Motherhood

Tidak Semua Aman Bunda! Kelompok Makanan Menarik Ini Justru Bahaya Dikonsumsi Anak

@ himedik.com

Beberapa orang tua cenderung khawatir jika anak-anaknya kelaparan saat berada di luar rumah. Entah di sekolah atau saat bermain dengan teman, tidak jarang orang tua akan memberikan uang hingga bekal pada anaknya. Apa Bunda juga demikian? Hal ini tentu sebuah kewajaran ya. Tapi Bunda harus tahu, bahwa tidak semua makanan bisa diberikan pada anak, apalagi makanan instan. Pasalnya ada beberapa kandungan di dalamnya yang kurang sehat, terlebih jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Lalu apa saja sih jenis makanan berbahaya untuk anak ini, Bunda? Sebaiknya bunda sejenak menyimak pemaparan berikut ini ya.

1. Makanan Instan

@ shopee.co.id

Makanan instan memang sangat menggiurkan apalagi dibuat dengan ragam rasa dan jenisnya. Belum juga rasanya yang bervariasi hingga membuat anak ketagihan untuk mengonsumsinya lagi dan lagi. Namun, orang tua harus tahu jika jenis makanan instan umumnya diberi tambahan berupa pewarna, sodium hingga pengawet di dalamnya.

Bahkan untuk makanan instan yang manis, biasanya terdapat kandungan cokelat hingga gula yang melebihi batas konsumsi harian. Adapun beberapa jenis makanan instan yang sebaiknya dipertimbangkan dulu untuk diberikan kepada anak antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pizza dan hotdog keju
  • Camilan dari keju olahan seperti halnya cheese straws, cheese cube serta cracker keju
  • Granola bars atau cereal bars
  • Macaroni dan juga keju instan
  • Kentang goreng beku yang siap goreng
  • Camilan ringan yang dijual dalam kemasan seperti halnya sereal berwarna-warni, keripik kentang dan lain sebagainya

Baca juga : 3 Inspirasi Resep Olahan Wortel, Anak Pasti Lahap!

2. Daging Siap Saji

@ sisidunia.com

Selanjutnya ada juga kelompok daging siap saji yang sebaiknya dipikir ulang untuk diberikan kepada anak. Daging dan juga ikan memang bagus untuk tumbuh kembang anak, namun daging juga ikan yang siap saji nyatanya tidaklah demikian. Produk yang satu ini biasanya telah dibubuhi dengan pengawet dan juga sodium supaya awet untuk disimpan selama berbulan-bulan.

Bukan hanya tinggi akan sodium, olahan ikan di kalengan juga sebaiknya diwaspadai karena berpotensi mengandung merkuri. Konsumsi jenis ikan tersebut dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sistem saraf permanen pada si buah hati.

Berikut ini adalah kelompok dari daging olahan yang sebaiknya disiapkan dalam keadaan segar dan bukannya dibeli dalam kemasan.

  • Daging sapi dan juga burger olahan
  • Chicken nugget, makanan beku ala pabrikan dan juga sosis
  • Ikan kalengan

3. Kue dan Es Krim

@ dailyhive.com

Ada juga kelompok makanan berupa kue dan juga es krim yang sebaiknya dipikir ulang sebelum diberikan kepada si buah hati. Kue dan juga es krim merupakan 2 jenis makanan yang banyak digemari lantaran rasanya yang enak, gurih hingga manis. Sayangnya, jenis makanan ini tidak selalu sehat lho Bunda!

Kue yang dijual dalam kemasan seringkali mengandung lemak, karbohidrat serta gula yang tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan. Seperti juga es krim yang memiliki kandungan lemak hingga gula yang cukup tinggi di dalamnya. akan lebih baik jika orang tua menyiapkan beragam makanan camilan yang lebih sehat seperti halnya kue yang dibuat sendiri.

Dengan demikian, Anda bisa mengontrol bahan apa saja yang akan dimasukkan ke dalam kue atau es krim yang hendak dibuat.

Untuk mendapatkan bahan pangan yang sehat untuk membuatkan camilan bagi anak, Anda bisa berbelanja di RegoPantes. Situs ini menyediakan banyak bahan pangan yang tentunya bisa didapatkan dengan mudah melalui nomor pemesanan yang tersedia. Tidak perlu keluar rumah, dengan berbelanja di RegoPantes sehingga akan lebih menghemat waktu Anda. Selain itu, keuangan pun akan lebih ekonomis karena Anda tak usah lagi keluar modal uang transport, mengingat di RegoPantes akan diberikan free ongkir untuk minimal pembelian 4 kg. Sangat terjangkau kan, Bun!

0 Shares

You Might Also Like