Motherhood Untuk Bunda

Makan Coklat Saat Menyusui Ternyata Tak Selalu Aman, Cek Faktanya!

makan coklat saat menyusui

@hellosehat.com

Coklat, siapa yang bisa menolak kelezatannya? Dipadukan rasa manis dan gurih, coklat menjadi kudapan favorit hampir setiap orang. Namun, banyak yang tak paham jika makan coklat saat menyusui memiliki resiko tersendiri.

Coklat dibuat dari  cairan cokelat, cocoa butter, dan gula tambahan. Bahan pembuatan coklat ini mengandung vitamin, mineral, kolesterol, karbohidrat, dan protein. Sekilas kandungannya memang aman bagi ibu menyusui. Namun, banyak yang lupa dengan kandungan kafein dan theobromine dalam coklat yang mengganggu bayi.

Dampak Makan Coklat Saat Menyusui

Mengkonsumsi coklat saat sedang menyusui berarti mentransfer kafein melalui ASI. Hal ini berpotensi membuat bayi rewel dan sulit tidur. Selain itu, theobromine pada coklat juga merupakan stimulan yang hampir sama dengan kafein, yakni menyebabkan bayi rewel, gelisah, dan sulit tidur.

Bahaya makan coklat ketika menyusui lainnya adalah alergi yang mungkin terjadi pada bayi. Jika bayi memiliki alergi terhadap susu sapi, maka Anda juga harus waspada dalam mengkonsumsi coklat karena dapat pula memunculkan alergi serupa.

Baca Juga : Cuaca Panas Ekstrem? Ikuti 3 Tips Berikut Agar Tetap Sehat

Nah, satu hal lagi yang perlu Anda catat. Anda mungkin berpikiran untuk mengganti dark chocolate  dengan white chocolate yang bebas kafein. Namun, sebenarnya bahaya yang dikandung dalam white chocolate tak sepenuhnya nihil karena kandungan gulanya yang lebih tinggi. Jadi, baik dark chocolate maupun white chocolate, konsumsinya harus dibatasi.

Ganti Coklat dengan Camilan Sehat Saat Menyusui

camilan sehat

@muslimobsession.com

Saat menyusui, baiknya Anda mengganti coklat dengan camilan yang lebih sehat. Misalnya saja ganti camilan Anda dengan olahan buah dan sayur segar. Hanya saja, ibu menyusui kadang tak sempat meninggalkan bayinya ke pasar untuk sekedar belanja buah dan sayur segar.

Nah, jika Anda termasuk orang yang tak sempat belanja ke pasar, kini Anda tak perlu lagi khawatir karena sudah ada Regopantes. Regopantes membantu Anda terhubung langsung dengan petani daerah melalui layar gadget. Anda juga tak perlu lagi membawa barang belanjaan berat sambil panas-panasan karena barang belanjaan Anda akan diantar langsung ke rumah tanpa tambahan ongkos kirim. Bukan hanya itu, Anda juga berkesempatan mendapat beragam promo menarik seperti diskon, voucher, dan produk gratis.

Tertarik mencoba? Install aplikasinya di sini dan nikmati kemudahan belanja sekarang juga!

You Might Also Like