Motherhood

Bunda Harus Tahu, 5 Macam Finger Food Ini Cocok Buat Bayi yang Belum Memiliki Gigi

@ eggs.ca

Saat masih bayi, anak membutuhkan ASI untuk asupan sehari-hari mereka. Namun semakin bayi bertumbuh besar, tentu ia membutuhkan makanan lain selain ASI. Terutama saat usia bayi telah menginjak 6 bulan, ia membutuhkan MPASI yang berupa makanan padat. Dalam tahap yang satu ini, ada baiknya untuk membantu anak mengarahkan makanan ke dalam mulutnya.

Menginjak usia bayi 9 bulan, maka ketrampilan motorik dari anak seperti halnya menggenggam dan mengambil telah ia kuasai. Alhasil, bunda bisa memulai untuk mengasah kemampuan motorik halus sekaligus kemandirian si buah hati saat makan. Pada usia ini, Bunda sudah bisa memberinya finger food.

Ragam Jenis Finger Food Bagi Bayi

Berikut ini adalah beberapa jenis finger food yang bisa bunda coba berikan untuk sang buah hati.

1. Telur Orak -arik

@ nakita.grid.id

Jenis makanan yang pertama adalah telur orak arik. Orak arik merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digemari tidak hanya orang dewasa namun juga anak kecil. Pembuatan orak arik adalah dengan bahan utama telur serta beberapa jenis sayuran. Telur sendiri adalah salah satu sumber protein yang bagus untuk bayi dan tentunya bisa dijadikan sebagai food finger yang tepat.

Orak arik untuk bayi bisa dilakukan dengan cara menggoreng telur menggunakan minyak sedikit saja. Selanjutnya potong kecil-kecil. Bunda juga bisa mengaduknya saat dimasak lalu sajikan di atas piring tanpa diberi garam. Meski demikian, pastikan dulu jika buah hati anda memang tidak alergi terhadap telur.

Baca juga : 8 Menu MPASI 9 Bulan Ini Akan Digemari Bayi, Yuk Berkreasi Bunda!

2. Pasta

@ youtube.com

Selanjutnya adalah pasta. Finger food yang satu ini cocok bagi buah hati yang usianya sudah besar namun juga mereka yang belum punya gigi. Pasta memiliki tekstur kenyal dan pastinya banyak disukai. Beberapa jenis pasta yang direkomendasikan antara lain adalah pasta fusili dan juga pasta makaroni.

Untuk si kecil, bunda bisa menyajikan pasta yang tidak diberi tambahan bumbu apapun dan telah direbus. Bunda juga bisa menambahkan sedikit minyak zaitun serta saus tomat rendah garam jika anak telah diperkenalkan dengan banyak rasa.

3. Tahu

@ hellosehat.com

Selain telur, tahu juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk finger food lainnya. Tahu sendiri menjadi salah satu jenis finger food yang bertekstur lembut dan pastinya mudah untuk dikonsumsi oleh si buah hati. Meski demikian, pastikan jika tahu yang disajikan jangan yang mudah hancur saat digenggam anak. Tahu yang demikian hanya akan membuat anak kesulitan untuk makan.

4. Sayuran

@ otcdigest.id

Bunda juga bisa menggunakan sayuran sebagai finger food yang tepat buah anak. Sayuran sendiri memiliki banyak nutrisi yang pastinya berkhasiat bagi kesehatan. Untuk buah hati, ada beberapa jenis sayuran yang cocok dipilih seperti ubi, brokoli, kentang dan juga wortel.

Untuk menyajikan sayuran sebaiknya dipotong-potong dulu dengan ukuran yang kecil dan pastinya mudah bagi bayi untuk menggenggamnya. Jangan lupa juga untuk merebusnya agar lunak dan pastinya mudah untuk dimakan.

5. Buah dengan tekstur yang halus

@ nakita.grid.id

Selanjutnya adalah jenis buah-buahan yang memiliki tekstur yang halus. Buah dengan tekstur demikian cocok dimakan oleh bayi karena lunak. Beberapa jenis buah-buahan yang cocok dijadikan sebagai finger food adalah semangka, mangga, pepaya dan juga alpukat. Bunda juga bisa menggunakan buah pisang yang kaya nutrisi dan pastinya mampu menambah energi.

Untuk mendapatkan buah dan sayuran bagi buah hati, bunda bisa langsung menuju ke situs RegoPantes. RegoPantes adalah satu situs belanja online yang memudahkan bunda dalam mendapatkan produk pangan tanpa harus pergi ke pasar sendiri. Apalagi semua buah, sayur, hingga beras yang ada di RegoPantes dalam kondisi fresh dan dikemas langsung dari petani hingga ke tangan Anda.

You Might Also Like