Motherhood

Inilah 4 Jenis Buah yang Wajib Dihindari Ibu Hamil, Simak Alasannya!

ibu hamil, buah terlarang untuk ibu hamil

@ hellosehat.com

Ibu hamil memang memiliki kerentanan tersendiri. Bahkan bila tidak berhati-hati, tubuh bisa melemah. Terlebih bila Anda tengah hamil akan mengalami perubahan sistem imun yang cenderung melemah. Entah itu dari faktor dari dalam ataupun eksternal. Di mana faktor dari luar ini bisa saja terkait makanan yang dikonsumsi.

Sehingga bagi ibu hamil memang tidak semua buah dianjurkan konsumsi. Sebagian buah terlarang untuk ibu hamil lantaran ada risiko yang diakibatkan. Efek negatif tersebut bisa saja kepada sang ibu hingga janin yang di dalam kandungan.

Nah, para Bunda wajib tahu deretan buah berbahaya untuk kehamilan berikut ini.

1. Nanas

kehamilan, buah terlarang untuk ibu hamil

@ abc.com.py

Nanas menjadi salah satu buah terlarang untuk ibu hamil. Selama kehamilan Anda sama sekali dianjurkan untuk mengonsumsinya. Sebab buah berwarna kuning ini mengandung senyawa bromelin yang tinggi. Dampaknya bila dikonsumsi akan menyebabkan pelunakan pada serviks. Sehingga akan memicu kontraksi dini. Meski kaya vitamin C, tetap saja Anda juga harus menghindari olahan nanas seperti jus.

2. Anggur

kehamilan, buah terlarang untuk ibu hamil

@ orami.co.id

Bahaya buah anggur masih dibilang kontroversial. Pasalnya buah satu ini memiliki kandungan nutrisi, vitamin C dan A yang sesungguhnya baik untuk ibu hamil. Akan tetapi, terkandung banyak pestisida pada anggur. Hal inilah yang membahayakan kehamilan.

Jika memang menginginkan anggur, maka ibu hamil bisa langsung mencuci bersih buah ini sebelum dimakan. Perlu dihindari mengonsumsi ragam olahan anggur yang lewat proses fermentasi dijadikan minuman. Sebab ada kandungan alkohol kadar tinggi yang akan membahayakan ibu hamil.

3. Pepaya Muda

buah terlarang untuk ibu hamil, ibu hamil

@ okezone.com

Anda juga harus menghindari yang namanya pepaya muda. Mengapa? Buah pepaya muda memiliki kandungan lateks, getah kental yang bisa memicu kontraksi Rahim. Bahkan konsumsi terlalu sering bisa menyebabkan persalinan dini kurang dari 37 minggu kehamilan.

Buah terlarang untuk ibu hamil ini harus dihindari, terlebih pada trimester ketiga menjelang kehamilan. Akan lebih disarankan Anda konsumsi pepaya matang yang akan mengurangi masalah sembelit lantaran memiliki kadar vitamin C dan kaya nutrisi.

Baca juga : Tips Mengatasi Pusing dan Mual Saat Hamil, Lewati Kehamilan Tanpa Tersiksa

4. Semua Jenis Buah yang Tak Dicuci

kehamilan, ibu hamil

@ nutrineat.com

Kondisi hamil memang membutuhkan kehati-hatian demi menjaga janin dalam kandungan. Maka dari itu asupan juga harus sangat diperhatikan. Bila Anda makan buah-buahan sangat dianjurkan cuci bersih terlebih dahulu dengan air mengalir agar semua zat kimia pestisida larut. Sebab ini berisiko infeksi dan toksoplasmosis bagi ibu hamil.

Bila Anda telah membaca deretan buah yang jadi pantangan di atas, maka sudah seharusnya menghindarinya selama kehamilan demi menjaga kesehatan diri dan calon bayi. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa selain nanas, anggur, dan pepaya muda, semua buah diperbolehkan asalkan dicuci dahulu dengan bersih dan pastikan masih dalam kondisi segar.

Maka dari itu, Anda bisa mendapatkan buah-buahan segar  bebas pestisida di RegoPantes. Selain buah, ada banyak pilihan sayur segar, beras, hingga paket bahan pangan lainnya yang bisa jadi pilihan pemenuhan nutrisi harian. Belanja di RegoPantes akan menguntungkan dan memudahkan Anda. Selain mudah belanja lewat gadget, pengiriman akan bebas ongkos kirim, serta akan dimanjakan beragam promo RegoPantes.

You Might Also Like