah mengandung asam folat dan lutein yang berkaitan erat dengan fungsi retina serta pembentukan DNA.

Mengingat pentingnya buah dan sayur, jangan pernah meninggalkannya selama hamil ya Moms! Ingat pula, jika ingat buah serta sayur ingatlah RegoPantes! RegoPantes siap membantu memilihkan buah serta sayur berkualitas langsung dari tangan petani. Jadi, buah dan sayur yang dikirim merupakan buah dan sayur berkualitas langsung etik yang dijamin kesegarannya. Dengan demikian, nilai gizinya sudah pasti masih 100% aman dan lebih menyehatkan dibanding buah dan sayur ‘timbunan’.

You Might Also Like