Motherhood

Banyak yang Masih Salah! Begini Lo Moms Cara Membuat MPASI yang Benar

cara membuat MPASI, memasak MPASI

@agroindustri.id

Saat si kecil memasuki usia makan, para ibu pasti disibukkan dengan menu MPASI. Sebagian orang mungkin akan memilih bubur instan karena bingung apa yang harus diberikan untuk si kecil pertama kali atau tak tahu bagaimana cara membuat MPASI yang benar. Padahal, MPASI yang dibuat sendiri jauh lebih sehat loh Moms!

Nah, berbicara soal MPASI, masih banyak para ibu yang tak tahu bagaimana cara membuatnya yang benar. Alhasil, banyak yang menyajikan MPASI asal jadi sehingga nilai gizinya sudah tak penuh ketika masuk mulut si kecil. Salah-salah, masih ada zat residu yang ikut terolah bersama MPASI, bisa bahaya untuk si kecil bukan?

Cara Membuat MPASI yang Benar

Seperti yang dibahas sebelumnya, menu MPASI yang paling sehat adalah menu buatan rumahan. Tak perlu takut salah olah, ikuti panduan berikut yuk Moms!

1. Cuci di Bawah Air Mengalir

MPASI yang disajikan untuk si kecil tak boleh meninggalkan menu sayur atau buah. Namun, ingat untuk selalu mencucinya di bawah air mengalir sebelum mengolahnya. Cuci pula buah-buahan di bawah air mengalir sebelum mengupasnya, dan cuci kembali usai dipotong. Ingat ya Moms, jangan pernah merendam sayur atau buah-buahan karena justru akan mengurangi nilai gizinya, terutama buah dan sayur yang mengandung vitamin C.

Baca Juga : Bukan dari Daging Buahnya, Manfaat Alpukat Terbaik Terdapat pada Bagian ini!

2. Perhatikan Suhu dan Lama Memasak

Cara terbaik memasak MPASI adalah dengan mengukusnya. Namun, bukan berarti Moms tak boleh merebus masakan yang akan disajikan untuk si kecil. Memasak dengan cara direbus boleh saja, asalkan dimasak dengan air yang tak terlalu banyak, mengunakan api kecil serta tak terlalu lama. Hal ini dikarenakan makanan yang terlalu lama direbus akan kehilangan sebagian besar nutrisinya, terutama kandungan vitaminnya.

3. Hindari Blender

Usai dimasak, MPASI biasanya perlu dihaluskan untuk mempermudah si kecil menelan. Namun, jangan pernah menggunakan blender ya Moms! Putaran pisau blender akan menghasilkan panas dan menguraikan vitamin. Baiknya, gunakan saringan dan tekan-tekan menggunakan sendok. Cara ini tak akan merusak kandungan MPASI serta mempermudah si kecil naik tekstur nantinya.

4. Perhatikan Kualitas Bahan

menu mpasi

@orami.co.id

Menyajikan MPASI berkualitas harus dimulai dari bahan-bahan berkualitas pula. Pastikan Moms memilih bahan baku yang masih segar dan berkualitas tinggi. Memberikan si kecil MPASI yang terbuat dari bahan kurang berkualitas, misalnya saja mengandung pestisida atau kurang terjaga kesegarannya berarti memberikan MPASI dengan nilai gizi tak penuh dan justru berpotensi merusak kesehatannya.

Tak mau main-main dengan kesehatan buah hati? Beralih ke RegoPantes yuk Moms! Regopantes membatu menyediakan bahan pangan berkualitas tanpa harus repot pergi ke pasar ataupun swalayan. Bahan pangan yang dikirim merupakan produk segar langsung dari tangan petani loh! Jadi, tak usah ragu lagi dengan kandungan gizinya.

Menariknya, Regopantes juga menyediakan paket mix MPASI yang membuat Moms jauh lebih hemat dalam membeli bahan makanan untuk si kecil. Produk organik juga tersedia loh! Jadi, tunggu apa lagi? Install aplikasinya sekarang dan nikmati kemudahan berbelanja dengan gratis ongkos kirim serta beragam diskon menarik.

You Might Also Like