Motherhood

Amankah Puasa Saat Menyusui? Cek Faktanya

puasa saat menyusui, ibu menyusui berpuasa

@orami.co.id

Ibu menyusui memang diperbolehkan tidak puasa. Namun, masih banyak wanita menyusui yang nekat berpuasa karena rindu Ramadhan. Terlebih lagi puasa ramadhan adalah puasa wajib yang harus diganti jika tak melaksanakannya. Lantas, amankah puasa saat menyusui.

Banyak ibu khawatir puasa dapat menurunkan produksi ASI. Sebenarnya tak demikian jika sudah dilakukan pencegahan dehidrasi serta sahur dengan porsi penuh gizi. Puasa saat masih menyusui justru akan memberi dampak yang sangat signifikan pada ibu, yakni penurunan berat badan yang bisa saja terjadi secara drastis.

Pada bayi, hal ini juga bisa memberikan pengaruh berupa penurunan berat badan. Namun, bukan berarti menurunkan kesehatannya.

Saat ibu menyusui berpuasa, kandungan lemak dalam ASI menurun. Namun, tidak dengan jumlah ASI yang dihasilkan. Pun demikian dengan kandungan gizi lainnya dalam ASI yang bisa menurun jika ibu tak menjaga asupan makan saat sahur dan berbuka. Oleh karenanya, berpuasa ketika menyusui masih tergolong aman jika Anda melakukan hal-hal berikut ini.

1. Cegah Dehidrasi

Saat menyusui, kekurangan cairan tubuh dapat berimbas pada menurunnya pasokan ASI. Ibu menyusui disarankan memperbanyak konsumsi air saat berbuka, sahur dan menjelang tidur tanpa mengabaikan asupan nutrisi penting lainnya. Tak hanya itu saja, ibu menyusui juga dianjurkan membatalkan puasa ketika merasakan gejala dehidrasi seperti mulut kering, sakit tenggorokan, mual, pusing dan lemas.

Baca Juga : Jangan Asal Pilih! 5 Buah Ajaib ini Bantu Jaga Kesehatan Pencernaan Selama Puasa

2. Atur Ulang Jadwal

Meski puasa dan menyusui, bukan berarti seorang ibu bisa meninggalkan pekerjaan hariannya. Oleh karenanya, atur ulang waktu kerja Anda. Kerjakan pekerjaan berat di malam hari. Saat siang hari, gunakan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan ringan yang tak membutuhkan banyak tenaga.

3. Asupan Nutrisi Saat Sahur dan Berbuka

puasa dan menuyusui

@pakdok.com

Tips puasa untuk ibu hamil dan menyusui yang harus sangat diperhatikan ketika berpuasa selagi menyusui adalah asupan nutrisi saat sahur dan berbuka. Jangan pernah meninggalkan asupan kalori, serat, buah serta protein saat sahur dan berbuka. Karena nutrisi yang dikonsumsi ibu merupakan cadangan yang digunakan untuk memproduksi ASI. Selain itu, menambah konsumsi vitamin D saat sahur juga terkenal baik sebagai persiapan tubuh memproduksi ASI lebih optimal.

Selain 3 hal yang disebutkan di atas, kualitas makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka juga tak kalah pentingnya. Pastikan bahan makanan yang Anda konsumsi merupakan bahan pangan kualitas tinggi layaknya yang tersedia di RegoPantes.com. RegoPantes menjanjikan Anda bahan pangan berkualitas dengan harga pantas. Tak hanya itu, membeli di RegoPantes berarti juga membantu mengangkat nasib perekonomian para petani daerah. Dimana lagi bisa membeli sambil membantu serta berkesempatan mendapat beragam promo menarik selain di RegoPantes?

 

0 Shares

You Might Also Like