Motherhood

Terlanjur Hamil Saat Menyusui, Apa yang Harus Dilakukan?

hamil saat menyusui, hamil ketika menyusui

via orami.co.id

Mengatur jarak kehamilan dengan ber-KB sangat disarankan.  Pasalnya, jarak kehamilan yang terlalu dekat dapat membahayakan ibu. Selain itu, jarak kehamilan yang dekat juga mempengaruhi anak nantinya, misalnya saja saling cemburu sosial hingga pemenuhan kebutuhan ASI yang tak bisa berlangsung sampai 2 tahun. Namun, bagaimana jika sudah terlanjur hamil saat menyusui?

Hamil saat masih menyusui dering disebut dengan istilah ‘kesundulan’. Istilah ini dikhususkan jika kehamilan terjadi ketika anak sebelumnya belum genap berusia 2 tahun. Jika sudah seperti ini, banyak ibu yang merasa bingung dengan kehamilannya. Bolehkan melanjutkan kehamilan? Jika hamil dilanjutkan, bagaimana dengan anak sebelumnya yang masih menyusu? Nah, agar tak bingung lagi, simak poin-poin penting tentang hamil ketika menyusui berikut, yuk!

Bolehkah Ibu Hamil Menyusui?

Dilansir dari Popmama, seorang dokter kandungan bernama Dr.dr. Ali Sungkar, SpOG menyatakan jika saat hamil seorang wanita boleh saja melanjutkan menyusui. Sementara itu, dr. Adi, SPOG mengatakan jika menyusui saat hamil dapat memicu flek dan berujung pada keguguran. Hal ini dikarenakan hormon yang dihasilkan selama proses menyusui memicu kontraksi. Namun, perlu diketahui jika resiko ini sangat kecil terjadi sehingga Anda yang sedang hamil tetap bisa melanjutkan menyusui dengan catatan memperhatikan kondisi kesehatan.

Baca Juga : Bahaya MPASI Dini : Awas, Masih Banyak yang Memberi Bayi Pisang Sebelum Waktunya!

Nutrisi 3 Kali Lipat

hamil dan menyusui

@klikdokter.com

Jika sudah terlanjur hamil tapi masih menyusui, Anda harus benar-benar memperhatikan asupan makanan. Hal ini bukan berarti Anda menambah porsi makan, namun lebih memperhatikan lagi kandungan gizi di dalamnya, misalnya saja asupan kalsium, protein dan zat besi yang harus ditingkatkan.

Salah satu cara untuk meningkatkan asupan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui adalah dengan memperhatikan kualitas pangan. Kualitas bahan pangan sangat menentukan kandungan gizi di dalamnya. Jika bahan pangan yang dikonsumsi kurang segar, maka kemungkinan besar kandungan vitaminnya telah hilang. Pun demikian dengan bahan pangan yang mengandung pestisida, tentunya bahan pangan seperti ini menimbulkan resiko buruk bagi ibu dan janin.

Bagi Anda yang mencari sumber pangan tepat selama kehamilan, RegoPantes menjadi solusi tepat. RegoPantes adalah gudangnya makanan sehat berkualitas. Anda bisa menemukan segala kebutuhan pangan seperti beras, buah, sayur, hingga bumbu dapur melalui RegoPantes. Tak hanya dijanjikan kualitas, Anda juga diberi beberapa keuntungan seperti, belanja tanpa ongkos kirim dan voucher diskon.

You Might Also Like