Motherhood

Tanpa Menyiksa Bayi, Begini Cara Aman Diet Setelah Melahirkan

diet setelah melahirkan

@orami.co.id

Banyak wanita ingin menurunkan berat badan paska bersalin. Namun, niat diet setelah melahirkan ini seringkali urung dilaksanakan karena proses menyusui. Ibu menyusui biasanya takut diet dapat menurunkan nilai gizi ASI sehingga berimbas pada kesehatan anak. Padahal, ibu menyusui tetap bisa melakukan diet sehat agar berat badan kembali langsing paska bersalin.

Perempuan yang menyusui membutuhkan setidaknya 650 kalori harian. Mengingat jumlah kalori tinggi yang diperlukan, sedikit sulit menurunkan berat badan ketika masih menyusui. Namun, jangan patah semangat. Dengan pola makan tepat ibu menyusui tetap bisa mendapatkan berat badan ideal.

Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

diet sehat, diet menyusui

@medicom.id

Makanan sehat menjadi cara paling ampuh jika menginginkan berat badan kembali ideal setelah bersalin. Adapun beberapa jenis makanan yang bisa dicoba sebagai menu diet menyusui adalah sebagai berikut

1. Hindari Kalori Kosong

Saat menyusui perut memang mudah sekali lapar bukan? Namun, jangan pernah mengkonsumsi makanan berkalori kosong jika ingin menurunkan berat badan dengan segera. Kelompok makanan kalori kosong yang dimaksud adalah camilan dengan kandungan gula tinggi, makanan yang digoreng serta daging berlemak.

Baca Juga : Jangan Siksa Bayi Karena ASI Mampet, Segera Konsumsi Makanan Pelancar ASI Berikut Usai Bersalin

2. Minuman Tanpa Gula dan Kafein

Saat menyusui wanita memang membutuhkan asupan cairan lebih banyak. Namun, bukan berarti sembarang minuman bebas dikonsumsi. Hindari minuman dengan kadar gula tinggi, kafein serta minuman karBonasi. Air putih lebih diutamakan jika berat badan ingin turun dengan segera.

3. Tiga Porsi Susu Rendah Lemak

Meminum 3 porsi susu rendah lemak dalam sehari bukan hanya mampu membuat perut lebih kenyang, melainkan pula memenuhi kecukupan gizi selama menyusui. Jika tak menemukan susu rendah lemak, Anda juga bisa menggantinya dengan 3 gelas susu khusus ibu menyusui.

4. Biji-bijian

Beragam biji-bijian seperti gandum dan kacang hijau mengandung folat yang sangat baik untuk bayi. Tak hanya itu, segala jenis biji-bijian juga mengandung serat yang baik untuk memperlancar pencernaan serta membuat perut kenyang lebih lama.

5. Makan 3 Kali Sehari

Diet dengan mengurangi porsi serta frekuensi makan sangat tak dibenarkan selama masa menyusui. Ketika menyusui tubuh membutuhkan energi lebih banyak sehingga mengurangi porsi makan dapat berimbas pada berkurangnya produksi ASI.

Ibu menyusui baiknya makan dalam porsi normal seperti biasanya. Hanya saja kurangi makanan manis dan berlemak agar berat badan turun secara perlahan, yakni 1 kg setiap minggu atau maksimal 4 kilo dalam satu bulan.

6. Sayuran dan Buah Berwarna Warni

Apa yang dimakan ibu, itulah nutrisi untuk bayi. Oleh karenanya, penting pula bagi ibu untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Vitamin dan aneka nutrisi penting dari sayur dan buah dapat memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Selain itu, serat di dalamnya mampu memperlancar proses diet saat menyusui.

Namun, ada satu hal yang harus Anda ingat soal buah dan sayur, yakni kualitas. Jangan pernah macam-macam dengan kualitas, karena gizi untuk si kecil hanya dapat diberikan oleh buah serta sayur berkualitas.

Kini Anda tak perlu khawatir, RegoPantes bersedia membantu Anda menemukan buah dan sayur berkualitas. Belanjaan Anda juga bisa langsung diantar ke rumah dengan layanan gratis ongkir jika berbelanja minimal 4 kg.

You Might Also Like