Kesehatan Motherhood

Jangan Panik Dulu! Segera Beri 5 Buah ini Jika Anak Sembelit

sembelit pada anak, obat alami sembelit

@youtube.com

Merawat bayi bukanlah perkara mudah. Organ bayi tidaklah sekuat organ orang dewasa sehingga apa yang diberikan pada bayi harus sangat hati-hati. Pun demikian dengan perlakuan yang diberikan, Bunda harus berhati-hati agar anak tetap merasa nyaman.

Tantangan lain yang harus dihadapi orangtua kala merawat si kecil adalah memahami apa yang dirasakannya. Tantangan ini terbilang tantangan besar karena bayi hanya bisa menangis untuk memberi sinyal apa yang dirasakannya. Bayi akan rewel ketika ia mengeluhkan hal yang tak nyaman pada dirinya, termasuk juga ketika sembelit yang pasti terasa menyakitkan untuknya.

Nah, agar bayi tak merasakan sakit yang parah karena sembelit, Bunda harus mengetahui cara mengatasi konstipasi bayi yang tepat dan tepat.

Gejala Sembelit Pada Bayi

@perawatanbayi.com

Sebelum membahas lebih jauh, Bunda wajib mengetahui gejala konstipasi terlebih dahulu. Bayi yang mengalami konstipasi umumnya akan merasakan sebagai berikut :

  1. Menangis saat buang air besar.
  2. Feses kecil, terlalu besar dan padat.
  3. BAB seperti tak tuntas.
  4. Rewel hingga hilang selera makan.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Si Keci Sembelit?

@youtube.com

Saat anak sembelit, hal pertama yang harus dilakukan adalah terus menyusui jika usia anak masih usia minum ASI. hal ini dikarekan ASI adalah obat yang paling manjur mengatasi beragam keluhan pada anak. Jika anak sudah diberi MPASI, memberi air putih lebih banyak dibanding biasanya juga membantunya lebih baik.

Baca Juga : Bagus Bagi Penderita Diabetes, Ini Dia Resep Asparagus yang Menarik Dicoba

Buah Untuk Sembelit Pada Balita

Saat si kecil sembelit, ada hal mudah yang sebenarnya bisa Bunda lakukan, yakni memberikan buah sebagai camilan tambahan. Namun, Bunda tak boleh salah pilih karena tak semua buah aman dikonsumsi si kecil. Beberapa jenis buah untuk sembelit pada bayi.

1. Pepaya

Tak hanya baik untuk mengatasi sembelit pada orang dewasa, pepaya juga baik untuk mengobati sembelit pada bayi. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam pepaya yang baik untuk memperlunak feses.

2. Tomat

Tomat memiliki banyak kandungan air yang baik untuk pencernaan. Selain itu, tomat juga baik untuk kesehatan hati.

3. Apel

Buah yang dipercaya sebagai buah andalan untuk diet ini nyatanya juga baik untuk kesehatan pencernaan anak. Apel kaya akan serat dan air yang baik untuk melunakkan feses. Selain itu, kalium serta asam organik di dalamnya juga memiliki manfaat yang tak bisa dianggap remeh.

4. Alpukat

Buah yang sering dijadikan menu MPASI ini juga tinggi serat sehingga sering pula dimanfaatkan untuk obat alami sembelit. Dalam 100 gram daging buah alpukat, terkandung sekitar 2,2 gram serat yang baik untuk kesehatan.

5. Plum

Tak hanya kaya akan antioksidan, plum juga baik untuk mengatasi sembelit pada anak. Plum kaya akan kalium dan sorbitol yang baik untuk memperlancar pencernaan. Sayangnya, buah yang satu ini cukup sulit ditemukan di pasaran. Padahal, antioksidan tinggi dalam plum juga dapat digunakan sebagai pencegah kanker loh Bun!

Tapi, Bunda tak perlu khawatir. Buah plum bisa Bunda peroleh dengan mudah melalui RegoPantes.com. Bukan buah plum biasa, melainkan buah plum berkualitas tinggi sehingga memungkinkan Bunda mendapat kualitas terbaik.

Selain buah plum, beragam kebutuhan sayur dan buah segar juga bisa Bunda dapatkan melalui RegoPantes. Harga yang ditawarkan juga dijamin pantas dengan kualitas yang akan didapatkan nantinya. Pasalnya, Bunda Akan mendapatkan buah segar langsung dari petani seta sudah melalui quality control yang ketat. Ingat, hidup berkualitas berawal dari makanan yang berkualitas bukan?

You Might Also Like